Cara Membuat Custom Kontak dengan Plugin Jetpack

Cara Membuat Custom Kontak dengan Plugin Jetpack

Tutorial Information

ProgramBlog Wordpress
Version3.5+
DifficultyPemula
Estimated Time20 Menit

JetPack merupakan plugin super lengkap yang merupakan kompilasi dari berbagai plugin yang dirangkum menjadi satu. Dengan menginstal plugin Jetpack saja, Anda tidak perlu menginstal…

JetPack merupakan plugin super lengkap yang merupakan kompilasi dari berbagai plugin yang dirangkum menjadi satu. Dengan menginstal plugin Jetpack saja, Anda tidak perlu menginstal lebih dari 8 plugin, dan secara otomatis akan menghemat space disk hosting dan mengurangi resiko melambannya loading halaman. Nah, salah satu plugin yang dirangkum di plugin Jetpack adalah plugin Kontak yang mempunyai fungsi membuat halaman kontak di blog WordPress. Salah satu kelebihan plugin ini adalah kemudahan yang ditawarkan dalam membuat custom kontak.

Langkah pertama, buka dashboard blog anda, arahkan mouse ke tab plugin dan klik Add New.

jetpack01

Pada halaman direktori plugin, ketikkan teks jetpack pada kontak pencarian lalu tekan enter [Jetpack 02] atau klik menu link Popular dan temukan plugin bernama Jetpack by WordPress.com lalu klik Install Now dan klik OK untuk konfirmasi.

 

jetpack03

jetpack04

Tunggu proses instalasi selesai kemudia klik Activate Plugins untuk mengaktifkan plugin yang baru saja Anda Instal.jetpack05

Setelah itu harus melakukan integrasi plugin Jetpack ke akun WordPress.com Anda, klik <strong>Connect to WordPress.com.</strong>

jetpack06

Login ke akun WordPress.com Anda dan tunggu proses integrasi selesai diproses oleh siste,

jetpack07

Setelah selesai Anda akan kembali ke halaman plugin Jetpack. Langkah selanjutnya, buat sebuah halaman baru untuk kontak Anda, isi dengan subyek yang sesuai dengan kebutuhan kemudian klik ikon kecil tepat di sebelah teks Add Media.

jetpack08

Maka akan muncul jendela pop up di mana Anda dapat melakukan pengaturan lanjutan dan membuat field baru sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi sebelumnya atur dahulu alamat email yang nantinya menjadi tujuan jika ada seseorang yang menghubungi Anda melalui halaman ini, klik menu tab Email Notification masih pada jendela pop up tadi. Isi sesuai dengan email dan subyek email yang Anda inginkan lalu klik tombol Save and go back to form builder

jetpack09

Pada halaman form builder Anda dapat menambahkan field baru, caranya klik Add a New Field.
jetpack10
Kemudian akan muncul sederetan teks pada panel sebelah kanan di mana Anda dapat memilih jenis field yang Anda inginkan, dalam test and run kali ini saya ingin membuat dropdown menu.
jetpack11
Maka saya isi Label dengan sebuah pertanyaan dan mengisi option dengan beberapa jawaban yang nantinya dapat dipilih oleh pengunjung.
jetpack12
Setelah selesai klik tombol Add this form to my post.
jetpack13
Terakhir publish halaman tersebut dan inilah hasil akhir dari test and run dengan memilih dropdown menu sebagai field baru pada halaman kontak.
jetpack14

Penutup

Anda dapat melakukan eksperimen untuk memperoleh hasil yang maksimal, jika Anda ingin melakukan modifikasi pada form yang telah dipublish maka sebaiknya setelah mengklik tombol Publish, jangan berpindah halaman, langsung saja klik tombol form builder agar pengaturan sebelumnya tidak hilang. Perlu juga saya ingatkan bahwa plugin kontak pada Jetpack tidak dapat digabungkan dengan plugin kontak lainnya.

Tag: , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. thank gan, ane langsung aplikasikan jetpack ini, tapi masih bingung untuk posting via email. mohon dibahas

  2. Pebrianto says:

    gan, minta petunjuk to kostumisasi jetpack mobile theme donk…ane kurang puas dengan tampilan standarnya

  3. ipulhe.com says:

    gan kalo nyeting menunya kalo udah versi mobile gimana yaa cara merubah menjadi kategori?? mohon bantuannya terimakasih

  4. agus says:

    thanks gan,, saya juga pakek plugin jarpack,,,, nanti saya coba deh,, keren infonya

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.