Cara Mengganti Default Save Folder untuk Penyimpanan Dokumen Ms.Office

Cara Mengganti Default Save Folder untuk Penyimpanan Dokumen Ms.Office

Bagi pengguna Microsoft Windows yang pekerjaan sehari-harinya menggunakan Ms. Office tentu mengetahui jika saat kita akan menyimpan file, lokasi default untuk menyimpannya adalah My…

Bagi pengguna Microsoft Windows yang pekerjaan sehari-harinya menggunakan Ms. Office tentu mengetahui jika saat kita akan menyimpan file, lokasi default untuk menyimpannya adalah My Document. Sebenarnya tidak ada permasalahan apapun, hanya saja kadang kita sudah menyediakan folder tersendiri untuk file Office sehingga harus membuang waktu untuk menavigasikan lokasi penyimpanan ke folder tersebut. Jadi idenya di sini adalah memindahkan default save folder yang awalnya di My Document menjadi library lain atau folder yang sudah kita tetapkan.

Cara 1: Save Dialog

Cara yang pertama adalah saat pertama melakukan penyimpanan dokumen, akan muncul kotak dialog penyimpanan seperti biasa dan dapat dilihat lokasi default untuk penyimpanan masih ada di library Documents.

Default Save Folder

Default Save Folder

Untuk melakukan perubahan, pertama pilihlah bagian Includes untuk melihat daftar folder-nya.

Change Location

Change Location

Selanjutnya akan muncul window Documents Libary Locations. Pada gambar terlihat ada dua lokasi yaitu untuk Document user dan public.

Add Another Folder

Add Another Folder

Tambahkan lokasi folder baru yang Anda inginkan melalui tombol Add. Nanti folder yang kita pilih akan muncul di Window sebagai lokasi tambahan.

Add New Location

Add New Location

Sebagai contoh di sini saya menambahkan lokasi dengan folder Bisa-Komputer dengan harapan bahwa setiap dokumen yang saya buat akan tersimpan di folder tersebut. Setelah muncul klik kanan pada lokasi yang baru lalu pilih Set as default save location.

Set Default Save Location New

Set Default Save Location New

Klik OK untuk mengakhiri pengaturan. Suatu saat jika ingin mengembalikan ke default save location semula, kita tinggal menghapus lokasi tersebut menggunakan tombol remove.

Cara 2: Library Properties

Cara yang kedua adalah melalui Library properties di Windows Explorer. Buka Windows Explorer dan bukalah bagian Libraries. Klik kanan pada salah satu library misalkan Documents, lalu pilih properties.

Library Properties

Library Properties

Pada window properties, terdapat default save location awal. Untuk menambahkan lokasi baru, pilih tombol include a folder lalu browse folder pilihan Anda.

Include Folder

Include Folder

Setelah muncul lokasi pilihan kita pada window properties, klik lokasi itu lalu klik tombol Set save location.

Set Default Save Location New

Set Default Save Location New

Klik OK atau Apply untuk mengakhiri konfigurasi. Apabila suatu saat kita ingin mengembalikan ke bentuk konfigurasi semula, gunakan tombol Restore Defaults untuk mengembalikan ke bentuk default awal.

Penutup

Cara-cara di atas memang ditujukan untuk efisiensi pengelolaan data khususnya pada Windows 7. Dengan menentukan default save location, kita tidak perlu lagi bolak balik memindah dokumen dari folder satu ke folder lain karena dokumen langsung tersimpan di tempat yang kita inginkan. Ingin tahu lebih banyak tentang pengelolaan data di Windows? Silahkan kunjungi artikel tentang 6 tips manajemen data di Windows 7. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. pras says:

    Makasih infonya
    Membantu banget

  2. Halla says:

    Terima kasih yaa Om……..

  3. sendi agustian says:

    gan kalo di Windows 10 nya bagaimana saya ada masalah di penyimpanan download nya malah jadi penyimpanan desktop

  4. sendi agustian says:

    mohon di jawab gan

  5. kok jadi ribet gini pengen save as aja, sebelumnya bisa save as dimana aja waktu pc ane belom diinstal ulang, pas sudah diinstal ulang malah jadi ribet gini, kesalahan pada sistem operasi apa yaa

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.