Cara Mengubah Warna Rambut (Gelap ke Terang)

Cara Mengubah Warna Rambut (Gelap ke Terang)

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyStandar
Estimated Time20 Menit
DownloadClick this link

Permasalahan dengan rambut berwarna gelap ketika berhadapan dengan cat pewarna rambut adalah seringnya hasil pewarnaan tidak sama dengan model warna seperti yang tampak di…

Permasalahan dengan rambut berwarna gelap ketika berhadapan dengan cat pewarna rambut adalah seringnya hasil pewarnaan tidak sama dengan model warna seperti yang tampak di kemasan. Biasanya, untuk warna-warna yang ekstrem terangnya (shocking pink, blonde, oranye, hijau neon) dilakukan bleaching atau menghilangkan warna gelap dan menjadikan rambut berwarna putih baru kemudian diberi warna terang yang diinginkan. Pewarnaan rambut secara digital melalui Photoshop pun akan mengalami proses yang kurang lebih sama, warna gelap akan ‘dimatikan’ terlebih dahulu. Berikut tahapan-tahapannya:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Zoom in foto hingga area rambut tampak lebih fokus dan detail. Buat layer baru (Layer 1) di atas layer Background dengan mengklik tombol kecil di samping icon tong sampah (area yang ditandai pada gambar di bawah) di Layer tab.

Layer Copy

Lalu klik Brush Tool dan pilih kuas berukuran sedang (pilih kuas berukuran kecil untuk mewarnai area yang susah dijangkau; seperti tepian-tepian wajah, leher, sekitar telinga dan ujung rambut). Kini mulai warnai area rambut dengan warna putih sebagai Foreground Color. Mengingat kita akan mengubah warna rambut gelap menjadi terang, maka tahapan ini adalah tahap mematikan warna gelap pada rambut atau bleaching.

Brush Tool

Bleaching

Setelah selesai mewarnai, ubah Blending Mode Layer 1 menjadi Soft Light. Klik kanan Layer 1 di Layer tab lalu klik Duplicate Layer, maka akan muncul layer duplikat bernama Layer 1 copy. Klik Paint Bucket Tool, pilih warna kuning pucat sebagai Foreground Color (menggantikan warna putih sebelumnya) dan tuangkan warna kuning pucat tersebut ke atas warna putih pada Layer 1 copy (layer duplikat). Silahkan duplikat layer berwarna kuning ini untuk mendapatkan warna blonde yang lebih pucat.

Paint Bucket

Apabila terdapat warna kuning (atau putih) yang mengenai bagian wajah atau kulit, hapus menggunakan Eraser Tool. Pastikan melakukan penghapusan pada kedua layer (Layer 1 dan Layer 1 copy).

Eraser

Untuk mendapatkan efek blonde yang lebih terang (atau lebih gelap), lakukan penyesuaian warna dengan menggunakan Hue/Saturation. Klik Layer 1 copy sehingga layer tersebut di-highlight abu-abu gelap, lalu klik Adjustment Layer (lihat gambar) dan pilih Hue/Saturation. Langsung klik OK saja dan layer akan menempatkan diri di atas Layer 1 copy. Klik kanan layer tersebut dan pilih Create Clipping Mask, sehingga efek yang ditimbulkan nantinya hanya berlaku pada Layer 1 copy. Double-click bagian Hue/Saturation yang diberi tanda pada gambar untuk memunculkan dialog box dan penyesuaian dapat dilakukan.

Double klik

Hasilnya bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.

Hasil

Hasil 2

Penutup

Warna blonde tidak semata berupa warna kuning pucat. Bila jeli, terdapat berbagai macam gradasi warna ini di internet maupun model-model dan selebriti di majalah. Mulai dari yang tua (honey blonde seperti pada Jessica Alba), keemasan (seperti pada Emma Stone) hingga yang paling pucat (seperti pada Nicole Kidman). Pastikan untuk mengaplikasikan warna senatural mungkin meski melalui proses digital. Selamat mencoba! :)

Tag: , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.