Cara Mudah Install Metro UI Ala Windows 8 di Windows 7

Cara Mudah Install Metro UI Ala Windows 8 di Windows 7

Bagi beberapa orang untuk bisa mencicipi Windows 8 adalah sesuatu yang sulit, karena tidak tersedianya media untuk uji coba, koneksi internet yang kurang memadai,…

Bagi beberapa orang untuk bisa mencicipi Windows 8 adalah sesuatu yang sulit, karena tidak tersedianya media untuk uji coba, koneksi internet yang kurang memadai, atau tuntutan pekerjaan yang membuat sulitnya berpindah sistem operasi. Windows 8 memiliki Metro UI yang menjadi ciri khasnya dan termasuk salah satu faktor para pengguna Windows ingin mencobanya. Tapi tidak perlu khawatir, Windows 7 juga dapat menyediakan tampilan Metro UI ala Windows 8 dengan memanfaatkan aplikasi rainmeter dan tema tambahan. Cukup mudah kok, jadi segera siapkan komputer Anda!

Mengunduh Aplikasi yang Dibutuhkan

Sebelumnya dibutuhkan dua hal untuk bisa menjalankan Metro UI di Windows 7. Pertama adalah Rainmeter yang bisa kita unduh di tautan ini. Rainmeter merupakan perangkat desktop costumization management yang dapat kita gunakan untuk menambahkan skin tambahan Windows dengan mudah. Selanjutnya adalah skin Omnimo untuk MetroUI yang bisa kita unduh di tautan ini. Kedua file ini berukuran relatif kecil sehingga tidak terlalu berat untuk melakukan unduhan.

Instalasi Rainmeter dan Omnimo

Setelah semua aplikasi pendukung tersedia, kita mulai dengan instalasi Rainmeter terlebih dahulu. Instalasinya cukup mudah, double klik pada file rainmeter hasil unduhan dan ikuti langkah instalasinya.

Rainmeter Install

Rainmeter Setup

Saat proses instalasi Rainmeter, rainmeter akan mengunduh aplikasi yang dibutuhkannya sehingga instalasi harus dilakukan dalam kondisi terhubung dengan internet.

Downloading Additional App

Downloading Additional App

Setelah rainmeter selesai dipasang dan taskbar Windows menampilkan rainmeter telah aktif dengan menunjukkan icon rainmeter, saatnya menambahkan Skin omnimo hasil unduhan tadi. Ekstrak file omnimo hasil unduhan lalu double klik pada file Setup rainmeter skin, lalu lakukan instalasi.

Setup Omnio

Setup Omnio

Selanjutnya omnimo telah terintegrasi dengan rainmeter dan tugas kita selanjutnya adalah melakukan pengaturan dan pemasangan skin.

Pemasangan Tema Metro UI

Buka aplikasi rainmeter dan navigasikan ke tab Themes. Pada panel saved themes di sana setidaknya ada beberapa theme yang bisa kita gunakan. Pilih theme omnimo lalu klik load untuk memprosesnya.

Manage Rainmeter

Manage Rainmeter

Selanjutnya akan muncul Omnimo setup yang akan mengawali proses pengaturan theme skin. Klik tanda panah yang ada pada omnimo setup setelah anda menentukan parameter penggunaan jam, cuaca, dan desktop icons.

Omnimo Setup Rainmeter

Omnimo Setup Rainmeter

Setelah itu akan muncul opsi jenis skin Metro UI yang akan digunakan. Ada tiga opsi theme, yang pertama merupakan metro berbasis Windows phone, yang kedua metro desktop, dan yang terakhir blank. Pilih opsi yang kedua lalu muncul opsi selanjutnya yaitu resolusi layar yang kita gunakan. Pilih ukuran resolusi layar sesuai dengan kebutuhan.

Resolution Theme

Pilih Resolusi Layar Sesuai Kebutuhan

Sampai sini kita sudah berhasil untuk memasang Metro UI ala Windows 8 di Windows 7 walau tidak seluruhnya sama dengan Metro UI yang sebenarnya, hanya saja sudah cukup mewakili apa dan bagaimana penggunaan Metro UI itu sendiri.

Metro Desktop

Tampilan Metro Desktop

Penggunaan dan Kostumisasi Metro UI

Masih ada beberapa cara lagi agar Metro UI bisa kita tampilkan secara maksimal. Panel di sebelah kanan bisa kita sembunyikan dan munculkan dengan melakukan klik pada bar yang ada di sebelah kanan panel. Lalu opsi konfigurasi Metro UI lainnya bisa kita temukan pada icon + yang ada pada desktop, misalkan untuk pengaturan tema.

Theme Color Metro

Pengaturan Tema

Kita juga bisa menambahkan panel-panel Metro UI pada desktop dengan cara klik kanan pada area Metro UI hingga muncul pop up menu dari theme tersebut. Pilih WP7 > Panels, lalu pilih berdasar kategori yang tersedia.

Add Panels

Menambahkan Panel Metro UI

Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, maka kita bisa menyembunyikan icon shortcut Windows dengan cara klik kanan desktop View > hilangkan tanda centang pada Show desktop icons. Lalu aktifkan juga fitur autohide taskbar Windows melalui taskbar properties, dan yang terakhir pilihlah wallpaper yang menarik dan tidak terlalu “ramai” agar tidak mengganggu pemandangan pada panel-panel yang ada.

Kesimpulan

Omnimo skin ini merupakan salah satu dari sekian banyak skin atau aplikasi yang memberikan kesempatan pada kita untuk mencicipi desktop Metro UI Windows 8. Untuk mendapat hasil terbaik silahkan Anda lakukan eksplorasi fungsi-fungsi yang ada pada Metro UI desktop. Jika ingin kembali ke desktop Windows 7 semula, buka kembali rainmeter dan pada tab themes pilih theme awal dan klik load. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

15 Comments

Leave Comment
  1. hakim nur says:

    mantep tp ddulu q perbah ibstal gagal karena ada administrasi..

    oh..pak ini kalau di pasang apa g bikin boros baterai laptop..

  2. Aristokrat says:

    Manntaff, Gan. Download dulu yahhh…
    TengKyu.

  3. Aditya Rizki says:

    Wow mantap tutorialnya, saya udah cukup lama pakai Rainmeter, tetapi berkat artikel ini langsung saya coba fitur menarik ini. Sepertinya Rainmeter mulai bangkit lagi karena sifatnya yang customizable :D

  4. surya says:

    kalo dengan windows transformer pack 8 bagusan mana ?

  5. Yacob Mahaputra says:

    Thanks mas, dicoba dulu…

  6. prapty says:

    saatnya bilang WOW….
    udah tak coba, kren jg…

  7. yudha baskara says:

    ini baru programmer.. thank’s gan..

  8. Saya benci admin karena telah membuat saya jatuh cinta kepada blognya, BTW thanks and vist to my blog!

  9. thanks agan dapet ilmu baru ane

  10. Rizky says:

    Cara uninstalnya gimana?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.