Cara Mudah Membuat Chirpstory Dari Kultwit

Cara Mudah Membuat Chirpstory Dari Kultwit

Jika Anda menyukai sebuah kultwit (kuliah Twitter – kumpulan twit yang membahas satu topik tertentu) dan ingin merangkumya agar bisa dibaca lain waktu, maka…

Jika Anda menyukai sebuah kultwit (kuliah Twitter – kumpulan twit yang membahas satu topik tertentu) dan ingin merangkumya agar bisa dibaca lain waktu, maka gabungkanlah twit tersebut dengan Chirpstory. Langkah-langkahnya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu pergi ke http://chirpstory.com dan lakukan sign in via Twitter. Di Chirpstory  Anda tidak butuh sign up, karena semua orang bisa menggunakannya asal memiliki akun Twitter.

Create New

Create New

Setelah sign in, Anda bisa langsung menuju menu di sebelah kanan atas dan pilih create new. Nantinya akan muncul dua kolom. Kolom sebelah kiri berisi timeline Anda saat itu juga dan kolom kanan untuk hasil rangkuman twit yang Anda inginkan. Lalu bagaimana cara merangkumnya? Jika kultwit tersebut sudah disiarkan dua hari yang lalu dan terlanjur tertumpuk twit lain, maka di sebelah kiri bawah Anda bisa mengetikkan nama pengguna yang melakukan twit. Jika pengguna tersebut melakukan kultwit dengan tagar (hashtag), maka search saja tagar tersebut.

Misalnya disini kita akan menchirpstorykan kultwit akun @bentangpustaka mengenai criteria naskah yang harus dikirimkan penulis. Kultwit tersebut sudah tayang beberapa hari yang lalu, jadi untuk menemukannya perlu search username di kiri bawah.

Search Username

Search Username

Setelah itu scroll down hingga menemukan kultwit yang dimaksud, kemudian Anda hanya perlu drag twit yang diinginkan dari kolom kiri ke sebelah kanan dan atur letak posisinya agar enak dibaca.

Drag Tweet

Drag Tweet dan Atur Letak Tweet

Jika sudah, klik publish dan hasil Chirpstory Anda akan di tweet oleh akun twitter @chirpstory yang selanjutnya bisa dibaca oleh banyak orang. Anda sendiri bisa mempublikasikan rangkuman twit tersebut melalui akun Twitter Anda. Nantinya Chirpstory akan mencatat jumlah pengunjung yang membaca rangkuman Anda tersebut. Semakin banyak orang yang membaca, maka rank Chirpstory Anda akan semakin tinggi, bahkan Anda bisa masuk ke top page.

Chirpstory sendiri memberikan banyak keuntungan, mengingat keterbatasan karakter Twitter yang hanya sampai 140, apalagi kita tidak bisa mem-follow semua pengguna Twitter untuk tahu informasi apa saja yang berputar di jejaring sosial ini. Jadi dengan men-chirpstory-kan topik menarik, berarti Anda juga menyebarluaskan informasi tersebut ke banyak orang yang belum tentu mem-follow pengguna yang melakukan kultwit. Dan tentunya Anda juga bisa menemukan banyak kultwit menarik tanpa perlu follow si pengguna lewat chirpstory ini.

Tag: , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. Terima kasih ya Winona, sudah berbagi ilmu yang sengat bermanfaat seperti ini, di tunggu ya update-update lainnya….
    Salam Sukses untuk Winona

  2. Karimunjawa says:

    owalah gitu ya… saya sempet bingung tadi kok ga bisa bikin chipstorynya :/
    makasih banget sob

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.