Cara Mudah Membuat Instalasi OS via Flashdisk dengan Universal USB Installer

Cara Mudah Membuat Instalasi OS via Flashdisk dengan Universal USB Installer

Universal USB installer merupakan sebuah software kecil yang sangat bermanfaat untuk membantu kita dalam melakukan proses instalasi sistem operasi di komputer. Semisal disaat kita…

Universal USB installer merupakan sebuah software kecil yang sangat bermanfaat untuk membantu kita dalam melakukan proses instalasi sistem operasi di komputer. Semisal disaat kita membeli laptop baru dan di laptop tersebut masih belum terisi sistem operasi. Universal USB Installer menawarkan solusi sederhana untuk masalah tersebut, program ini menggantikan peran CD / DVD room yang digunakan sebagai media instalasi di laptop atau komputer kita dengan flashdisk. Flashdisk merupakan media yang jauh lebih cepat daripada media optik seperti CD atau DVD room, kecepatan read dan write -nya dapat mencapai 50 MB/s. Jika dipandang dari segi keuangan, Hal ini juga dapat menghemat pengeluaran kita dibanding menginstalasi komputer menggunakan media CD ataupun DVD.

Program ini juga bisa digunakan untuk menginstalasi berbagai macam sistem operasi tidak hanya Windows, namun juga sistem operasi dengan basis linux misalkan saja debian, Fedora dan lainnya. Tidak hanya sebagai installer, Anda akan menemukan pula fitur try other ISO source. Fitur ini bisa digunakan sewaktu kita tidak menemukan indeks atau daftar sistem operasi yang akan kita pilih. Untuk penggunaan fitur ini cukup mudah yakni dengan memilih try other ISO source pada pilihan sistem operasi yang akan kita pilih. Contohnya bila kita akan menginstalasi Ubuntu 13.04 jika kita menggunakan versi software yang masih 1.8.9.5 tentu tidak akan masuk di daftar sistem operasi di program ini maka dengan fitur ini kita dapat memanfaatkannya.

Program ini memiliki ukuran memori yang kecil hanya sekitar 1 MB namun manfaatnya sangat membantu kita dalam melakukan proses instalasi sistem operasi di komputer atau laptop. Bagi yang tak suka ribet menggunakan media optic seperti CD / DVD room. Tentu Anda perlu mencobanya, Selain proses penggunaannya yang mudah proses instalasi menjadi lebih cepat karena proses read dan write flashdisk lebih cepat dibanding menggunakan media optic. Ada kelemahan yang menonjol di program ini yaitu sistem operasi yang dipilih sangat bergantung pada daftar sistem operasi yang ada di program ini. Maka dari itu kita harus terus mengupdate program ini ke versi terbaru. Selain itu program ini juga lebih mengkhususkan diri dalam memberikan layanan untuk distro-distro yang berbasis linux. Program ini dapat diperoleh di situs resmi software ini di PendriveLinux.

Penggunaan

  • Bukalah software Universal USB installer. Software ini bersifat portable jadi Anda tidak perlu melakukan instalasi software di komputer. Lalu pilih Sistem operasi apa yang akan digunakan untuk proses instalasi di Komputer misal Windows, Ubuntu, Mint dan sebagainya.
    BisaKomputer - UnversalUSBInstaller - preview - 1
  • Kemudian pilih file master sistem operasi yang akan dijadikan installer, file master ini harus berformat .ISO, disini Penulis menggunakan sistem operasi Ubuntu 11.04 dan klik openBisaKomputer - UnversalUSBInstaller - preview
  • Langkah yang ketiga adalah memilih alamat flashdisk yang akan dijadikan installer. Flashdisk harus menggunakan format Fat32. Untuk itu kita bisa mencentang Format as Fat32 Filesystem Selain itu kita bisa mengatur ukuran di dalam flashdisk kita untuk tempat penyimpanan file.BisaKomputer - UnversalUSBInstaller - preview - 3
  • Yang terakhir klik create dan pilih yes, proses penyalinan file master ke flashdisk dimulai, harap sabar dan tunggu hingga proses selesai.

Mungkin saja Anda tak perlu lagi meminta orang lain atau jauh jauh ke tempat service untuk sekedar melakukan install ulang setelah membca Artikel ini. Bahkan bisa jadi Anda membuka usaha untuk instalasi sistem operasi saja untuk orang di sekitar Anda. Mungkin Anda sudah bisa bahkan mahir dalam install ulang menggunakan aplikasi lain? Silahkan berbagi pada kami lewat kolom komentar dan biarkan pembaca lainnya tahu. Selamat mencoba!

Tag: , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Stephany says:

    Existen cientos y cientos de modelos y diseños de este tipo de tatuaje donde
    en algunos lados vemos que llevan acompañados alguna frase corta bien que engloba parte del hombre y espalda resaltando
    como un toque muy particular de la mujer que lleve este tatuaje que tiene diferentes significados dependiendo la persona que se lo hace como bien el
    dibujo que elija en el momento de efectuarlo.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.