Cara Mudah Membuat Theme Pack Sendiri Untuk Windows 7

Cara Mudah Membuat Theme Pack Sendiri Untuk Windows 7

Bosan dengan tema-tema standar yang ada pada Windows 7? Ingin costumize tema dengan background pilihan Anda sendiri atau dengan window color yang pas dengan…

Bosan dengan tema-tema standar yang ada pada Windows 7? Ingin costumize tema dengan background pilihan Anda sendiri atau dengan window color yang pas dengan keinginan? Caranya mudah kok. Pastikan Anda memakai Windows 7 seri Home Premiun, Professional, atau Ultimate. Karena untuk seri Starter dan Home Basic tidak menyediakan fitur personalisasi tema.

Nanti Anda juga bisa mendistribusikan tema hasil kreasi kepada teman-teman Anda. Format baru tema Windows 7 berbentuk .themepack ini yang membuat distribusi mudah, instalasinya juga mudah. Baiklah, mulai untuk membuat tema sederhana di Windows 7. Klik kanan desktop >  personalize atau Control Panel > Personalization.

Tampilan Personalization

Pilih salah satu tema yang ada di sana, lalu Anda klik Desktop Background untuk kostumisasi background tema. Browse wallpaper pilihan Anda, lalu beri tanda centang untuk wallpaper yang akan aktif nanti. Atur posisi gambar apakah posisi fill, center, stretch atau fit, lalu tentukan waktu pergantian background secara otomatis. Kalau sudah, klik Save Changes.

Tampilan Select Background

Beralih ke Window Color, di sana Anda bisa menentukan warna dari window yang ada di tema Anda. Atur transparasi sesuai keinginan. Usahakan warna sesuai dengan background tema tadi. Kalau sudah, klik Save changes.

Tampilan Window Color

Setelah warna, sekarang menuju perihal sound. Pada sound window, pilih Sound scheme untuk tema Anda. Di sana sudah tersedia beberapa macam sound scheme. Klik Ok jika sudah menentukan pilihan.

Mengatur Sound Scheme

 Terakhir adalah mengatur screen saver. Pada pengaturan screen saver, pilih screen saver yang Anda inginkan, lalu tentukan jangka waktu untuk mengaktifkannya. Kalau sudah, klik OK.

Tampilan Screensaver Setting

Sampai sini, Anda telah memiliki tema yang masih berupa unsaved theme. Klik Save Theme untuk memberi nama tema sekaligus menyimpan tema hasil kreasi Anda. Nah, Tema buatan Anda sudah jadi, sekarang tinggal bagaimana cara untuk membuat file .themepack agar bisa dibagikan ke teman-teman Anda. Mudah saja, klik kanan pada tema yang tadi Anda buat lalu pilih Save Theme for Sharing.

Lalu bagaimana menginstall tema tadi ke komputer yang lain? Cukup double klik pada file .themepack tersebut akan secara otomatis akan terinstall.

Semoga bermanfaat….

Tag: ,

12 Comments

Leave Comment
  1. mafiroh amanah s says:

    Aku ℳǎƯ jadi penulis

  2. gimana ya download aplikasi yg buat backround pd windows 7 pakai foto sendiri???
    backround kayak teman ku punya,,
    pas mau d klik star=>My computer=>data D(backroundnya foto sendiri loh) truz kalau data D nya di buka di latar belakangnya itu foto dia juga,,,
    mohon dong balasannya,, aqu pgen bget kyak gitu laptop aku
    kalau tau hub_08990176771 yaaaa pleeeeeeease

  3. bengellz says:

    iya kalo di klik sart ada background gambar sendiri gimana yaah,.?

  4. Jefry says:

    keren juga bila bisa membuat theme sendiri untuk PC kita
    nnati akan saya coba dan mudah2an berhasil
    terima kasih atas bimbingannya

  5. Anon7 says:

    Ya elah aq kira bikin pack creator, ga taunya cuma gonta ganti theme stok aja…

  6. Kucing says:

    hmmm tk kira yg lain,, klu itu mah dh bs,, smp yg gnti suara, d convert jd wav, ganti icon desktop, cara membuat yg smp d start menu yg belum bs, bisane cm ngedit tema yg ada ssuai slera,, q pgn ngrti cara membuate kaya gmn…

  7. Bim-bim says:

    thx min, lebih simpel banget tipsnya,, daripada download hasilnya malah jadi lasic, mending bikin sendiri aja edit-edit, hahaha…

    mantaaaappp…!!

  8. Farhan Tamsa says:

    THx InfoNya

    0_0 kirain Bikin Theme
    kyk Merubah Start Menu,TaksBar,Dekstop,Rainmeter,Screen Log on,Boot Screen 0_0

    ane masih 12 tahun gan… aku pengen jadi editor windows… jadi mohon bantuannya

    Kasian…. Masih Kecil Vang…. :v Blom Lulus SD :v

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.