Cek Nilai Keamanan Sistem Windows Menggunakan OPSWAT Security Score

Cek Nilai Keamanan Sistem Windows Menggunakan OPSWAT Security Score

Pernahkah kita memikirkan keamanan sistem pada Windows yang kita gunakan? Rasanya satu hal ini menjadi sesuatu yang kurang terpikirkan bahkan kurang dipedulikan oleh sebagian…

Pernahkah kita memikirkan keamanan sistem pada Windows yang kita gunakan? Rasanya satu hal ini menjadi sesuatu yang kurang terpikirkan bahkan kurang dipedulikan oleh sebagian pengguna. Keamanan merupakan hal penting saat komputer digunakan secara aktif khususnya di dalam jaringan atau internet. Nah, pada edisi ini kita akan berbagi tentang bagaimana cara mengetahui tingkat keamanan Windows dan apa saja rekomendasi yang diperlukan dan salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah OPSWAT Security Score.

Apa itu OPSWAT Security Score?

OPSWAT Security Score merupakan aplikasi freeware yang portable untuk memeriksa status keamanan sistem Windows dan menyajikannya dalam bentuk grafik, nilai, dan rekomendasi yang dibutuhkan. Saat ini aplikasi OPSWAT Security Score masih dalam versi Beta namun sudah bisa digunakan dengan baik. OPSWAT Security Score dapat kita unduh melalui tautan berikut, http://www.opswat.com/products/security-score.

Memeriksa Security Score

Jalankan aplikasi OPSWAT Security Score untuk memulai pemeriksaan nilai keamanan pada sistem Windows. Pada percobaan kali saya menggunakan Windows 7 Professional 32-bit. Aplikasi ini memungkinkan juga dipakai di versi Windows lainnya.

Opswat Start

Opswat Start

Saat aplikasi berjalan, kita dapat melihat tombol Start yang cukup besar di tengah-tengah aplikasi. Klik tombol START untuk mulai melakukan pemeriksaan nilai keamanan sistem, tapi terlebih dahulu beri tanda centang pada bagian i agree to the terms and conditions. Setelah menunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaan selesai, aplikasi akan menampilkan nilai dan grafik tentang keamanan sistem kita.

Opswat Score

Opswat Score

Nilai yang ada di tengah aplikasi merupakan nilai total dari keamanan komputer kita. Semakin tinggi nilainya, semakin baik pula tingkat keamanan yang dimiliki.

Hasil keseluruhan nilai keamanan yang didapatkan dapat disimpan sebagai log agar suatu saat nanti dapat dijadikan perbandingan keamanan sistem. Pilih Export Log kemudian browse tempat penyimpanan log.

Export Log

Export Log

Melihat Detail Nilai

Selain dapat melihat total nilai keamanan, kita bisa memeriksa tiap bagian nilai yang digambarkan pada grafik. Untuk melihatnya, klik pada bagian grafik yang diinginkan lalu akan muncul window baru berisi tentang informasi terkait nilai keamanannya.

Opswat View Detail

Opswat View Detail

Tulisan yang berwarna hijau menunjukkan kondisi keamanan sudah baik, sedangkan jika merah menunjukkan keamanan belum berjalan dengan baik.

Opswat View Detail

Opswat View Detail

Kita dapat melihat informasi sekaligus rekomendasi agar keamanannya dapat ditingkatkan dengan mengarahkan mouse pada icon i hingga muncul tool tips.

Get Recomendation

Get Recomendation

OPSWAT Certified

Agar keamanan lebih terjamin, pastikan aplikasi pihak ketiga yang berhubungan dengan keamanan sistem mendapatkan sertifikasi yang baik oleh OPSWAT. Informasi OPSWAT Certified dapat Anda baca lebih lengkap pada bagian Certification. OPSWAT menggolongkan sertifikasinya menjadi Gold sebagai sertifikasi terbaik, selanjutnya Silver, dan terakhir Bronze.

Opswat Certified

Opswat Certified

Periksa apakah hasil pemeriksaan keamanan tadi aplikasi yang digunakan telah memenuhi standar sertifikasi dari OPSWAT. Pada percobaan ini antivirus saya mendapatkan sertifikasi Bronze.

Certified Antivirus

Certified Antivirus

Usahakan kita mendapatkan sertifikasi Gold untuk mendapatkan keamanan yang optimal.

Penutup

Ada sebuah ungkapan bahwa keamanan bukanlah suatu produk tetapi sebuah proses. Menjaga keamanan sistem memerlukan perhatian yang berkelanjutan oleh penggunanya. Untuk itu aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media peningkatan keamanan sistem khususnya Windows. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. Mustofa says:

    kalo tool semacam ini tapi buat linux, ada dak om?

  2. Rahman Surya Praja says:

    Terima kasih atas informasinya,,, :)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.