Cloudtop Layanan Cloud Computing dengan Antarmuka Layaknya OS Dekstop

Cloudtop Layanan Cloud Computing dengan Antarmuka Layaknya OS Dekstop

Mungkin Anda pernah mendengar nama Dropbox, Drive Google, Ubuntu One? Yang terlintas dibenak Anda mungkin akan langsung pada penyimpanan cloud. Tapi apakah Anda pernah…

Mungkin Anda pernah mendengar nama Dropbox, Drive Google, Ubuntu One? Yang terlintas dibenak Anda mungkin akan langsung pada penyimpanan cloud. Tapi apakah Anda pernah membayangkan terdapat Sistem operasi yang ada pada web browser? Jika belum Anda mungkin perlu mencoba Cloudtop. Aplikasi ini memberikan beberapa layanan seperti layaknya sistem operasi pada desktop Anda, baik berupa games, aplikasi pencatat ataupun widget pada sistem operasi.

Apasih Cloudtop?

Cloudtop merupakan sistem operasi berbasis web dimana Anda akan merasakan memiliki desktop dalam browser. Lewat web ini Anda diberikan ruang sebesar 3 gb untuk melakukan penyimpanan baik berupa foto, dokumen, musik ataupun file lainnya. Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu untuk memanfaatkan semua layanan tersebut, Hal ini diperlukan karena akan berkaitan erat dengan kepemilikan file pada kapasitas penyimpanan dalam sistem operasi tersebut. Fitur pendaftaran manual masih digunakan dalam sistem operasi berbasis web ini, mengingat aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan.

Fitur CloudTop

Beberapa fitur lain dari cloudtop selain media penyimpanan berbasis cloud juga dapat Anda dapat temui pada Start menu.

  • MarketPlace

    Merupakan tempat dimana Anda dapat menemukan Aplikasi untuk diinstall pada akun Cloudtop Anda. Beberapa kategori pada Marketplace ini Antara lain :

    • Games, sejumlah game klasik tersedia untuk diinstall dan Anda mainkan.
    • Internet, disuguhkan instant messenger dan google maps untuk diinstall secara gratis
    • Media, pada kategori ini disediakan aplikasi untuk menginstal aplikasi untuk media file
    • Productivity, berisi document processor seperti pengolah tabel, presentasi serta manajemen kontak
    • Tools, tersedia aplikasi untuk melakukan extract pada bagian ini
    • Utilities, aplikasi pada kategori ini membantu memaksimalkan cloudtop Anda
    • Widget, berisi widget yang membantu produktifitas Anda

    Meskipun tidak terlalu banyak aplikasi yang tersedia, tapi hal ini setidaknya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan minimal Anda.
    BisaKomputer - CloudTop - Market

  • Mail

    Ketika mendaftar pada layanan ini, maka secara otomatis Anda akan diberikan alamat email nama@cloudme.com. Yang mana ketika Anda dikirimkan email, secara otomatis akan ada notifikasi sesuai email yang Anda daftarkan saat pertama kali menggunakan layanan ini. Selain itu, Aplikasi manajemen email secara default sudah terinstall ketika Anda menggunakan Aplikasi ini. Anda pun tentunya juga tidak akan kesulitan untuk mengatur dan melihat email
    BisaKomputer - CloudTop - Mail

  • Images

    Merupakan aplikasi image management yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan editing foto, tentunya dengan melakukan instalasi Pixlr pada Marketplace terlebih dahulu. Beberapa kegiatan lain pun juga bisa Anda lakukan seperti membuat Album, melakukan slideshow, sharing foto ke jejaring sosial ataupun mendownloadnya pada komputer Anda. Anda pun juga dapat melakukan penyesuaian tampilan pada Aplikasi ini seperti fullscreen, grid ataupun list.
    BisaKomputer - CloudTop - image

  • Movie dan Music

    Aplikasi ini memudahkan Anda untuk terhubung ke penyedia video youtube dan metacafe. Namun, Anda juga bisa melihat video milik Anda pada ruang penyimpanan Cloudtop. Menu search pun juga bisa Anda gunakan jika Anda lupa tempat dimana sebuah file berada. Begitu juga dengan Aplikasi music pada Layanan ini.
    BisaKomputer - CloudTop - Movie

  • Browser

    Pada aplikasi ini pun juga disediakan browser yang membuat Anda bisa melakukan surfing di internet. Secara default, Google dan wikipedia menjadi search engine pada layanan ini. Selain itu aplikasi twitter juga disediakan, sayangnya ketika review ini ditulis aplikasi twitter belum bisa digunakan.
    BisaKomputer - CloudTop - Browser

Selain dari beberapa aplikasi yang ada pada start menu, Anda pun juga dapat menggunakan aplikasi system manager. Sama halnya dengan system manager pada sistem operasi berbasis desktop, hanya saja monitoring sistem yang ditampilkan lebih banyak. Dari segala kemudahan tersebut, beberapa hal menurut Penulis masih nampak kurang antara lain :

  • Menghabiskan memory yang cukup besar ketika layanan ini dibuka
  • Kuota untuk melakukan kegiatan pada cloudtop masih lumayan besar, sehingga jika Anda menggunakan paket internet seluler tentunya juga akan cukup memberatkan
  • Membutuhkan plugin dari browser, sehingga ketika Plugin belum terinstall Anda tidak akan bisa menggunakanya

Memang sudah ada penyimpanan cloud populer semacam dropbox ataupun drive, namun jika Anda membtuhkan fitur lebih mungkin sistem operasi bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Selain menggunakan, Anda pun bisa turut berkontribusi mengembangkan project ini.

Tag: , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Gan, ada contoh penggunaan Cloud programming pakai LDAP + Owncloud ?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.