Debugging WordPress

Debugging WordPress

Debugging merupakan proses dari pengembangan sebuah aplikasi komputer. Proses ini harus diketahui oleh setiap developer karena membantu untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang mereka buat saat…

Debugging merupakan proses dari pengembangan sebuah aplikasi komputer. Proses ini harus diketahui oleh setiap developer karena membantu untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang mereka buat saat pengembangan, seperti kesalahan syntax, deprecated function dan peringatan-peringatan lainnya saat pengembangan.

Ketika developer bekerja dengan wordpress, baik memodifikasi, membuat theme maupun plugin, sangat disarankan untuk menjalankan wordpress dengan mode debug. Ini berarti semua errors, notice, maupun deprecated function akan ditampilkan saat eksekusi wordpress.Nah, Pada artikel ini penulis akan membahas konfigurasi yang harus developer lakukan maupun trik yang dapat dilakukan dengan mode debug wordpress.

Aktivasi mode debug

Untuk mengaktifkan mode ini, cukup mengubah nilai variabel global WP_DEBUG. Secara default nilai variabel ini adalah false, Ubah nilai ini menjadi true sehingga aplikasi wordpress anda akan berjalan diatas mode debug. Variabel ini berada di file wp_config.php.

define('WP_DEBUG',false);
define('WP_DEBUG',true);

Nilai variabel ini adalah boolean, jadi tuliskan nilai false atau true tanpa perlu diapit tanda apostrophes (‘).

Mencatat debug message ke file log

Untuk mengarahkan debug output ke file, buat variabel global WP_DEBUG_LOG pada config.php dan beri nilai true (bool)

define('WP_DEBUG_LOG',true);

Pada wordpress terbaru(sampai tulisan ini dibuat versi wordpress terbaru 3.3), developer bisa merubah nilai variabel ini dengan lokasi file debug output, menggunakan seperti ini:

define('WP_DEBUG_LOG','/tmp/log/wp-log');

Mengaktifkan WP_DEBUG_LOG bermanfaat untuk melihat debug wordpress saat developer bekerja dengan AJAX ataupun dengan wordpress cron. Ketika aplikasi sudah dalam tahap production pun, disarankan juga untuk mengaktifkan variabel global ini karena pesan-pesan debug akan bisa developer analisis untuk kestabilan aplikasi yang dibuat.

file log debug

Mencatat debug message ke sebuah file

Debugging script dan style wordpress

Secara default semua file script dan style core wordpress yang terkirim ke browser akan mengalami kompresi dan concatenate. Untuk mencegah hal itu, developer bisa membuat SCRIPT_DEBUG dan memberikan nilai true

defined('SCRIPT_DEBUG',true);

Dengan mengaktifkan SCRIPT_DEBUG akan bermanfaat saat developer berkeinginan untuk mencari bug di halaman admin ataupun juga berkeinginan berkontribusi pada core wordpress.

Debugging plugin wordpress

Ada beberapa plugin yang dapat Anda manfaat untuk proses debug aplikasi wordpress, diantaranya adalah:

  1. Debug Bar
    Plugin ini seperti firebug-nya wordpress. Plugin ini akan menambahkan sebuah menu pada admin bar yang dapat menunjukkan pada developer query, cache, dan semua informasi debugginglainnya.

    Debug Bar

    Debug Bar

    Download: http://wordpress.org/extend/plugins/debug-bar/

  2. Debug Bar Console
    Plugin ini tidak akan jalan jika developer tidak menginstall debug bar terlebih dulu. Debug bar console menambahkan menu “Console” pada plugin debug bar untuk menguji kode-kode wordpress atau php yang anda inputkan kemudian mengeksekusinya sehingga tampil hasil pada layar console yang telah disediakan.

    Debug Bar Console

    Debug Bar Console

    Download: http://wordpress.org/extend/plugins/debug-bar-console/

  3.  Log Deprecated Notices
    Sesuai dengan namanya, plugin ini akan menunjukkan pada Anda file, fungsi, maupun parameter fungsi yang merupakan deprecated. Begitu developer menginstall, plugin ini akan bisa langsung mencatat semua hal yang deprecatedtanpa harus mengaktifkan wordpress dengan mode debug.

    Log Deprecated Notices

    Log Deprecated Notices

    Download: http://wordpress.org/extend/plugins/log-deprecated-notices/

Tips debugging wordpress

Berikut adalah tips konfigurasi config.php untuk keperluan debugging sistem wordpress:

  1. Menyembunyikan debug message agar tidak mengganggu output page, tapi mencatatnya di file debug.log sehingga dapat direview oleh developer.
    // Menjalankan wordpress dengan debug mode
    define('WP_DEBUG', true);
    // Mencatat debug message ke file log debug.log
    define('WP_DEBUG_LOG', true);
    // Sembunyikan semua debug message dari output page wordpress
    define('WP_DEBUG_DISPLAY', false);
    @ini_set('display_errors',0);
  2. Hack config.php agar menerima inputan mode debug dari URL request.
    if ($_GET['debug'] == 1) {
    define("WP_DEBUG", 1);
    }else{
    define("WP_DEBUG", 0);
    }

Sehingga untuk menjalankan wordpress dengan mode debug bisa dilakukan menambahkan URL dengan parameter “?debug=1

Tag: , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.