Desain Icon Kantong dengan Inkscape

Desain Icon Kantong dengan Inkscape

Tutorial Information

ProgramInkscape
Version0.48
DifficultyPemula - Standar
Estimated Time60 Menit

Icon kini menjadi tren tersendiri dalam dunia digital, banyak bermunculan icon-icon menarik pada gadget, web dan lain sebagainya. Mungkin dalam benak Anda tersimpan sebuah…

Icon kini menjadi tren tersendiri dalam dunia digital, banyak bermunculan icon-icon menarik pada gadget, web dan lain sebagainya. Mungkin dalam benak Anda tersimpan sebuah pertanyaan besar, “apakah saya bisa membuat desain icon sendiri?”. Jawabnya mengapa tidak?. Dengan bermodalkan kreaifitas Anda dapat membuat icon sendiri dengan bantuan perangkat lunak (software) seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator. Lalu, bagaimana jika Anda tidak punya modal untuk membeli software berbayar tersebut? Jangan khawatir, beberapa waktu yang lalu saya menemukan tutorial yang berjudul “How to Create a Detailed Vector Case Icon” di situs http://vector.tutsplus.com/tutorials/icon-design/create-vector-case-icon/ . di situ di jelaskan bagaimana membuat icon  dengan mengguanakn adobe Illustrator. Dari sana saya mendapatkan tantangan untuk membuat bentuk yang serupa namun tak sama melalu software gratis inkscape. Penasaran dengan hasilnya? Mari kita ikuti langkahnya di bawah ini

Langkah pertama, buka program Inkscape yang sudah terpasang pada komputer Anda sehingga Anda akan melihat sebuah dokumen kosong pada lembar kerja seperti gambar berikut. Kita tidak akan mempermasalahkan ukuran dokumen, itu karena kita membuatnya pada program berbasis vector. 

membuat dokumen

Nah, kemudian dengan menekan F4 buat sebuah bentuk persegi panjang . geser  titik round untuk merubah sudut lancip pada kotak menjadi tumpul, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.

membuat kotak

hasil setelah merubah round

Dengan menekan Ctrl+F1 beri warna gradasi sesuai selera, dalam tutorial ini saya menggunakan kombinasi warna hitam dan coklat tua. Untuk tipe radasi pilih radial atau gradasi melingkar.

gradasi objek

Duplikat objek dengan cara klik Ctrl + D kemudian kecilkan dan letakkan ke tengah.ubah warna menjadi coklat tua tanpa gradasi. Caranya, klik objek yang akan kita rubah warnanya kemudian ketika objek sudah terseleksi kita tinggal memilih pada palate warna yang tersedia pada bagian bawah.

gambar tengah

Nah langkah berikutnya adalah tingkatkan round dengan langkah seperti sebelumnya saat membuat kotak.

menambah round

Duplikasi objek ( Ctrl+D) kemudian besarkan sedikit. Hilangkan warna dengan klik pilihan warna “none”.

menghilangkan warna

Sekarang tekan Shift+Ctrl+F untuk menampilkan fill and stroke box. Pada tab stroke style atur seperti pada gambar.

mengatur stroke

Duplicate objek dengan cara klik Ctrl+D kemudian ubah warna stroke menjadi putih. Kemudian kembai lagi pada tab stroke style dan ubah pattern offset menjadi 1 dan opacity menjadi 70%. Lebih jelasnya lihat gambar.

mengatur stroke 2

Untuk sementara pisahkan objek tengah yang berwarna coklat. Kita akan permak dahulu di luar area agar mempermudah langkah-langkah selanjutnya.

pisahkan objek

Duplikasi objek  tengah yang sudah di pisah, ubah warna menjadi (RGBA : e9c6afff) kemudian hilangkan stroke dan ubah blur value menjadi  5.

efek kilap

Duplikat kembali objek yang berwarna coklat gelap sebanyak 3 kali. Geser sedikit arah hasil duplikasi yang paling atas. Seleksi objek yang sudah di geser dengan satu objek di bawahnya. Klik Object > Difference selanjutnya atur blur menjadi 2.4 , Nah kemudian beri warna hitam. Geser ke tempat lain dulu untuk sementara. Objek ini yang nantinya akan menjadi bayangan dalam objek tengah.

bayangan objek tengah

bayangan objek tengah 2

Berikutnya geser objek berwarna coklat tua yang kita duplikat tadi. Sehingga kita bisa jelas melihat objek –objek yang siap di rangkai.untuk objek nomor dua beri warna gradient  hitam dan coklat.

pisahkan objek 2

Atur ke tiga objek yang sudah di jelaskan oleh gambar menjadi satu rangkaian yang pas seperti pada gambar berikut.

rangkaian

Letakkan objek yang baru kita buat dari langkah sebelumnya menuju ke tengah. Jika langkah Anda benar maka Anda akan memperoleh hasil seperti berikut.

objek1

Sekarang kita akan membuat tutup dari kantong ini. Dengan menggabungkan objek kotak F4 dengan round sekitar 4px digabungkan dengan bentuk elips (F5) bentuk dan letakkan objek seperti pada gambar.

sketsa tutup

Klik path > Union untuk menggabungkan dua objek tersebut menjadi 1.

union

Setelah itu dengan menggunakan  edith path by node (F2) rapikan objek hingga tampak seperti gambar.

merapikan

Dengan menekan ctrl+F1 beri warna gradient seperti pada gambar.

warna gradient

Dulikat objek dan beri warna hitam dan beri efek blur dengan merubah blur value pada tab fill and stroke (Ctrl+Shift+F) menjadi  1. Geser ke bawah sedikit kemudian tekan page down (PgDn) pada keyboard untuk meletakkan objek hitam ke lapisan belakang.

membuat bayangan

Sekarang kita akan membuat jahitan untuk tutupnya, duplikat objek yang berada di atas (Ctrl+D) kemudian kecilkan ukurannya dan ubah warna menjadi transparent / no paint.

duplikat tutup

Ubah menjadi transparent

Jangan lupa untuk memberinya stroke.

memeberi stroke

Tarik bagian atas dan atur hingga seperti gambar.

atur tutup

Langkah selanjutnya adalah menuju ke dialog box fill and stroke (Shift+Ctrl+F) pada tab stroke style atur seperti gambar.

mengatur stroke style

Setelah mengatur  garis tepi sekarang klik path > object to path kemudian sedit titik point (F2) pisahkan beberapa titik point seperti gambar berikut.

pisahkan titik point

Jika kita geser titik yang kita pisahkan maka akan tampak seperti gambar berikut.

objek yang di pisah

Dengan tetap mengguanakan edit path by node (F2) pilih semua titik yang berada di atas dan tekan delete pada keyboard untuk menghapusnya.

hapus node

Sekarang atur kedua titik yang berada di ujung seperti pada gambar.

atur titik

Duplikat objek dan  atur srtoke menjadi warna putih kemudian ubah pengaturan stroke style seperti pada gambar.

mengatur stroke 3

Tutup kita hamper jadi, sekarang kita tambahkan kancing kantong dengan menggunakan lingkaran dan beri warna hitam.

membuat lingkaran

Duplikat lingkaran (Ctrl+D) dan perkecil ukurannya, dan beri warna yang lebih terang.

duplikat lingkaran

Di sini saya menambahkan lagi objek setengah lingkaran yang saya beri warna lebih terang lagi dengan opacity yang rendah.

setengah lingakran

Untuk memberi efek yang lebih bagus saya menambahkan lingkaran lagi dengan warna gradient gelap di bawah.

lingkaran gradient

Tempatkan lingkaran dengan gradient gelap seperti gambar, kemudian saya menambhakan efek mengkilap dengan menggunakan bezier tool (Shift+F6) dan saya beri warna putih tanpa menggunakan stroke.

hasil kancingGabungkan kancing dengan tutup.

tutup final

Gabungkan juga tutup dengan badan kantong tempatkan persis seperti gambar.

kantong

Tambahkan merek dengan text tool (F8) sebagai pelengkap di sini saya menuliskan nama saya sendiri sebagai merek.

merek

Nah icon kantong kita sudah jadi, tambahkan beberapa penghias seperti bayangan dan background dan inilah hasil akhirnya.

hasil akhir

Penutup

Jika di lihat dan di bandingkan dengan tutorial di http://vector.tutsplus.com/tutorials/icon-design/create-vector-case-icon/ .hasilnya hampir mirip bukan?. Namun perlu kita garis bawahi, bahwa dalam tutorial yang berada di website yang saya sebutkan tadi cara pembuatannya mengguanakan software Adobe illustrator yang jelas mahal dan sangat professional. Namun kita berhasil membuat desain icon yang tidak kalah mengagumkan dengan  menggunakan software lain bahkan yang gratis sekalipun seperti inkscape.

Tag: , , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.