Disk Fragmentation Salah Satu Penyebab Komputer Anda Lambat

Disk Fragmentation Salah Satu Penyebab Komputer Anda Lambat

Anda memiliki komputer saat ini? Sudah berapa lamakah komputer tersebut Anda miliki? Sama halnya dengan makhluk hidup, perangkat komputer milik Anda pun tentunya juga…

Anda memiliki komputer saat ini? Sudah berapa lamakah komputer tersebut Anda miliki? Sama halnya dengan makhluk hidup, perangkat komputer milik Anda pun tentunya juga memiliki batas normal pemakaian. Baik software di dalamnya yang bisa expired, ataupun hardware nya juga bisa rusak. Dari sekian hardware pada komputer Anda adalah harddisk.

Lewat perangkat ini Anda biasa melakukan penyimpanan file baik berupa dokumen, foto, gambar, maupun video. Harddisk terkadang akan mengalami gagal dalam penyimpanan file ataupun pembacaan file. Misalkan saja, Anda mungkin pernah menyimpan sebuah file sangat lama pada harddisk usang, file nya mungkin Ada namun tidak bisa di copy ataupun dibuka. Bisa jadi juga harddisk milik Anda mengalami fragmentasi, tentu saja salah satu alternatif solusi adalah dengan menggunakan cloud storage

Inner part of a hard disk drive Seagate Medalist ST33232A

Pada Artikel kali ini penulis mencoba berbagi pengetahuan tentang disk fragmentation, utamanya jika Anda pengguna sistem operasi Windows. Kalaupun Anda pengguna sistem operasi lain, Linux misalnya? Artikel ini juga akan membantu Anda, Untuk menemukan solusi fragmentasi nya harddisk Anda.

Disk Fragmentation

Secara umum, pada sebuah harddisk setiap file yang disimpan didalamnya akan ditulis pada block block yang saling berdekatan. Semakin banyak harddisk tersebut Anda gunakan untuk menyimpan harddisk maka otomatis block pun akan terisi dan tentunya tampilan kapasitas akan terisi penuh sehingga Anda tidak lagi bisa menggunakannya ketika semua block telah terisi. Tidak hanya tentang block yang penuh, namun juga tentang aktifitas pada harddisk itu sendiri baik berupa penambahan, pengubahan ataupun penghapusan file juga akan memiliki efek pada harddisk itu sendiri. Hal ini lah yang memunculkan fragmentasi pada harddisk.
fragmentasi merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari. Yaitu dimana setiap block file tercecer pada ruang penyimpanan, sehingga ketika Anda melakukan akses pada sebuah file komputer akan membutuhkan tambahan waktu untuk melakukan pencarian bagian terpisah tersebut

spaceDefrag

Anda dapat menganalogikannya saja dengan kasus berikut. ABCD merupakan file yang sama dan menempati blok berbeda.

  • Seperti Anda lihat pada baris pertama ketika file tersebut masih belum terdapat pengubahan.
  • Kemudian dibaris kedua, File B dihapus sehingga otomatis block akan mengalami kekosongan diantara block tempat file A dan block file B.
  • File E ditambhkan pada baris ketiga, namun perbedaannya adalah file E memiliki ukuran yang lebih kecil. Sehingga otomatis akan tersisa sedikit ruang dari tempat file bertipe B sebelumnya. Oleh komputer jarak ini masih dianggap jarak antara file E dengan file C.
  • Dan pada baris ke 4, Anda menambahkan file F. Karena file ini lebih besar kapasitasnya maka penampungan pun terbagi pada space kosong diantara file E dan file C, serta file selanjutnya diletakkan pada bagian setelah file D.

Penggambaran singkat seperti ini pun mungkin masih bisa Anda bayangkan, namun bukankah perangkat harddisk milik Anda juga memiliki penyimpanan yang tidak sedikit? Bisa terbayang bukan jika penyimpanan ini terdiri dari ribuan hingga jutaan file yang tercecer. Melihat kenyataan tersebut, Jadi perlukah melakukan defrag harddisk komputer? Menurut penulis hal ini tergantung Anda pengguna sistem operasi apa. Karena secara dasar tiap sistem operasi memiliki cara berbeda dalam melakukan pembacaan harddisk.

Pembacaan System Windows

Mulai dari windows 2000 dan XP hingga seri terbaruya, Microsoft telah menerapakan teknologi system terbarunya yaitu system NTFS. System ini memiliki beberapa fitur Antara lain :

  • Kompresi data transparan
  • Setting quota per partisi
  • Serta Alternate data stream

Teknologi ini jelas lebih maju dibandingkan di saat versi windows 98, dimana media penyimpanan masih menggunakan FAT. NTFS mampu memaksimalkan kinerja harddisk, dengan pemanfaatan block kosong disekitar block yang terisi. Hal ini tentu berbeda dengan penggunaan FAT system, dengan pencarian block kosong terdekat dari file pertama pada ruang penyimpanan.
Namun, meskipun teknologi ini memiliki banyak fitur, media penyimpanan pada Windows juga harus dilakukan defrag secara berkala. Mengingat adanya fragmentasi masih bisa ditemukan. Anda pun akan menemukan nantinya, Microsoft telah melakukan auto defrag ketika Windows dalam keadaan kosong (system idle).

Pembacaan System Linux

Linux memiliki system yang dikhususkan untuk kernel linux, dengan format extended file system (ext). Seiring perkembangannya, Anda akan menemukan ext2, ext3, dan ext4. ketiganya terdapat perbedaan dalam penyusunan block, Anda bisa membaca lebih panjang tentang ketiganya pada Wikipedia.

Linux

Tidak seperti halnya file system NTFS, ext melakukan penyebaran file ke seluruh harddisk, ketika melakukan aktifitas penyimpanan data sehingga ketika Anda melakukan pengubahan data, akan tersedia tempat yang luas untuk pengembangan data tersebut. Sedangkan bila system mendeteksi adanya fragmentasi, maka secara perlahan file akan dipindahkan otomatis oleh system untuk melakukan normalisasi. Ketika menggunakan Linux, fragmentasi mungkin tetap akan Anda temukan ketika kapasitas harddisk Anda hampir penuh.
Meskipun sebenarnya tidak membutuhkan defrag, Anda tetap bisa melakukan defrag pada Linux. Hanya dengan melakukan backup seluruh file dan hapus partisi tersebut. Kemudian copy file backup ke partisi itu lagi, maka linux secara otomatis akan melakukan penataan dengan lebih baik.

Kini setelah membaca Artikel ini, Penulis berharap Anda dapat menemukan salah satu solusi untuk mengatasi lemotnya komputer milik Anda. Harddisk terkadang bukan lah masalah utama. Jika ternyata Anda sudah melakukan defrag dan masih lamban, Anda mungkin masih bisa melakukan pengecekan lainnya, Software ataupun RAM misalnya. Kalaupun Anda memiliki pengetahuan filesystem lain biarkan kami tahu.

 

Gambar :

darki113r di deviantart

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

23 Comments

Leave Comment
  1. rangga says:

    wah sangat bermanfaat mas

  2. RIVAN ADITIA says:

    makasih gan informasinya. sangat bermanfaat buat orang yang pemula seperti saya.

  3. Kompucer says:

    bener banget tu gan, setuju ane sama postingan agan ini

  4. Promo spesial bulan suci ramadhan discount 20-50% untuk semua produk,& pembelian di atas 2 unit gratis satu unit samsung galaxy V, buruan stok terbatas
    Tersedia : Blackberry,Samsung,Sony xperia,iPhone,LG,Oppo,Asus,Apple iPad,Camera Nikon/Canon,Laptop,dll
    jika minat silahkan hubungi Pin BB kami : 2A492856
    Promo hanya khusus Berlaku selama bulan suci ramadhan…!!!
    Ayoo Buruuaaannnn Orrdeerrr..!!!

  5. Di linux ada defragmenter juga kah ?

  6. Rivan Aditia says:

    Ohh jadi ini toh yang menjadi salah satu penyebabnya. Terimakasih mas informasinya, jadi sekarang udah jarang defragment harddisk.

  7. Heru Arsi says:

    sob kalau keseringan defrag apa bisa membuat hardisknya cepat rusak?? thx dtunggu replynya

  8. Mmd says:

    Sangat informatik tutorialnya,,

  9. Defrag VS Aplikasi Intaller .. Kalau menurut saya sendiri defrag bukan menjadi masalah lemotnya komputer/laptop kita . karena untuk apa windows memberiakan fitur defrag di os yang di realesenya. Penyebab komputer lemot sendiri bisa terjadi karena hardware pada komputer.laptop itu sendiri karena yang namnya elektronik penyakitnya datang tidak di undang coba ketika Anda mengalami lemot pada komputer/laptop Anda, maintenance hardware Anda coba bersihkan satu persatu dan cek kondisinya. terutama RAM, HDD dan PSUnya. kenapa saya menyarankan itu karena misal RAM ada rusak tanda utama tentu sudah jelas dan saya yakin Anda semua sudah tahu. kemudian Jika HDD ada bad atau lemah ini sangat sensitif dan sangat berefek pada kinerja komputer/laptop Anda karena system kita ada di HDD itu sendiri coba cek dengan Aplikasi hdd seperti crystaldiskmark dan semacamnya bisa juga menggunakan CMD tapi kurang real. kemudian ke PSU kenapa saya menyangkut ke PSU saya jelaskan secara singkat PSU adalah pengalir daya kita tahu processor vga card dan semacamnya membutuhkan daya yang besar untuk kinerjanya singkat saja. coba cek putaran kipas apakah masih kuat atau lemah. dan jika hardware masih fix bagus coba lari ke os dan installan aplikasi yang ada di windows Anda kadang kita lupa untuk meremove aplikasi yang tidak penting di windows kita dan berbeda dengan system os kita misal x86 atau x64 bit. . Terima kasih jika ad salah pengetikan dan kekurangan mohon di maklumi ini adalah berdasarkan pengalaman.

  10. Wah sangt bermanfaat ngan,,
    terimaksih ….artikel@ bagus dan sngan mdah sya phami

  11. Thanks infonya mas, saya baru inget ternyata kompi saya sudah lama tidak dilakukan disk fragmentation.

  12. sangat bermanfaat mas. terimakasih atas informasinya

  13. ALI SADIKIN says:

    wah jadi tambah-tambah pengetahuan gan bagi saya anak TKJ

  14. INDRA says:

    GAN ADA APLIKASI NYA ADA GAK GAN

    :) :*

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.