Distro Linux Buat Yang Super Paranoid

Distro Linux Buat Yang Super Paranoid

Masalah keamanan memang selalu menjadi masalah serius dan selalu hangat diperbincangkan sepanjang masa, tak terkecuali untuk sistem operasi GNU Linux. Serangan terhadap worm, virus,…

Masalah keamanan memang selalu menjadi masalah serius dan selalu hangat diperbincangkan sepanjang masa, tak terkecuali untuk sistem operasi GNU Linux. Serangan terhadap worm, virus, trojan dan sebagainya memang GNU Linux relatif lebih kebal dibanding dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft dan Mac. Namun hal ini bukan berarti Linux kebal terhadap kerentanan keamanan.

Berbagai distro GNU Linux muncul dipermukaan untuk menjawab ketakutan para pengguna komputer, khususnya pengguna sistem operasi GNU Linux. Kendati sebagian besar pengguna Linux percaya bahwa mereka kebal terhadap serangan. Terbuktu dengan banyaknya distro GNU Linux yang memperhatikan sisi keamanan ini dengan serius. Apa saja distro tersebut? simak dalam ulasan dibawah ini:

LPS

LPS merupakan singkatan dari  Lightweight Portable Security. Distribusi ini sangat spesial karena didesain minimalis dan menggunakan desktop environtmen yang ringan menyerupai Windows XP, dan hanya mencakup Firefox dan beberapa tool sederhana lainnya. LPS  juga menggunakan “Wizard Enkripsi” yang dapat membantu Anda berselancar secara aman  dan privasi Anda terjaga.

Tails


Seperti yang bisa Anda lihat dari logo yang dipakai distro ini, sudah nampak berasal dari turunan Debian. Tails hadir dengan menyuguhkan perangkat lunak yang siap memenuhi setiap kebutuhan Anda. Termasuk browser Firefox yang telah di kustom untuk menjamin Anda tetap aman saat berselancar internet. Firefox di Tails juga memasukkan Add-On lain untuk membuat jalur aman saat browsing dengan HTTPS . Tails juga dilengkapi dengan Claws Mail dengan dukungan OpenPGP, Pidgin dengan dukungan enkripsi OTR, dan editing gambar/photo dengan GIMP. Aplikasi perkantoran dengan OpenOffice.

  • menggunakan Internet secara anonim hampir di kemana saja Anda berselancar
    semua koneksi ke Internet akan dipaksa untuk melewati Tor Network;
  • Tidak meninggalkan jejak sama sekali pada komputer Anda, kecuali jika Anda memintanya
  • Enkripsi file yang Anda miliki, email, log chating Anda di enkrip sehingga menyusahkan para penyusup untuk membaca data Anda.

Download distro Tails disini

Surprise!

Tidak jauh berbeda dengan Tails dan LPS. Surprise yang secara kasat mata sudah nampak berasal dari turunan Ubuntu, itu terbukti dengan penggunaan icon Ubuntu pada menu-menunya. Surprise seperti halnya Tails dan LPS mempercayakan urusan keamanan saat berselancar didunia maya dengan TOR Network.

Kesimpulan

Masih banyak distro-distro lain yang serupa bahkan mungkin dengan fungsi yang jauh lebih baik dari apa yang saya ulas diatas. Namun karena keterbatasan untuk menelusuri semuanya, kami hanya mengulas 3 distro. Jika ada distro serupa dan sejenis lainnya yang belum kami ketahui, maka besar harapan kami agar para pembaca ikut berkontribusi dengan memberikan link atau nama distro tersebut untuk kami ulas melalui kolom komentar.

Tag:

2 Comments

Leave Comment
  1. Beberapa distro khusus penetration testing juga mendukung browsing anonim seperti Backtrack (sekarang Kali), Backbox, Blackbuntu, Bugtraq, Nodezero, dll.

  2. Tim Martine says:

    What about if you are using an Android and Android Tor Bundle?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.