DIY Greeting Cards Menggunakan Photoshop (part 1)

DIY Greeting Cards Menggunakan Photoshop (part 1)

Beberapa orang suka membeli greeting cards atau kartu ucapan yang tersedia di toko-toko, tapi tidak sedikit pula yang berharap bisa memiliki kartu ucapan yang…

Beberapa orang suka membeli greeting cards atau kartu ucapan yang tersedia di toko-toko, tapi tidak sedikit pula yang berharap bisa memiliki kartu ucapan yang sifatnya personal. Misalnya, ingin mengirimkan kado yang disertai kartu ucapan yang memuat identitas keluarga atau mungkin Anda sendiri. Kali ini Anda dapat mendesain kartu ucapan dengan inisial nama Anda sendiri maupun foto diri/keluarga di dalamnya. FYI, cover dengan inisial nama akan lebih everlasting. Sebagai referensi Anda bisa menemukan dua pilihan desain yang terbagi ke dalam dua bagian; kartu ucapan dengan inisial nama (part 1) dan foto diri/keluarga (part 2). Melalui tutorial bagian pertama ini, bukan cuma Donald Trump saja yang bisa punya kartu ucapan yang ekslusif dibuat atas nama pribadi.

  1. Ukuran kartu ucapan bisa beragam, dalam tutorial kali ini, ukuran yang digunakan adalah A6 atau setengah A5 (karena nantinya akan dilipat). Buat file berdimensi A5 di Photoshop. Bagi dua sama rata dengan men-drag kursor dari bagian ruler sisi atas ke bawah untuk memunculkan garis berwarna turquoise.

    Ukuran Kartu Ucapan

    Membuat Garis Tengah

  2. Pertama, kita buat bagian dalamnya dulu. Bagian ini memuat ucapan yang akan diberikan pada teman atau kolega Anda, jadi tentu isinya harus disesuaikan dengan occasion yang sedang berlangsung (ulang tahun, Natal, Idul Fitri, kelulusan atau hari kelahiran bayi). Buat sesimpel mungkin, cukup yang representatif saja seperti di bawah ini.
  3. Kemudian save as ke dalam file .JPG. Tetap simpan file asli (.PSD), apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkannya lagi untuk perubahan di masa depan.

    Membuat Tulisan

  4. Ulangi langkah 1. Kali ini Anda akan mendesain bagian cover atau bagian luarnya. Buat se-ekslusif mungkin, mirip seperti undangan pernikahan namun minimalkan kesan romantisme yang tertera di sana (don’t put too many flowers, swirls or angel).
  5. Seleksi separuh bagian kartu (lihat gambar) untuk tempat warna akan dituangkan. Buat layer baru di atas Background.

    Seleksi Setengah Bagian dari Layer

     

  6. Pilih warna background yang akan digunakan, tuangkan warna menggunakan Paint Bucket Tool. Bagaimanapun juga cover ini akan menunjukkan karakter si pengirimnya, jadi pilih warna yang menggambarkan diri Anda.

    Pilih Warna Background

  7. Tulis inisial nama Anda menggunakan Type Tool, seperti halnya pemilihan warna, pilih font sesuai dengan kepribadian Anda.

    Inisial Nama

  8. Untuk menonjolkan inisial, tambahkan lighting di belakangnya sehingga fokus mata akan tertuju pada inisial nama Anda. Tambahkan layer baru di bawah layer tulisan, buat lighting warna yang jauh lebih mudah dari warna background dengan menggunakan Gradation Tool mode lingkaran.

    Menambahkan Efek Lighting

  9. Atur frekuensi cahayanya dengan mengubah mode layer dan Opacity, back lighting yang bagus akan tampak tidak terlalu terang dan tidak terlalu blend dengan background berwarna di belakangnya. Jadi pastikan inisial nama Anda tetap stand out dan fokus mata akan tertuju ke sana.
  10. Berikut ini contoh desain yang lain yang bisa dijadikan referensi.

    Pilihan Opsi 2

    Pilihan Opsi 3

  11. Klik kanan layer manapun (kecuali layer tulisan) di tab Layers dan pilih opsi Flattened Image.

    Tampilan Flattened Image

  12. Putar gambar melalui Image > Rotate Canvas > Rotate 180°, kemudian save as ke dalam file .JPG. Jangan lupa untuk menyimpan file aslinya (.PSD) untuk perubahan di masa mendatang.

    Putar Gambar 180 Derajat

  13. Cetak kedua file secara bolak-balik, Anda bisa mencetaknya sendiri (bila punya printer yang mampu mencetak foto dengan kualitas yang baik) atau pergi ke digital printing terdekat dan biarkan petugas yang mengerjakannya untuk Anda. Mudah bukan?

Nantikan tutorial selanjutnya: DIY Greeting Cards Menggunakan Photoshop (part 2)

Tag: , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. bob says:

    hai nindy….
    salam kenal

    aq bob,
    di rumah aku ada percetakan n ni aq mw tanya caranya memposisikan gambar biar pas saat pencetakan bolak-balik tu gimana??

    sori ngrepotin….

    reply di emailq yaa, atau lo bisa lewat fb aja
    bob bobob

    thank you so much :)

    • nindy says:

      Hi Bob,

      Ini perkara basic ya yang kamu tanyakan dan main logika aja sih. Yang jelas bagian depan dan belakang harus sama posisinya. Kalau gambar depan condong ke kiri, maka gambar di belakangnya harus condong ke kanan. Gunakan bantuan “grid line” untuk membuat garis bantu dalam memposisikan gambar.

      Semoga membantu.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.