DIY Greeting Cards Menggunakan Photoshop (part 2)

DIY Greeting Cards Menggunakan Photoshop (part 2)

Terkadang ketika mengirimkan kartu ucapan Anda ingin menampilkan foto keluarga juga di dalamnya, sehingga berkesan ucapan datang dari seluruh keluarga (atau bisa juga sebagai…

Terkadang ketika mengirimkan kartu ucapan Anda ingin menampilkan foto keluarga juga di dalamnya, sehingga berkesan ucapan datang dari seluruh keluarga (atau bisa juga sebagai ungkapan rasa bangga terhadap keluarga Anda). Tentunya foto keluarga yang ditampilkan juga bukan yang sembarangan, bukan foto hasil jepretan ketika liburan atau foto-foto dari handphone. Sisihkan sedikit budget untuk foto khusus di studio, tidak harus resmi (berseragam batik dan pose ala foto KTP), bisa juga bertema semi-formal dengan dresscode warna tertentu dan nuansa yang lebih fun. Satu hal yang penting, pastikan foto tersebut appropriate dikirimkan ke kolega dan rekan-rekan Anda. Melalui tutorial ini, bukan cuma keluarga jet set Kadarshian saja yang bisa punya kartu ucapan yang ekslusif menampilkan foto keluarga di bagian cover-nya.

  1. Ukuran kartu ucapan bisa beragam, dalam tutorial kali ini, ukuran yang digunakan adalah A6 (setengah A5). Buat file berdimensi A6 di Photoshop. Kemudian putar posisinya, dengan cara pilih Image > Rotate Canvas > Rotate 90° CWsehingga posisi menjadi horizontal.

    Membuat Ukuran Lembar Kerja

    Mengubah Kanvas Menjadi Horizontal

  2. Berbeda dengan desain kartu DIY Greeting card (part 1), desain yang ini lebih sederhana karena tidak perlu dilipat. Pertama, kita buat bagian belakang. Bagian ini memuat ucapan yang akan diberikan pada teman atau kolega Anda. Still, buat sesimpel mungkin dan cukup yang representatif seperti di bawah ini. Tulis menggunakan Type Tool. Kemudian save as ke dalam file .JPG.

    Membuat Tulisan

  3. Kali ini kita akan mendesain bagian cover atau bagian luarnya. Bagian ini memuat foto keluarga atau bahkan Anda sendiri. Silahkan pilih sesuai selera. Buka file foto Anda di Photoshop, seleksi keseluruhan foto tekan Ctrl + A, kemudian copy  Ctrl + C dan paste tekan Ctrl + V foto di atas layer tulisan ucapan Anda (hidden terlebih dahulu layerini).

    Seleksi Foto

  4. Apabila foto terlalu kecil atau terlalu besar dari ukuran kanvas (A6), gunakan Edit > Free Transform atau tekan Ctrl+T dan tarik pointer-pointer yang ada sambil menekan tombol Shift hingga memenuhi ukuran kanvas lalu klik Enter.

    Mengatur ukuran foto

    Tampilan Foto Setelah Disamakan dengan Ukuran Kanvas

  5. Sekarang, berikan nama keluarga besar Anda atau nama Anda sendiri di atas layer foto. Tulis menggunakan Type Tool.Pemilihan font sebaiknya disesuaikan dengan tema foto yang ditampilkan supaya hasilnya lebih menarik.

    Memberikan Nama

  6. Kemudian save as ke dalam file .JPG. Jangan lupa untuk menyimpan file aslinya (.PSD) untuk perubahan di masa mendatang. Selamat mencoba!

Tag: , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.