Download Ubuntu Precise Pangolin 12.04 Via Link Lokal Indonesia

Download Ubuntu Precise Pangolin 12.04 Via Link Lokal Indonesia

Pada tanggal 26 April 2012 lalu, Canonical sebagai pengembang Distribusi Linux Ubuntu secara resmi merilis versi terbaru Ubuntu 12.04 LTS dengan kode nama Precise Pangolin. Dalam rilis terakhir…

Pada tanggal 26 April 2012 lalu, Canonical sebagai pengembang Distribusi Linux Ubuntu secara resmi merilis versi terbaru Ubuntu 12.04 LTS dengan kode nama Precise Pangolin. Dalam rilis terakhir ini, ubuntu tetap mempertahankan unity sebagai default desktop managernya. Sekilas pandang Ubuntu Precise Pangolin nampak tidak banyak perubahan dari versi terdahulu.

Ubuntu Precise Pangolin

Dalam rili versi 12.04 ini, Ubuntu menghadirkan fitur terbaru antara alin Head-up display menu system dan beberapa update terbaru dari aplikasi bawaan yang sebelumnya memang sudah ada. 12.04 adalah versi Long Term Service (LTS), dimana akan mendapatkan suport dengan durasi yang cukup lama dari Canonical sebagai pengembang nya.

Ubuntu 12.04 Full Unity

Dengan “Precise Pangolin”, Unity mendapatkan perhatian utama. Dari sisi kemampuannya Unity telah ditingkatkan. Pembaruan terpenting pada desktop Ubuntu 12.04 LTS adalah fitur Menu HUD (Head-Up Display) seperti yang telah di sebutkan diatas, dimana dengan fitur tersebut item menu dapat ditemukan melalui pencarian kata kunci secara langsung, dan tentunya dengan hasil yang akurat, dan tanpa perlu menelusuri menu bar yang membutuhkan waktu untuk meng klik menu secara berurut.

Dalam versi terdahulu Ubuntu sudah mulai menggunakan Unity sebagai desktop environtmet nya, namun tetap memasukkan classic desktop ubuntu dari gnome sebagai pilihan cadangan ketika pengguna tidak nyaman dengan unity. Namun dalam rilis kali ini, Ubuntu sama sekali tidak memberikan cadangan tersebut, bahkan untuk menggunakan gnome-panel kita harus menginstall nya terlebih dahulu. Keputusan ini tergolong cukup extreme, mengingat banyak sekali orang diluar sana (termasuk penulis) tidak begitu nyaman dengan Desktop Unity.

Jika ingin menggunakan classic desktop ubuntu maka Anda harus instalasi GDM agar ada pilihan untuk masuk ke menu classic pada saat Ubuntu anda hidup. Ketikkan perintah berikut pada terminal Anda

sudo apt-get install gdm

Restart komputer Anda kemudian pilih Classic pada pilihan desktop ketika login. Namun jika masih belum bisa memunculkan panel gnome maka ada baiknya instal gnome-panel dengan perintah

sudo apt-get install gnome-panel

Setelah berhasil login maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah ini.
Ubuntu

Download Ubuntu Precise Pangolin Via Server Lokal

Point di atas sebenarnya cukup untuk menggambarkan beberapa perubahan yang terjadi pada rilis versi 12.04 ini, kendati masih banyak lagi fitur yang belum kami bahas. Namun demikian sesuai dengan judul kami ingin menampilkan link download yang lebih bersahabat dengan koneksi yang ada di Indonesia yaitu server lokal yang telah menyediakan iso dari Ubuntu Precise Pangalon. Seperti yang bisa dilihat dalam list dibawah ini.

Selamat mencoba

Tag: , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. edu says:

    gimana nih gan gw bingung milihnya?saya msh awam sm ubuntu.klo mo download pilih yang mana gan?
    makasih

  2. sugie says:

    pak saatul ihsan, mohon bantuannya, saya mau install ubuntu 12.04.1 langsung tanpa wubi, rata-rata blog menjelaskan pakai wubi, gimana cara menghapus wubi yang ada di cd ubuntu 12.04.1 ( install ubuntu 12.04.1 tanpa wubi), mohon pencerahannya, terima kasih.

  3. Trijoko says:

    Makasih mas, disini dapet link langsung di kambing.ui.ac.id
    Kalo buka website ke kambing.ui.ac.id bingung masuk ke direktorinya.

    Mantap

  4. Kangmas says:

    Terlanjur instal 12.10 bisa gak kembali ke 12.04 tanpa instal kembali?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.