Editing Video di Linux Menggunakan Pitivi

Editing Video di Linux Menggunakan Pitivi

Pendahuluan Proses editing suatu file video dan film pada intinya adalah melakukan perubahan (baik penambahan, pengurangan, pemberian efek) terhadap setiap frame di file video…

Pendahuluan

Proses editing suatu file video dan film pada intinya adalah melakukan perubahan (baik penambahan, pengurangan, pemberian efek) terhadap setiap frame di file video dan film. Kedua jenis file ini terdiri atas banyak frame, dimana makin banyak frame yang dimiliki, durasi akan makin panjang. Kualitas suatu gambar dan suara pun juga turut mempengaruhi ukuran file dan tingkat kepuasan penonton.

Terdapat banyak perangkat lunak, baik open source, freewarem maupun closed source, yang dapat digunakan untuk melakukan editing video dan film. Tentu saja dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Di Linux, distribusi apapun, tersedia banyak perangkat lunak open source untuk hal ini. Anda bisa menggunakan Open Movie Editor, Pitivi, dan lainnya. Pada tulisan ini akan dibahas mengenai salah satu apliaksi open source tersebut, yaitu Pitivi, pada distro Ubuntu 11.04.

Artikel ini akan menyajikan bagaimana menginstalasi perangkat lunak ini pada sistem operasi Linux Ubuntu 11.04 (untuk distro lainnya merujuklah langsung ke website Pitivi di www.pitivi.org/ atau gunakanlah repository distro anda untuk lebih mudahnya.

Install Pitivi di Ubuntu 11.04

Pertama, jika Pitivi belum terinstall, installah melalui Software Center ataupun Synaptic dengan mengetikkan pitivi atau pergilah ke kategori multimedia. Untuk proses instalasi bisa menggunakan koneksi internet atau secara offline menggunakan kepingan DVD repository. Biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai. Kemudian, setelah terinstall, silahkan cek di menu Aplikasi > Suara dan Video > Pitivi.

Tampilan Lokasi Pitivi

Sekali lagi, untuk pengguna distro selain Ubuntu, silahkan merujuk ke repository distro anda atau ke panduan instalasi di website Pitivi di atas. Setelah terinstall dan berhasil ditemukan di lokasi di atas, silahkan jalankan Pitivi.

Tampilan Awal Pitivi

Melakukan Editing Video/Film

Untuk memulai proses editing, ambillah sebuah file video atau film (misal .MP4) dan sebuah file audio (misal .MP3),  kemudian letakkan (drag) ke bagian bawah sehingga file video/film terbagi menjadi sekian frame dan file audio menampilkan durasinya.

Input File Video dan Audio

Secara default, Pitivi akan memisahkan antara file video dan audio beserta dengan frame video dan volume audio. Anda bisa menurunkan volume file audio maupun vlume file video/film hingga ke bawah (tidak terdengar), untuk kemudian ditumpuk (ganti) dengan audio lainnya. Misal dalam contoh ini, file audio yang diinputkan berguna untuk menggantikan file audio yang asli bawaan file video.

Mengatur File Video dan Audio

Ada kalanya durasi antara file video dan file audio yang kita inputkan tidak sama panjang. Dalam kasus ini file video jauh lebih pendek dibandingkan file audio. Untuk kasus seperti ini, anda dapat menyamakan durasi keduanya dengan cara memendekkan salah satunya. Cukup tarik file audio/video yang lebih panjang ke arah kiri hingga sejajar dengan file audio/video yang lebih pendek, dalam hal ini sejajar dengan frame/durasi terakhir. Konsekuensi dari solusi ini adalah :

  1. Jika yang dipendekkan adalah file audio, maka suara akan terpotong/berhenti saat dijalankan nanti.
  2. Hal yang sama untuk file video/film, maka video/film akan terpotong/berhenti saat dijalankan.

Untuk mencegah hal di atas, solusi lainnya, tambahkan lagi file video/audio atau gandakan file audio dan video, sehingga menjadi semacam video/audio kompilasi.

Tampilan Video dan Audio dengan Durasi yang Tidak Sama Panjang

Menambahkan File Video

Menyamakan Durasi Video dengan Audio

Setelah proses pengaturan durasi dan kombinasi di atas selesai dilakukan, saatnya melanjutkan ke tahap rendering. Lakukan dengan mengklik menu Render. Sebelum proses rendering dijalankan, Pitivi akan menanyakan kepada Anda mengenai lokasi untuk meletakkan file hasil rendering. Anda dapat menentukan lokasi (path) dengan mengklik lokasi, misal /home/user-anda. Lanjutkanlah dengan menginputkan nama untuk file hasil rendering tersebutr, termasuk juga keluarannya, dengan klik menu Modifikasi. Setelah selesai, klik OK dan biarkan proses rendering berjalan sampai selesai. Waktu untuk rendering ditampilkan.

Tampilan Lokasi Penyimpanan

Memilih Hasil Keluaran

Tampilan Proses Rendering

Sampai di sini panduan selesai, Mudah dan sederhana bukan?

Penutup

Dunia Linux dan FOSS dengan kemerdekaan perangkat lunak di dalamnya memberikan banyak nilai positif dibandingkan sekedar gratis saja. Dengan open source, Anda tidak terikat pada suatu vendor sehingga bebas menentukan pilihan, menggunakan dan memodifikasi sesuai keperluan.

Demikian juga untuk dunia multimedia, desain grafis, dan editing video maupun film, Linux dan FOSS dapat digunakan dengan baik oleh siapapun juga. Tidak harus menjadi seorang expert user untuk bisa menggunakan Linux dan FOSS. Seringlah menggunakannya, maka Anda akan terbiasa. Tidak perlu menggunakan sustem operasi dan aplikasi bajakan. Be legal.

Tag:

1 Comment

Leave Comment

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.