Efek Cartoon Menggunakan GIMP

Efek Cartoon Menggunakan GIMP

Pendahuluan Artikel sederhana ini membahas cara menggunakan salah satu efek pada GIMP, yaitu efek Cartoon, dimana Anda bisa menyesuaikan sendiri settingannya selain yang dijabarkan…

Pendahuluan

Artikel sederhana ini membahas cara menggunakan salah satu efek pada GIMP, yaitu efek Cartoon, dimana Anda bisa menyesuaikan sendiri settingannya selain yang dijabarkan di tutorial ini. Pada tulisan ini digunakan GIMP di distro Linux Ubuntu 11.04. Anda bebas menggunakan distro linux lainnya atau Ubuntu versi lainnya atau juga di MS Windows. Efek Cartoon hanyalah salah satu dari sekian banyak efek memukau yang ditawarkan oleh GIMP, sebagai sebuah perangkat lunak open source kepada Anda.

Menggunakan Efek Cartoon

Pertama, siapkan sebuah gambar bebas. Pada contoh ini penulis menggunakan gambar foto penari Bali (namanya Mirah) dan gambar logo distro Fedora (salah satu distro yang juga penulis pernah gunakan dan masih aktif di grupnya hingga sekarang). Kedua objek ini akan digabungkan dan diberikan efek Cartoon pada objek utama (gambar Mirah). Pada capture di bawah ini, gambar Mirah dibuka dengan aplikasi pembuka gambar di Linux.

Membuka Gambar Mirah di Linux

Kini bukalah kedua gambar bahan tersebut menggunakan aplikasi GIMP. Jadikanlah gambar Mirah sebagai gambar utama. Artinya, anda tidak perlu membuat kanvas baru lagi sebagai wadah kedua gambar. Kemudian masukkan gambar logo Fedora ke dalamnya. Ukuran gambar logo Fedora bisa diubah, misal dalam kasus ini logo Fedora diperkecil menjadi 6 cm. Kemudian copy gambar logo Fedora tersebut dan tempelkan di gambar utama (gambar Mirah).

Kemudian tambahkan efek Cartoon yang ada pada menu Filter > Artistic > Cartoon. Berikan pengaturan sesuai selera untuk jangkauan dan tingkat kegelapan. Jika sudah, simpan hasil Anda. Jika dirasa tidak cocok, tekan Undo atau Ctrl + Z.

Menambahkan Efek Cartoon

Hasilnya seperti di bawah ini. Mudah bukan?

Hasil Akhir di Gimp

Hasil Akhir Efek Cartoon

Penutup

Dunia Linux dan FOSS dengan kemerdekaan perangkat lunak di dalamnya memberikan banyak nilai positif dibandingkan sekedar gratis saja. Dengan open source, Anda tidak akan terikat pada suatu vendor sehingga bebas menentukan pilihan, menggunakan dan memodifikasi sesuai keperluan.

Sebagai salah satu perangkat lunak open source untuk desain grafis, GIMP (GNU Image Manipulation Program) tidak kalah dengan aplikasi serupa yang berbayar dan closed source. Yang utama adalah imajinasi dalam pengolahan grafis, yang kedua adalah sering digunakan agar terbiasa. Dan enaknya lagi, GIMP sudah ada di setiap distribusi Linux dan tersedia juga untuk platform MS Windows. Anda tidak perlu lagi menggunakan crack. Be legal. Selamat mengeksplorasi semua kelebihan yang ditawarkan oleh Linux dan FOSS :)

Tag:

2 Comments

Leave Comment
  1. titasya says:

    Keren banget! download softwarenya dimana ya?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.