Fitur Menarik yang Disediakan Goodreads

Fitur Menarik yang Disediakan Goodreads

Sebelumnya pada tulisan terdahulu saya sudah membahas tentang jejaring sosial bagi pecinta buku yaitu Goodreads. Nah, Pasti banyak yang bertanya apa saja fitur yang…

Sebelumnya pada tulisan terdahulu saya sudah membahas tentang jejaring sosial bagi pecinta buku yaitu Goodreads. Nah, Pasti banyak yang bertanya apa saja fitur yang disediakan Goodreads bagi penggunanya, dan apakah fitur-fitur tersebut menarik? Mari kita bahas beberapa fitur menarik Goodreads yang sebaiknya Anda manfaatkan dengan maksimal.

Explore

Explore

Explore pada Goodreads

Adalah fitur yang mengantarkan pengguna keliling dunia lewat buku. Disini Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan trivia dan kuis, menemukan link menarik tentang buku maupun penulis, mengetahui buku-buku yang banyak dibaca pengguna dalam sebulan terakhir, hingga menemukan review pengguna yang dinilai paling baik. Apa saja dapat Anda temukan lewat fitur yang satu ini

Bookshelves

bookshelves

Bookshelves pada Goodreads

Dengan fitur ini Anda dapat mengelompokkan buku ke dalam beberapa ‘rak’ sekaligus. Secara default Goodreads akan membuatkan tiga ‘rak’ untuk Anda, yaitu Read, Curently-reading, dan To-read. Namun jika Anda ingin menambahkan ‘rak’ sendiri di katalog pribadi seperti ‘rak’ buku favorit, ‘rak’ buku terjemahan, atau ‘rak’ buku fiksi, maka Goodreads memfasilitasinya.

Rate and Review

Rate and Review

Rate and Review pada Goodreads

Adalah fitur bagi pembaca untuk memberi nilai dan ulasan singkat tentang kesan atau pun kritik tentang buku bacaannya. Disini disediakan rating dari 1-5 bintang, sementara itu untuk review tidak ada batasan karakter. Melalui fitur ini, bukan hanya pembaca yang diuntungkan, melainkan penulis. Karena rate and review dari pembaca akan langsung dikirimkan oleh penulis buku tersebut. Melalui fitur ini pembaca dan penulis sudah berinteraksi secara tidak langsung.

Add Books

Search book

Add book pada Goodreads

Dengan fitur ini kita dapat mencari sebuah buku untuk dimasukkan ke ‘rak buku’ digital kita. Anda cukup mengetikkan nama pengarang, judul buku, atau nomor ISBN untuk menemukan buku yang Anda cari untuk selanjutkan diberi label nama ‘rak’ yang Anda inginkan. Maka secara otomatis buku tersebut akan masuk ke ‘rak buku’ digital Anda.

Notifications

notifications

Notifications pada Goodreads

Fitur ini akan membantu Anda mengetahui aktifitas teman-teman, baik di akun pribadi Anda maupun di group yang Anda ikuti. Selain itu Anda bisa men-compare buku yang ada pada ‘rak buku’ Anda dengan teman Anda.

Events

events

Events pada Goodreads

Fitur lain yang memfasilitasi Anda jika ingin menyebarluaskan berita tentang sebuah acara. Anda hanya perlu membuat event, menjelaskan event tersebut secara singkat, lalu mulai mengajak teman-teman Goodreads Anda.

Nah, menurut Anda, fitur mana yang paling menarik?

Tag: , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.