Glowing Rainbow Text

Glowing Rainbow Text

Tipografi merupakan salah satu ornament dari dunia desain grafis. Tipografi memiliki peran sangat penting dalam sebuah desain, karena dengan jenis font, penempatan dan efek…

Tipografi merupakan salah satu ornament dari dunia desain grafis. Tipografi memiliki peran sangat penting dalam sebuah desain, karena dengan jenis font, penempatan dan efek yang digunakan tipografi akan menjadi lebih menarik dan memiliki nilai estetika yang baik.

Dalam tutorial ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat Glowing warna pelangi dalam sebuah teks / Tipografi. Efek yang akan membuat warna tipografi menjadi lebih bagus.

  1. Langkah awal tentukan ukuran lembar kerja yang akan digunakan. Kali ini saya menggunakan ukuran 1024px x 400px dengan resolusi 72.

    Ukuran lembar kerja

  2. Berikutnya klik 2x pada layer background agar bisa diberikan efek add layer style. Pilih add layer style > gradient overlaydan gunakan warna yang sesuai keinginan Anda. Kali ini menggunakan warna # 000836 dan # 000000.

    Pengaturan warna gradasi

  3. Kemudian pilih Horizontal Type Tool (T) pada tool bar Photoshop Anda. Ketiklah “BISA KOMPUTER” atau teks apapun yang Anda inginkan dengan warna # FFFFFF. Ubah opacity kata tersebut menjadi 50%.

    Tampilan opacity

  4. Selanjutnya duplicate layer dengan cara pilih layer > Duplicate layer. Ubah teks tersebut menjadi bitmap dengan cara Klik kanan pada layer dan pilih Rasterize Type.

    a. Tampilan duplicate layer dan b. Tampilan resterize type

  5. Pilih layer teks yang telah menjadi bitmap tersebut dan klik add layer style > Gradient overlay. Ganti warna gradasi tersebut dengan warna pelangi (spectrum).

    Tampilan gradient overlay

    Gradient spectrum

  6. Selanjutnya pilih layer yang telah diberi warna pelangi kemudian pilih Filter > Blur > Gaussian Blur dengan radiasi 15.0 pixels.

    Tampilan Gausian Blur

     

    Tampilan sesudah diberi Gausian Blur

  7. Pilih layer teks dan layer efek (BISAKOMPUTER) untuk di duplicate dengan cara yang sama pada langkah ke  4.

    Tampilan sebelum dan sesudah duplicate

  8. Pilih hasil duplicate tadi dan jadikan satu / merge layers dengan cara pilih kedua layer dan tekan Ctrl+E. Kemudian rotasi hasil tersebut dengan cara Ctrl+T dan klik kanan untuk Flip Vertical.
  9. Susun menjadi seperti di gambar di bawah ini.

    Pengaturan letak bayangan

  10. Untuk memberi efek bayangan seperti di lantai pilih add layer mask > Klik layer mask thumbnail. Setelah itu pilih Gradient tool. Beri warna di layer mask thumbnail.

    a. Tampilan add layer mask b. Tampilan mask thumbnail

     

    hasi akhir

    Mudah bukan? selamat mencoba.

Tag: , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. ainun says:

    wahh keren.. :)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.