Goodreads: Jejaring Sosialnya Para Pecinta Buku

Goodreads: Jejaring Sosialnya Para Pecinta Buku

Anda punya hobi membaca atau menulis? Anda ingin memamerkan koleksi buku yang Anda miliki? Anda ingin berinteraksi langsung dengan penulis favorit Anda? Nah, Goodreads…

Anda punya hobi membaca atau menulis? Anda ingin memamerkan koleksi buku yang Anda miliki? Anda ingin berinteraksi langsung dengan penulis favorit Anda? Nah, Goodreads lah medianya. Sejak lahir ditangan Otis Chandler pada akhir tahun 2006, jejaring sosial ini kini telah memiliki 10 juta pengguna dengan jumlah koleksi buku yang sudah tidak terhitung lagi. Website yang lahir di New York ini telah berkembang luas ke seluruh dunia, mengantarkan infomasi terkini dari dunia kepenulisan.

Meet your favorite book

Beberapa orang menyebut Goodreads sebagai katalog buku digital karena ia mampu menyediakan informasi hampir semua buku di dunia, mulai dari buku sejarah, novel, hingga majalah. Beberapa orang lainnya menyebut Goodreads sebagai media berinteraksi langsung antara penulis dan pembaca. Sementara beberapa orang lainnya menyebut Goodreads sebagai rak buku digital pribadi. Semua opini tersebut tidak ada yang salah karena Goodreads adalah sebaik-baiknya media sosial untuk pecinta buku.

Mungkin banyak yang bertanya, apa asiknya memiliki akun pribadi di Goodreads?

Sebenarnya ada banyak hal menarik di Goodreads, seperti memberi rating dan review sebuah buku yang baru kita baca, mendapatkan rekomendasi buku yang menarik dari teman-teman, menjawab beberapa pertanyaan trivia dan quiz, serta mendapatkan petikan atau quote menarik dari orang-orang terkenal.

Fasilitas pada Goodreads

Fasilitas pada Goodreads

Di Goodreads kita juga dapat bergabung ke dalam suatu group, sebut saja Goodreads Indonesia. Disini nantinya Anda akan bertemu banyak teman baru dan dapat mengulas buku bersama. Jika Anda penyuka satu judul buku, sebut saja Harry Potter, maka Anda dapat membuat thread Harry Potter sendiri di dalam group tersebut. Sehingga obrolan Anda dengan teman-teman lain tidak akan tercampur-aduk dengan bahasan buku lain.

Untuk pengarsipan, Goodreads menyediakan 3 jenis ‘rak buku’ default yaitu Read, Curently-reading, dan To-read. Hal ini sangat memudahkan pengguna dalam menkategorikan buku mereka, namun jika pengguna ingin membuat ‘rak buku’ baru misalnya ‘rak buku’ favorit, maka jejaring sosial ini dapat memfasilitasinya.

Mybooks

Pengarsipan buku

Tidak hanya menguntungkan pembaca, hadirnya Goodreads juga sangat memudahkan penulis untuk mempromosikan buku terbaru mereka, baik lewat akun pribadi maupun beriklan. Selain itu penulis juga dapat membaca kesan, kritik, dan saran dari pembaca secara langsung. Disini penulis dapat membaur dengan pembacanya, saling berinteraksi sekaligus mencerdaskan. Apakah Anda tertarik untuk membuat katalog buku pribadi di Goodreads?

Tag: , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.