Google Drive: Layanan Backup Online

Google Drive: Layanan Backup Online

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa itu Google Drive? Layanan Backup online? Oke, langsung saja kita bahas pengertian dari layanan backup online ini. Apakah Anda…

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa itu Google Drive? Layanan Backup online? Oke, langsung saja kita bahas pengertian dari layanan backup online ini. Apakah Anda pernah menggunakan Dropbox? Microsoft Skydrive? atau Apple iCloud? Jika iya, maka layanan Google Drive ini memiliki fungsi yang sama dengan 3 layanan yang saya sebutkan tadi, atau Anda masih bingung? Jadi layanan Backup Online ini adalah, Anda membuat sebuah akun dari salah satu layanan diatas dan men-upload file – file penting Anda ke internet (layanan tersebut) sehingga ketika terjadi sesuatu hal dengan komputer Anda, file yang telah Anda upload tidak akan hilang, dan disisi lain, Anda juga bisa mengunduh file yang tersimpan di layanan Backup Online ini kedalam smartphone Anda, laptop, maupun komputer lain dimanapun selama terhubung jaringan internet.

Apa itu Google Drive?

Tampilan Google Drive

Tampilan Google Drive

Google Drive mengusung jargon Keep everything, Share everything yang berarti Simpan apa saja, dan berbagi apa saja. Pada dasarnya menurut penulis, layanan Google yang satu ini merupakan sebuah hasil update dari layanan Google Docs yang terdahulu. Kenapa? Karena Google Drive ini memiliki fitur yang sama dengan Google Docs, yaitu sebuah kolaborasi online. Dengan Google Drive ini, Anda bisa mengerjakan sebuah dokumen bersama-sama dengan teman Anda sama seperti menggunakan Google Docs, terdapat juga fitur yang mencatat apa saja yang kita ubah dalam dokumen tersebut, untuk mencegah kelalaian pengguna yang dapat mengakibatkan hilangnya data dalam dokumen tersebut. Yang membedakan antara Google Docs dan Google Drive adalah, Google Drive mendukung semua jenis file seperti dokumen, foto, musik, video, dll. Tidak seperti Google Docs yang hanya terbatas pada jenis file dokumen.

Anda juga bisa melihat video perkenalan Google Drive yang sangat mudah dipahami dibawah ini:

Fitur-Fitur Google Drive

Berkolaborasi Online

Kolaborasi Online

Anda bisa berkolaborasi dengan rekan kerja atau teman Anda dalam mengerjakan sebuah dokumen, catatan keuangan, dan presentasi bersama teman – teman Anda secara online secara Real time dan bisa langsung melihat perubahan yang terjadi dalam dokumen yang sedang dikerjakan.

Tersambung dengan Layanan Google

Karena merupakan produk dari Google, maka Google Drive ini bisa digunakan bersandingan dengan aplikasi Google lainnya. Contohnya, Anda bisa berbagi file Google Drive Anda melalui layanan Google+ dan mengirimkan file yang sedang Anda kerjakan melalui layanan GMail dengan mudah.

Mesin Pencari dalam Google Drive

Dalam Google Drive, Google memberikan fitur pencarian yang terkenal sangatlah bagus, dengan fitur ini, Anda bisa mencari sebuah file dalam Google Drive Anda berdasarkan nama file, nama pemilik, serta mengenali objek dalam gambar dan isi teks dalam sebuah dokumen Anda.

Kompatibilitas

Kompatibilitas

Anda juga bisa membuka berbagai file lebih dari 30 ekstensi menggunakan Google Drive tanpa harus men-install aplikasi tertentu untuk melihatnya, sebut saja video HD, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, dll.

Berbagi file dengan Aplikasi lainnya

Aplikasi

Anda juga bisa berbagi file secara langsung apabila menggunakan aplikasi yang telah mendukung Google Drive, Anda bisa mengeceknya dan melihatnya  di sini.

Berbagi file dengan orang-orang tertentu

Berbagi file tertentu

Apabila Anda ingin berbagi file yang bersifat sangat privat, Anda bisa membagikan file Anda kepada orang-orang tertentu saja, sehingga kerahasiaan file kita pun tetap terjaga.

Berdiskusi

Berdiskusi

Selain mengerjakan suatu proyek secara online dengan berkolaborasi, Anda juga bisa berdiskusi dengan orang – orang yang terlibat dalam kolaborasi tersebut, sehingga memudahkan kita untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengungkapkan opini individu.

Revisi

Ketika Anda mengerjakan dokumen dan menekan tombol Simpan, maka secara otomatis Google Drive akan membuat sebuah duplikat atas apa yang Anda ubah, sehingga apabila suatu saat Anda berubah pikiran, Anda bisa membuka revisi yang sebelumnya sehingga Anda tidak akan kehilangan apa yang telah Anda ubah sebelumnya. Fitur ini mendukung penyimpanan revisi hingga 30 Hari.

Harga

Untuk layanan gratis, Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan 5GB, sedangkan untuk yang berbayar, yang paling murah $2.50 (atau sekitar Rp 22.000) perbulan dengan kapasitas 25GB.

Unduh Aplikasi Google Drive

DownloadDownload aplikasi untuk PC / Mac

Download aplikasi untuk Android

Download aplikasi untuk iOS (iPhone atau iPad)

Kesimpulan

Kelebihan

  1. Bisa untuk berkolaborasi.
  2. Fitur yang banyak.
  3. Terintegrasi dengan Aplikasi Google lainnya.
  4. Fitur pencarian yang fantastis.
  5. Tampilan user-friendly.

Kekurangan

  1. Jumlah kapasitas free hanya 5GB (sedangkan Dropbox bisa hingga 18GB).
  2. Pengguna masih sedikit (karena tergolong baru).
  3. Fasilitas Google Docs dihilangkan dan diganti Google Drive (kekurangan bagi yang belum terbiasa).

Bagaimana menurut Anda?

Apakah Anda memiliki masukan tentang kelebihan maupun kekurangan Google Drive? Pilih mana, Google Drive atau Dropbox? beri tahu juga alasannya melalui kotak komentar dibawah :)

Tag: , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. Mustofa says:

    Nice artikel gan, lengkap banget ulasannya.

  2. didik says:

    google drive client untuk distro Linux masih langka ya? ada rekomendasi yg enak dipakai?

    btw nice post!

  3. Mayasta says:

    Maaf,
    saya ingin b ertanya mudah² masalah saya bisa teratasi:
    saat install google drive muncul error dengan komentar :
    “Program pemasangan mengalami galat 1603: Fatal error during installation”
    solusinya bagaimana ya bro

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.