Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Install Ubuntu

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Install Ubuntu

Bagi pengguna yang baru mengenal Linux Ubuntu, kemudian mencoba instalasi Ubuntu secara mandiri (sendiri) niscaya akan kebingungan ketika mencoba memutar file lagu, film dengan…

Bagi pengguna yang baru mengenal Linux Ubuntu, kemudian mencoba instalasi Ubuntu secara mandiri (sendiri) niscaya akan kebingungan ketika mencoba memutar file lagu, film dengan format tertentu seperti MP3, MP4, MPEG, AVI, Flash dan lain-lain.

Permasalahan ini hampir dikeluhkan setiap pengguna Linux Ubuntu yang baru mencobanya, terkadang ada yang stagnan sampai disana, kemudian langsung beralih ke sistem operasi yang dipakai sebelumnya. Namun, tidak sedikit juga para pengguna dengan niat belajar tinggi, hingga mencoba bertanya apa yang harus di install agar dapat memutar lagu dan film.

Sebenarnya para pengembang Linux Ubuntu bukan tidak bisa untuk mem-bundle (memaketkan)  Distribusi Linux yang mereka distribusikan agar langsung mendukung untuk pemutaran lagu maupun film. Hal ini semata bukan karena masalah ketidak mampuan para pengembang, melainkan masalah lisensi yang diterapkan di Eropa dan Amerika yang tidak memungkinkan untuk memasukkan paket tersebut, dan hal ini tentunya berbeda dengan aturan yang ada di Indonesia. Akan tetapi, Linux Ubuntu bukanlah buatan dalam negeri, maka kita perlu sedikit berusaha agar Linux Ubuntu bisa dipakai untuk memutar lagu dan memutar film.
Berikut langkah sederhana yang perlu Anda Lakukan

  1. Pastikan Ubuntu Linux Anda terhubung dengan internet
  2. Klik Ubuntu Software Centerseperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah inisoftware-center
  3. ketikkan ubuntu-restricted di dalam kolom pencarian Ubuntu Software Centerinstall-software-center
  4. Klik  Install untuk meng-install program tersebut.
  5. Tunggu sampai selesai. Setelah selesai, cobalah putar file MP3 dengan program bawaan Linux Ubuntu

Kesimpulan

Ubuntu-restricted-extras adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang sangat penting untuk ditambahkan dalam Linux Ubuntu Anda. Di lain kesempatan penulis akan mencoba untuk mengulas aplikasi lainnya secara bertahap agar memudahkan pembaca mengikuti tutorial dari kami.

Tag:

2 Comments

Leave Comment
  1. mahfud says:

    Hmmm… so dg hanya mnambah app Ubuntu-restricted-extras kita udah bs memainkan file mp3, avi dll.. tnp download app lain sbg pngganti dr app yg sudah ada d ubuntu,, ?
    #thanks mas…
    #bermanfaat bgt buat ku :)

  2. makasih gan dah share, kebetulan baru coba ubuntu

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.