HTML 5 Semantic Tag Ramah Seo

HTML 5 Semantic Tag Ramah Seo

Mendiang Steve Jobs, secara tegas tidak menyematkan teknologi Flash ke dalam smart phone besutannya yaitu iPhone. Banyak hal yang dikeluhkan seorang Steve Jobs terhadap…

Mendiang Steve Jobs, secara tegas tidak menyematkan teknologi Flash ke dalam smart phone besutannya yaitu iPhone. Banyak hal yang dikeluhkan seorang Steve Jobs terhadap teknologi Flash. Dan, salah satu yang paling mashur adalah “Teknologi Flash sudah ketinggalan jaman, Flash boros batre” lantas Steve Jobs merujuk kepada HTML 5 sebagai alternatif pengganti Flash. Kendati teknolog HTML 5 masih baru, namun banyak developer tertarik untuk menggunakannya, terlebih sekarang hampir semua browser mendukung HTML 5.

HTML 5 yang dikampanyekan Steve Jobs, sebenarnya bukan hanya ringan ketika di-load oleh perangkat mobile, tapi juga sangat ramah dengan mesin pencari. Yang paling utama bagi seorang master SEO dari HTML 5 adalah semantic tag. Dengan format semantic tag, sebuah halaman akan jauh lebih mudah dikenali oleh mesin pencari, karena semantic tag sudah memilah-milah element dari content web tersebut. Perlu diingat, bahwa google sudah menerapkan semantic web untuk mesin pencarinya, sehingga penggunaan semantic tag akan sangat ramah dengan google bot.

Berikut penjelasan singkat dan contoh dari semantic tag yang sangat penting untuk diperhatikan

  • <header> Mendefinisikan informasi header sebagai kepala surat atau lainnya pada halaman.
  •  <footer> Mendefinisikan teks di bagian bawah halaman, seperti hak cipta atau kontak informasi.
  • <article> Mendefinisikan sebuah blok teks yang merupakan sebuah artikel, cerita, atau pesan. Dengan tag ini, akan membuat halaman web Anda akan sangat ramah dengan mesin pencari, dan tentunya teknologi search engine yang ada sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknologi semantic web
  • <aside> Mendefinisikan sebuah blok teks yang mengarah ke diskusi utama, seperti catatan, tip, trik.
  • <section> Mendefinisikan sebuah konten generik atau bagian aplikasi. Tag <section> mirip penggunaanya dengan <div>

Kesimpulan

HTML 5 tidak hanya ramah dan memudahkan programer, tapi juga sangat bermanfaat untuk sebuah web/blog dengan konten yang dinamis. Jika kita mengharapkan mesin pencari akan meng-index web/blog kita secara kesuluruhan, maka semantic tag yang diusung HTML 5 adalah sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Tag: , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.