Ilustrasi Bola Mata dengan Inkscape

Ilustrasi Bola Mata dengan Inkscape

Jumpa lagi dengan tutorial saya, masih tentang inkscape. Kenapa selalu inkscape? Alasanya tentu karena software ini gratis, sehingga kita tidak perlu membeli lisensi yang…

Jumpa lagi dengan tutorial saya, masih tentang inkscape. Kenapa selalu inkscape? Alasanya tentu karena software ini gratis, sehingga kita tidak perlu membeli lisensi yang mahal layaknya software berbasis vector lain seperti Corel DRAW ataupun Adobe Illustrator. Lagipula software ini sangat powerfull untuk di gunakan.jadi, kenapa harus terkendala lisensi untuk ber-ilustrasi ria di computer jika ada alternatif lain yang bisa di gunakan bukan?. Namun saya sarankan apabila Anda memiliki uang yang cukup tentu tidak ada salahnya untuk membeli software ilustrasi asli untuk memaksimalkan kerja Anda. Baik, pada tutorial kali ini saya akan membuat bola mata dengan menggunakan lingkaran dan bentuk polygon.

Langkah pertama, buka program Inkscape yang sudah terpasang pada komputer Anda sehingga Anda akan melihat sebuah dokumen kosong pada lembar kerja seperti gambar berikut.

membuat dokumen

Dengan menekan  F5  buatlah objek lingkaran, agar bentuk lingkaran tetap proposional tahan tombol ctrl  sambil menggeser mouse 450  ke bawah atau ke atas saat membuat lingkaran. Buatlah lingkaran di tengah lembar kerja.

membuat lingkaran

Dengan menggunakan gradient tool Ctrl+F1 warnai lingkaran dengan pengaturan seperti pada gambar. Untuk menambah titk warna, klik dua kali pada garis yang akan di beri titik warna.

mewarnai lingkaranHilangkan stroke (garis tepi) dengan cara klik Ctrl + Shift + F kemudian akan muncul fill and stroke box, pada tab stroke paint pilih icon no paint seperti pada gambar.

menghilangkan strokeDuplikat objek lingkaran yang sudah kita buat tadi dengan cara klik  ctrl+D kemudian ubah value blur pada tab fill and stroke (ctrl+Shift+F) menjadi  10. Kemudian letakkan ke bagian paling bawah dengan cara menekan tombol page down pada keyboard.

duplikat lingkaran

value blur

letakkan di bawah

Buat lingkaran yang lebih kecil  dengan F5 kemudian letakkan di tengah-tengah lingkaran sebelumnya.kemudian beri warna hitam.

membuat lingkaran 2

Duplikat lingkaran hitam yang sudah kita buat sebelumnya (ctrl+D)  kemudian perkecil ukurannya dan letakkan persis di tengah.jangan lupa ubah warna menjadi abu-abu (RGBA : 000000ff).

membuat lingkaran 3

Dengan menggunakan poligon  tool buat bentuk sesuai dengan gambar. Agar lebih jelas perhatikan gambar.

membuat poligonWarnai polygon yang sudah Anda buat sebelumnya dengan kode warna RGBA : 2ad4ffff .kemudian hilangkan stroke (garis tepi) sehingga Anda melihat hasilnya seperti pada gambar.

warna poligon

 

Selanjutnya buat lingkaran lagi dan beri  warna RGBA : 000000ff kemudian letakkan kembali di tengah-tengah dan perkecil ukuran hingga tampak seperti gambar.

membuat lingkaran 4

Duplikat lingkaran ctrl+D kemudian  perkecil ukuran lingkaran dan letakkan persis di tengah, kali ini beri warna hitam. Sekarang kombinasikan blur pada setiap objek hingga ilustrasi bola mata Anda terlihat keren. Pada tutorial ini saya menggunakan pengaturan nilai brush seperti yang di jelaskan pada gambar.

blur value

Agar mata terlihat lebih indah tambahkan efek mengkilap dengan memberi objek lingkaran dan beri warna putih kemudian atur opacity level menjadi 10.

efek mengkilap1hasil efek mengilap1Nah, ilustrasi bola mata kita sudah jadi. Anda bisa menambahkan background sesuka Anda.

ilustrasi bola mataPenutup

Jangan menganggap remeh softaware gratis, karena Software gratis belum tentu tidak powerfull,kita hanya perlu sedikit pembiasaan untuk emnggunakan software tersebut. Buktinya dengan menggunakan software gratis inkscape kita bisa ber-ilustrasi ria layaknya menggunakan software berbayar bukan? Jadi bagi yang masih bangga dengan hasil software bajakan, sepertinya harus berfikir lagi. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat

Tag: , , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.