Instalasi WordPress Via Cpanel dan Domain di GoDaddy

Instalasi WordPress Via Cpanel dan Domain di GoDaddy

Tutorial Information

ProgramWordpress
DifficultyPemula
Estimated Time20 Menit

Mempunyai blog dengan domain sendiri memberikan nilai lebih kepada kredibilitas dan eksistensi Anda sebagai blogger, apalagi jika menggunakan nama pribadi Anda sebagai domain name…

Mempunyai blog dengan domain sendiri memberikan nilai lebih kepada kredibilitas dan eksistensi Anda sebagai blogger, apalagi jika menggunakan nama pribadi Anda sebagai domain name blog Anda. Langkah selanjutnya setelah mempunyai domain adalah instalasi sistem admin guna mengatur isi blog, banyak blogger menjatuhkan pilihan kepada WordPress sebagai engine blog mereka. Nah kali ini Penulis akan memberikan tutorial bagaimana cara melakukan instalasi engine WordPress ke dalam Cpanel sampai blog Anda siap digunakan.

WordPress adalah open source script yang diberikan secara gratis oleh WordPress.org, Anda diperbolehkan menggunakan script ini secara bebas baik untuk keperluan bisnis atau personal semisal blog pribadi atau bahkan blog penjualan. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh script WordPress, di antaranya adalah kemudahan untuk melakukan kustomisasi baik dari segi tampilan maupun dari segi teknikal semacam plugin, coding, atau bahkan kustomisasi keperluan bisnis.

Kali ini Saya akan memberikan tutorial singkat nan sederhana untuk pemula. Tetapi sebelum Saya menguraikan langkah demi langkah instalasi, ada 2 syarat yang wajib Anda penuhi.

  1. Anda harus mempunyai domain di Godaddy
  2. Anda telah melakukan pembelian paket hosting dengan fitur Cpanel di dalamnya.

Langkah pertama, masuk ke akun Anda di GoDaddy.com, arahkan kursor ke All Product Kemudian klik Domain Management Lihat gambar untuk lebih jelas.

GoDaddy

Langkah Kedua, Anda akan dibawa ke halaman domain management di mana Anda akan menemukan daftar domain yang Anda miliki. Centang domain yang ingin Anda instal dan arahkan kursor ke tab menu di bagian atas, temukan menu Nameserver dan kemudian klik Set Nameservers. Perlu saya beritahukan bahwa alamat name server diberikan oleh perusahaan hosting Anda, pada saat melakukan pembelian paket hosting, pihak hosting akan memberikan alamat name server mereka kepada Anda atau hubungi perusahaan hosting Anda jika detail name server tidak Anda temukan.

Set Name Servers

Set Name Servers

Isi Name Server

Isi Name Server

Setelah langkah kedua selesai, maka proses pengaturan name server telah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya Anda buka Cpanel melalui link yang Anda dapatkan dari perusahaan hosting. Seperti halnya alamat name server, link Cpanel juga Anda dapatkan setelah Anda melakukan pembelian paket hosting.

Langkah Ketiga, masuk ke Cpanel Anda kemudian temukan menu Fantastico Deluxe dengan gambar emoticon tersenyum sambil melotot.

Fantastico

Fantastico Deluxe

Klik menu Fantastico Deluxe tersebut dan Anda akan melihat halaman seperti di bawah ini, temukan menu WordPress dan klik, tunggu beberapa saat dan klik lagi menu New Installation.

New Instalation

New Installation

Di halaman berikutnya Anda akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan, Saya akan jabarkan secara terperinci plus gambar, perhatikan dengan seksama penomoran dan urutannya:

Step 1: Pilih domain yang Anda Ingin Instal – Yang tadi Anda seting name server di langkah kedua.

Step 2: Isi data admin yang nanti Anda gunakan sebagai user pada saat masuk di blog Anda

Step 3: Isi dengan password yang Anda inginkan

Step 4: Isi dengan nama panggilan yang Anda inginkan, nama panggilan ini akan muncul dan digunakan sebagai nama penulis/author

Step 5: Isi dengan email admin yang Anda inginkan

Step 6: Isi dengan nama situs Anda, apa saja sesuai keinginan Anda

Step 7: Isi dengan penjelasan singkat tentang situs Anda, isi sesuai dengan keinginan Anda

Step 8: Klik Install WordPress

Step 9: Complete Installation – Anda akan temukan di halaman selanjutnya setelah step 7 selesai.

Complete Installation

Complete Installation

Langkah Terakhir, setelah proses instalasi selesai Anda dapat masuk ke dalam dashboard melalui link admin domain Anda, contoh format link admin sebagai berikut: http://domainbloganda.com/wp-admin.  Di dalam dashboard admin Anda dapat melakukan pengaturan lanjutan sehingga blog Anda menjadi blog yang sempurna.

Penutup

Demikian tutorial instalasi WordPress via Cpanel dengan domain management Goddady, semoga dapat membantu Anda yang tengah mencoba membangun blog pribadi dari nol. Banyak sekali manfaat blog yang bisa Anda dapatkan, tidak sekedar eksistensi tetapi juga ada peluang besar di sana untuk mengembangkan karir dan bisnis tanpa mengganggu eksistensi sebagai seorang blogger. Selamat Blogging!

Tag: , , , , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. mantap sekali teman infonya….gampang dimengerti karena disertai gambar

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.