Install Windows 7 di Ubuntu Menggunakan Virtual Box

Install Windows 7 di Ubuntu Menggunakan Virtual Box

Windows 7 dan Ubuntu merupakan sistem operasi yang jenisnya berbeda. Keduanya sama-sama bisa disatukan dalam satu komputer menggunakan sistem dual boot. Namun, bagaimana jika…

Windows 7 dan Ubuntu merupakan sistem operasi yang jenisnya berbeda. Keduanya sama-sama bisa disatukan dalam satu komputer menggunakan sistem dual boot. Namun, bagaimana jika Anda mempunyai single boot saja yaitu Ubuntu dan dalam waktu yang sama kita membutuhkan Windows 7 untuk suatu keperluan? Salah satu solusinya adalah menggunakan teknologi virtualisasi. Virtualisasi memberikan lingkungan virtual pada komputer sehingga Anda bisa melakukan instalasi sistem operasi dalam sistem operasi. Jelasnya Anda bisa menginstall Windows 7 di dalam Ubuntu yang Anda miliki.

Aplikasi virtualisasi yang cukup populer di Ubuntu adalah Virtualbox. Jika Ubuntu Anda belum terinstall virtualbox, install dulu dengan perintah menggunakan terminal berikut:

 

echo "deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian $(lsb_release -sc) contrib" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/virtualbox.list

wget -q http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian/oracle_vbox.asc -O- | sudo apt-key add -

sudo apt-get update

sudo apt-get install virtualbox-4.1

Ketika Virtualbox sudah terinstall, Anda bisa memulai untuk membuat virtual machine Windows 7 yang baru. Sebelum itu, pastikan kita memiliki file image Windows 7 (.iso) untuk booting virtual nanti. Berikut cara pembuatan virtual machine menggunakan Virtualbox:

  1. Jalankan aplikasi virtualbox lalu buat virtualisasi dengan klik New pada toolbar atau tekan Ctrl + N.

    Tampilan Awal Virtualbox

  2. Klik Next pada welcome window, lalu isikan nama virtual machine dan jenis sistem operasinya. Pilih jenis sistem operasi Microsoft Windows dan versinya Windows 7.

    Memilih Jenis Sistem Operasi

  3. Tentukan kapasitas memori untuk Windows 7. Sebaiknya jangan beri nilai melebihi memori komputer Anda. 1 GB adalah memori ideal untuk Windows 7. Untuk itu penulis merekomendasikan komputer harus memiliki memori lebih dari 1 GB agar kinerja komputer tidak lambat.

    Menentukan Besaran Memory yang Dipakai

  4. Selanjutnya  membuat virtual storage dengan cara pilih create new harddisk.

    Create New Harddisk

     

  5. Pilih jenis virtual storage VDI (Virtualbox Disk Image).

    Memilih VDI

  6. Untuk detail virtual storage, pilih yang Dynamically allocated.

    Tampilan Virtual Storage Details

     

  7. Tentukan kapasitas virtual storage, di sini saya beri nilai 10GB karena Windows 7 juga membutuhkan kapasitas yang lumayan besar. Perlu diperhatikan, penentuan kapasitas virtual storage juga harus memperhatikan ukuran partisi yang tersisa dari Ubuntu Anda. Jangan melebihi ukuran partisi Ubuntu.

    Menentukan Kapasitas Virtual Storage

  8. Setelah itu akan tampil window summary yang menampilkan detail konfigurasi, lalu klik Create untuk membuat virtual machine.

    Membuat Virtual Machine

  9. Sampai tahap ini Anda sudah mempunyai komputer “baru” namun dalam versi virtual. Selanjutnya melakukan beberapa konfigurasi untuk virtual machine ini. Klik Setting pada toolbar untuk memulai konfigurasi.
  10. Untuk Display Setting, beri nilai untuk video memory sebanyak 64 – 128. Beri tanda centang pada Enable 2D Video Aceleration.

    Setting Display Memory

  11. Beranjak ke storage setting, di sana ada 2 jenis yaitu IDE Controller dan SATA Controller. IDE Controller masih menunjukkan status empty, lalu kita klik pada icon CD di kanan atas untuk memilih file image (.iso) dari Windows 7.
  12. Klik OK, lalu konfigurasi selesai dan Anda siap untuk melakukan instalasi.

    Tampilan Setup Storage

  13. Jalankan virtual machine dengan klik icon start, dan tunggu proses loading instalasi Windows 7 selesai. Begitu setup window dari Windows 7 keluar, lakukan instalasi Windows 7 seperti biasa. Prosesnya memang cukup berat karena semua hardware yang digunakan Windows 7 “numpang” dengan host atau komputer Ubuntu Anda. Maka untuk itu disarankan agar komputer host memiliki spesifikasi yang memadai agar kinerja komputer Anda terlampau berat.

    Menjalankan Virtual Machine

  14. Setelah semua proses instalasi Windows 7 selesai, Anda bisa menjalankan Windows 7 di dalam Ubuntu. Karena Windows 7 ini trial, jadi hanya bisa digunakan selama 30 hari saja.

    Install Windows Telah Berhasil

Selamat mencoba.

Tag: , ,

21 Comments

Leave Comment
  1. Kia says:

    Permisi
    apa saya boleh bertanya? apakah proses nya sama dengan menggunakan window 7 di dalam linux debian?
    terimakasih

  2. ozzit says:

    tanya,
    kalau windows 7 gak asli bisa gak ya?? hihi
    makasih..

    • Saatul Ihsan ihsan says:

      Bisa! Tapi saya sarankan untuk membeli lisensi dari Microsoft agar sistem operasi yang saudara @ozzit pakai legal, atau pakailah sistem operasi yang free seperti Linux, jika memang masih belum punya uang untuk membeli.

  3. kia says:

    okeeeee terimakasih

  4. Kia says:

    Oh ya kak mau tanya lagi,apa kita perlu memasukan dvd window 7 nya setelah proses tsbt?

  5. Respaty says:

    om numpang nanya nih kan saya udah install windows xp di virtual box nya nah saya mau install game online disitu nah pas mau di run malah ada tulisan “Sorry , This Application cannot under a virtual machine” itu gimana ya cara nya biar bisa gitu

    • Haqqi says:

      Ya berarti game-nya gak bisa jalan di virtual machine. Kenapa gak install dual-boot aja?

      • Respaty says:

        repot om saya searching ketemu nya malah buat si jendela doang

        • Saatul Ihsan Saatul Ihsan says:

          Yang di virtualbox tersebut kan Windows, sedangkan gamenya tidak suport untuk berjalan di virtual mesin. Karena menjalankan sistem operasi di virtual mesin seperti virtual box tidak akan sama seperti layaknya langsung ke mesin pc atau laptop. Karena virtual mesin umumnya hanya bisa menjalankan aplikasi dengan membutuhkan hardware minim, seperti penggunaan VGA, Memori dan lain-lain. Jalan satu-satunya adalah dengan dual boot. Atau apakah sudah pernah mencoba menjalankannya via wine ?

  6. RIZAL says:

    broo gmana crax bikin usb untuk install windows atau apa2 aj.>?

  7. tito says:

    bro, ane mau nanya nih !
    agar win 7 tidak trial gimana ya caranya ?
    makasih

  8. Reffruff says:

    Pak, kalo tuts untuk install photoshop di ubuntu ga ada yah?

  9. andrian says:

    kalau sudah di instal window 7 gk bisa di kembalikan seperti semula ya..
    trimakasih

  10. Jatra says:

    Gan, aq mau nanya.. Kalo Windows nya sdh terinstall di VB, trs bisa nggak kita nge-print pake printer yang belum support di Ubuntu? aq pake Epson L800, kan kalo di windows printernya jalan…

  11. Febri says:

    mau nanya mas bro, kalo di virtual machine bisa install aplikasi buat desain grafis ga ?? misal photosop atau coreldraw

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.