Kenapa Pakai Linux? [Opini]

Kenapa Pakai Linux? [Opini]

Kenapa Linux ? Jika Anda menanyakan pertanyaan seperti judul diatas, niscaya Anda akan mendapat jawaban yang beragam dari para pemakai Linux. Alasan setiap orang…

Kenapa Linux ?

Jika Anda menanyakan pertanyaan seperti judul diatas, niscaya Anda akan mendapat jawaban yang beragam dari para pemakai Linux. Alasan setiap orang berbeda dengan orang lainnya, hal ini bukan tanpa sebab. Banyak hal yang mengundang minat seseorang untuk menggunakan Linux. Tapi seperti yang kita ketahui selama ini, bahwa pengguna Linux sebagian berasal dari kalangan akademisi dan para praktisi IT. Dalam perkembangannya, Linux sudah mulai merambah ke pengguna biasa, namun angkanya masih tidak sebanding dengan jumlah dari kalangan praktisi atau secara umum orang-orang yang telah mengenal komputer lebih mendalam.

Anda boleh tidak sependapat dengan penulis, karena penulis tidak menyodorkan bukti index dari penelitian, namun setidaknya itulah yang dapat dilihat dari orang-orang di sekitar kita yang memakai Linux.
Linux free

Kode sumber terbuka, inilah yang ditawarkan Linux sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 oleh seorang mahasiswa bernama Linus Benedict Torvalds di Finlandia, namun tak disangka mendapat respon positif oleh orang-orang dari seluruh dunia.  Baiknya, respon orang-orang terhadap Linux bukan sekedar respon biasa, mereka ikut berkontribusi membuat Linux lebih baik dan lebih manusiawi seperti yang bisa kita lihat sekarang ini.

Kode sumber terbuka inilah yang membuat para akademisi tertarik untuk menggunakannya, karena memungkinkan mereka untuk mempelajari sistem operasi tersebut. Dengan lisensi GPL, bukan hanya membuat kaum akademisi tertarik tapi juga komunitas cyber lainnya.

Open Source

Kode sumber terbuka sudah cukup sebagai modal untuk menarik minat kaum akademisi dan praktisi IT untuk  menggunakan Linux. Tapi masalah terbesar adalah bagaimana menarik minat pengguna awam untuk menggunakan Linux ? Apakah cukup hanya dengan modal ketahanan Linux dengan virus ? Harga Linux yang murah, bahkan gratis ? penulis rasa modal tersebut belum cukup menarik bagi pengguna awam, sebab sebagian dari pengguna awam sangat percaya dengan anti virus, dan terbiasa menggunakan sistem operasi bajakan.

Antar Muka Yang Menarik ?

Antar muka yang menarik, katakan saja seperti Mac yang masih satu keluarga dengan Linux dari garis keturunan Unix! Ya, mungkin saat ini para pengembang Linux masih harus berpikir keras untuk menciptakan antar muka yang menarik minat pengguna awam untuk menggunakannya.

Ya, sekali lagi Anda boleh tidak sependapat dengan penulis, karena mungkin saja Anda akan menunjukkan saya antar muka yang menurut Anda sangat menarik seperti Unity, Gnome 3 dan lain-lain. Namun faktanya saat ini pengguna Linux masih jauh di bawah Mac dan Windows, dan ini tugas kita bersama untuk membuat Linux lebih dikenal di masyarakat.

Tag:

12 Comments

Leave Comment
  1. Kenapa saya pakai GNU/Linux?
    karena saya mencintai dunia open source, dunia kebebasan, dunia para hacker……..

  2. Saatul Ihsan ihsan says:

    @Akbar Bahaulloh Are you hacker ? Show me the code! :P

  3. Bacaan keren, thanks…
    Saya pengguna linux juga, maksudnya ada linux di boot menu PC saya :)

  4. dedy martadinata says:

    iseng aja, isi waktu luang :D

  5. Syakir_Salim says:

    saya tambahkan,, dengan kita menggunakan Linux maka kita telah menyelamatkan harga diri kita untuk tidak menjadi “Pencuri” (menggunakan OS bajakan). serta mengangkat “sebagian” harga diri bangsa indonesia, yg tidak lagi bergantung pada OS berbayar,, yang hampir setiap tahunnya bangsa Indonesia menggelontorkan milyaran rupiah kpd M*******t yg jauh disana :(

  6. gheumma says:

    bebas virus mas, ga perlu repot defrag/disk clean up juga. :)

  7. aqlus salimi says:

    setuju….. hidup opensource….. moga aja untuk kedepan opensource lebih diterapkan lagi didunia pendidikan dan tidak hanya terfokus pada pendidikan bidang IT saja…

  8. K says:

    Kenapa Pakai Linux? Karena saya bukan Hacker ataupun orang yg ahli programing.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.