Konfigurasi Modem Smartfren EC1260-2 pada Ubuntu 12.04

Konfigurasi Modem Smartfren EC1260-2 pada Ubuntu 12.04

Tutorial Information

ProgramLinux
Version12.04
DifficultyStandar
Estimated Time10 Menit

Modem Smartfren EC1260-2 pada Ubuntu 12.04 secara default belum bisa digunakan untuk menghubungkan ke internet. Oleh karena itu, perlu konfigurasi terlebih dahulu agar bisa…

Modem Smartfren EC1260-2 pada Ubuntu 12.04 secara default belum bisa digunakan untuk menghubungkan ke internet. Oleh karena itu, perlu konfigurasi terlebih dahulu agar bisa dihubungkan dengan laptop atau komputer untuk berselancar ke dunia maya. Anda bisa mengaplikasikannya pada distro Linux lain dengan menyesuaikan perintahnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini konfigurasi modem Smartfren EC1260-2 pada Ubuntu 12.04.

Konfigurasi modem Smartfren EC1260-2 pada Ubuntu 12.04

  1. Tancapkan modem Smartfren EC1260-2 pada komputer atau laptop Anda yang telah terpasang Ubuntu 12.04
  2. Buka aplikasi Terminal dengan cara menekan kombinasi tombol ALT + F2 selanjutnya ketikkan terminal. Berikutnya login sebagai root dengan perintah:
    sudo su

    Kemudian ketikkan perintah berikut:

    lsusb
    Perintah lsusb dan Hasil dari lsusb

    Perintah lsusb dan Hasil dari lsusb

    Perintah lsusb adalah untuk mengetahui Serial produk dan vendor dari Modem Smartfren EC1260-2. Hasil dari perintah lsusb saya adalah Bus 002 Device 003: ID 12d1:140c Huawei Technologies Co., Ltd. Dengan demikian, kode serial produk dan vendor adalah produk: 12d1 dan vendor: 140c.

  3. Untuk mengaktifkan modem Smartfren EC1260-2 pada Ubuntu 12.04, gunakan perintah berikut:
    modprobe usbserial vendor=12d1 product=140c
  4. Setelah semua proses telah selesai, maka Anda bisa menghubungkan laptop atau komputer kita ke internet. Cara yang paling mudah untuk menghubungkan laptop atau komputer ke internet menggunakan modem Smartfren EC1260-2 adalah menggunakan Network Connection.

Konfigurasi Koneksi Modem Smartfren EC1260-2 pada Linux

Berikut ini adalah cara membuat konfigurasi koneksi modem Smartfren EC1260-2 pada Linux melalui network connection:

  1. Klik pada ikon koneksi pada panel Ubuntu 12.04 yang anda gunakan, kemudian klik New Connection (CDMA). Setelah itu akan muncul jendela baru pembuatan koneksi baru pada Ubuntu 12.04. Klik Next untuk memulai pembuatan koneksi baru.
    Pembuatan koneksi baru

    Pembuatan koneksi baru

  2. Pilih negara Indonesia, kemudian klik Next.
    Memilih Negara

    Memilih Negara

  3. Pilih Provider SMART sebagai provider internet, kemudian klik Next.
    Mmemilih Provider Smart

    Mmemilih Provider Smart

  4. Setelah selesai, maka akan muncul informasi tentang konfigurasi koneksi yang telah anda buat. Klik Apply atau terapkan, maka akan muncul jendela baru yang berisi konfigurasi koneksi SMART. Secara default hanya berisi nomor dial, yaitu #777. Isi user dengan smart, serta passworddengan smart.
    Konfigurasi Koneksi Smart

    Konfigurasi Koneksi Smart

  5. Setelah selesai, simpan pengaturan koneksi SMART yang telah Anda buat. Untuk menghubungkannya, klik pada ikon Network Connection, kemudian pilih SMART Connection. Mudah bukan?

Penutup

Perkembangan teknologi saat ini seolah mewajibkan kita untuk bisa terhubung dengan dunia internet. Dengan mengaktifkan modem Smartfren EC1260-2 pada Linux, maka para pengguna Linux yang memiliki modem Smartfren EC1260-2 bisa berselancar di dunia internet menggunakan koneksi Smartfren.

Cara konfigurasi modem Smartfren EC1260-2 ini berlaku untuk hampir semua distro Linux yang telah mendukung modem 3G ataupun CDMA. Selain pada Ubuntu dan keturunannya, saya sendiri telah mencoba pada OpenSUSE 12.1. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tag: , , , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. jonah says:

    kalau saya diskonek kok mau dikonek lagi ya?

  2. danil says:

    apakah modem eksternal bisa dipakai di komputer PC?

  3. ichrome says:

    mas saya udah nyoba tutornya, tapi kok tetep gak bisa konek nih? padahal kalo di windows cepet banget konek dan sinyalnya juga lumayan bagus

  4. nur says:

    ada program dilinux yang bisa dibuat telp dan sms seperti software default smartfren diwindows…….

    untuk ngecek pulsa dan langgangan…………

  5. Imorph says:

    Kalau modem ec1260-2 saya langsung terdeteksi dan langsung konfigurasi. Tapi saya pernah pakai moble partner, bisa pakai browsing tapi nggak bisa buat apt (ubuntu software center). Caranya bisa terintegrasi ke sistem gimana yaa? mohon pencerahannya :D

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.