Kostumisasi Layout Shortcut Desktop Windows Menggunakan Fences

Kostumisasi Layout Shortcut Desktop Windows Menggunakan Fences

Shortcut icon pada desktop Windows bisa mempermudah akses pada suatu program tanpa harus repot untuk membuka start menu dan mencari program yang dimaksud. Untuk…

Shortcut icon pada desktop Windows bisa mempermudah akses pada suatu program tanpa harus repot untuk membuka start menu dan mencari program yang dimaksud. Untuk itu shortcut biasanya digunakan untuk program-program yang sering dipakai atau intensitas pemakaian tinggi, misalkan Ms. Office, Music Player, browser, data folder, dan lain sebagainya.

Terlalu banyak shortcut tentu mengganggu kenyamanan desktop karena dipenuhi icon dan bisa membuat pencarian shortcut terhambat. Ada sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk kostumisasi layout shortcut desktop berdasarkan fungsionalitasnya. Nama aplikasinya adalah Fences.Shortcut windows

Fences tersedia dalam versi free atau premium. Versi free bebas untuk diunduh namun dengan fitur terbatas, sedangkan untuk yang premium diharuskan membayar dan bisa mendapatkan seluruh fitur.  Adapun kedua versi tersebut bisa di temukan di alamat berikut: http://www.stardock.com/products/fences/purchase.asp  dan nanti link download akan dikirimkan melalui email kita.

Untuk instalasi cukup mudah, double klik pada file hasil download dan ikuti instruksinya. Setelah program terinstall, akan muncul welcome window Stardock Fences yang memberikan pilihan konfigurasi untuk most user dan advanced user.

shortcut windows
Tampilan awal Fences 

Sebagai awal kita bisa memilih yang most user. Akan muncul pilihan apakah kita menggunakan beberapa pasang fences atau full sort untuk shortcut. Jika ingin semua shortcut masuk layout fences, maka pilih bagian sort out my icons. Nanti secara otomatis shortcut akan mengelompok sesuai dengan fences yang ada. Anda bisa memindahkan shortcut dengan melakukan drag dari fence satu ke fence yang lain jika merasa penggolongan kurang pas. Begitu juga dengan ukuran fence, penyesuaian ukuran bisa dilakukan dengan resize menggunakan mouse.

Fences pada layout bisa dihapus jika kita merasa tidak memerlukannya. Caranya klik kanan pada salah satu fence yang akan dihapus, lalu pilih remove fences. Untuk merubah nama fence caranya klik kanan fence, lalu pilih rename fences. Setelah itu beri nama sesuai selera.

Dalam window konfigurasi, kita bisa mengatur jumlah fence, posisi layout, transparansi, hingga warna yang sesuai dengan keinginan kita. Di sana juga terdapat fitur take snapshot yang bisa melakukan snapshot desktop kita setelah melakukan kostumisasi.

Ada baiknya jika aplikasi ini berjalan di komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup baik mengingat aplikasi ini cukup memakan resource saat memuat desktop sehingga terasa menjadi lambat. Tapi tentu tidak menjadi masalah jika memiliki spesifikasi yang baik.

Tag: ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Rapper says:

    its great.. ! keren eee.. hoho..

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.