Kostumisasi Windows 7 dengan Mudah Menggunakan Ultimate Windows Costumizer

Kostumisasi Windows 7 dengan Mudah Menggunakan Ultimate Windows Costumizer

Tidak selamanya pengguna Windows itu puas dengan sistem operasi yang apa adanya. Biasanya kita akan mencari cara untuk mengutak atik Windows agar bisa lebih…

Tidak selamanya pengguna Windows itu puas dengan sistem operasi yang apa adanya. Biasanya kita akan mencari cara untuk mengutak atik Windows agar bisa lebih terasa personal atau berbeda dengan Windows pada umumnya. Kostumisasi Windows biasanya terdiri dari dua hal, yaitu kostumisasi sistem untuk mendapatkan performa terbaik dan kostumisasi UI untuk mempercantik penampilan serta meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya.

Masih ada banyak pengguna Windows yang bingung bagaimana melakukan kostumisasi khususnya untuk mempercantik sistem operasinya. Jangan khawatir, saat ini ada sebuah freeware menarik yang menawarkan banyak fitur kostumisasi Windows dengan hanya beberapa klik saja. Namanya adalah Ultimate Windows Costumizer. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh Ultimate Windows Costumizer?

Kostumisasi Explorer

Kostumisasi Explorer

Pada bagian ini Anda bisa melakukan beberapa kostumisasi pada Windows Explorer. Tanpa perlu repot-repot Anda bisa mengatur menu navigasi, thumbnail folder, thumbnail video, background folder, sampai auto-suggest untuk pencarian. Cobalah kostumisasi yang menurut Anda paling nyaman dan sesuai dengan selera Anda.

Kostumisasi Context Menus

Kostumisasi Context Menus

Pada bagian ini Anda bisa melakukan kostumisasi pada Context Menus. Menu-menu tersebut akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa saja menu yang bisa dikostumisasi. Fitur yang disediakan diantaranya mengubah icon menu, nama menu, hingga menambahkan menu baru.

Kostumisasi Libraries

Kostumisasi Libraries

Libraries merupakan fitur yang memudahkan Anda untuk mengakses folder atau direktori tertentu. Penggunaannya sudah pernah dibahas pada artikel cara manajemen data pada Windows beberapa waktu lalu. Nah, fitur Libraries pada Ultimate Windows Costumizer ini memudahkan Anda untuk mengatur library yang ada dari editing, menambah atau menghapus library, dan lainnya.

Kostumisasi Logon Screen

Kostumisasi Logon Screen

Bosan dengan logon screen Windows yang biasa-biasa saja? Gunakan fitur ini untuk membuat logon screen yang menarik sesuai selera Anda. Kostumisasinya lebih lengkap jika dibandingkan dengan fitur pengganti logon screen milik TuneUp Utilities sehingga ada lebih banyak pilihan kostumisasi yang tersedia.

Kostumisasi Start Orb

Kostumisasi Start Orb

Fitur ini adalah salah satu fitur yang menarik pada Ultimate Windows Costumizer. Dengan fitur ini Anda bisa merubah icon atau dikenal dengan Start Orb pada start menu. Biasanya membutuhkan aplikasi khusus untuk merubah Start Orb Windows, tapi dengan fitur ini Anda cukup menggunakan Ultimate Windows Costumizer saja.

Kostumisasi Taskbar

Kostumisasi Taskbar

Pada bagian ini, Anda bisa mendapatkan beberapa fungsi kostumisasi tambahan untuk Windows Taskbar. Kostumisasi taskbar button, ukuran thumbnail, thumbnail delay, dan taskbar opacity. Beberapa fungsi yang ditandai dengan bintang (* atau **) membutuhkan aplikasi ini untuk dijalankan pada saat startup atau berjalan pada background sistem.

Miscellaneous

Kostumisasi Miscellaneous

Bagian Miscellaneous menawarkan kostumisasi Windows seperti startup sound, Windows calendar, Dreamscene, dan lainnya.

Settings dan Extras

Settings dan Extras

Pada bagian ini ada beberapa pengaturan aplikasi termasuk pengecekan update dan error log. Bagian extra memiliki fitur untuk mengambil hak kepemilikan registry, restart explorer, screenshot, System file checker, dan beberapa hal yang berhubungan dengan kostumisasi sistem Windows itu sendiri.

Kostumisasi Windows Media Player

Kostumisasi Windows Media Player

Anda bisa melakukan kostumisasi pada Windows Media Player pada fitur ini seperti mengganti preset background, pengaturan taskbar mini player dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Windows Media Player.

Biasanya membutuhkan restart komputer atau logoff Windows terlebih dahulu setelah melakukan beberapa kostumisasi. Jangan lupa untuk melakukan backup sistem atau membuat Restore Point untuk mencegah kemungkinan kerusakan sistem. Aplikasi ini cocok untuk aplikasi kostumisasi Windows 7 dan kabarnya akan dikembangkan lagi untuk versi Windows 8. Ultimate Windows Costumizer bisa di unduh secara gratis di sini.

Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. pulsa murah says:

    artikel yang sangat bermanfaat

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.