Langkah Mudah Upload WordPress dari Localhost ke Hosting

Langkah Mudah Upload WordPress dari Localhost ke Hosting

Tutorial Information

ProgramWordPress, Search and Replace DB
Version3.0 (WP) & 2.1 (Search and Replace DB)
DifficultyStandar
Estimated Time30 menit

WordPress merupakan salah CMS (content management system) yang digunakan untuk mengatur sebuah website dengan mudah. Anda dapat melakukan pengubahan di localhost dan menguploadnya ke…

WordPress merupakan salah CMS (content management system) yang digunakan untuk mengatur sebuah website dengan mudah. Anda dapat melakukan pengubahan di localhost dan menguploadnya ke server hosting.

Pada tulisan kali ini penulis tidak menjelaskan bagaimana meng-install WordPress di server lokal anda, namun langkah setelah Anda mengkonfigurasi WordPress di lokal, yaitu meng-upload website Anda ke server hosting. Ada baiknya sebelum melakukan 12 langkah mudah meng-upload WordPress dari localhost ke hosting, cek kembali seluruh file WordPress lokal Anda serta akun hosting anda. Sehingga semuanya akan berjalan dengan lancar.

Sekarang mari kita mulai langkah-langkah uploadnya :

  1. Kompres seluruh folder WordPress yang sudah anda install pada localhost termasuk theme-nya ke dalam 1 file zip. Umumnya, jika Anda menggunakan XAMPP, maka folder tersebut terdapat pada “htdocs”. Sedangkan jika Anda menggunakan Apache biasanya terdapat pada folder “www”. File zip inilah yang nanti akan di-upload ke webserver.
    compress
  2. Export keseluruhan tabel database WordPress Anda menjadi satu file SQL. Simpan dengan nama terserah Anda. File ini juga akan di-upload ke webserver.
    export table wordpress
  3. Masuk ke Control Panel hosting dengan menggunakan username dan password sesuai dengan akun pada penyedia hosting Anda.
    cpanel
  4. Upload file zip ke webserver, di folder “public_html/” (default) atau ke folder lain jika Anda yang menggunakan sub-domain. Lalu extract file zip tersebut pada direktrori yang sama. Anda juga bisa melakukan langkah 1-4 dengan menggunakan fitur akses FTP.
    Public_html
  5. Sesuaikan konfigurasi pada file wp-config.php dengan setting database di hosting Anda. Contoh:
    • database: proyek1
    • username: webserver1
    • password : mysqlwebserver1
  6. Import sql wordpress ke webserver. Umumnya, Anda bisa menggunakan phpMyAdmin yang tersedia di hosting. Jangan lupa untuk memilih dahulu database yang akan digunakan untuk import.
    database
  7. Dengan demikian, seluruh file WordPress Anda telah di-upload. Namun website Anda hanya akan bekerja pada halaman index-nya. Bila Anda coba akses, maka Anda tidak akan bisa masuk ke halaman lainnya, atau bahkan gambar-gambar di website Anda tidak muncul. Hal ini terjadi karena WordPress Anda masih menggunakan “localhost” sebagai domain untuk di server Anda.
    Untuk mengatasi hal tersebut, download script dari http://interconnectit.com/products/search-and-replace-for-wordpress-databases/. Pada saat artikel ini ditulis, versi 2.1 dari Search and Replace DB merupakan versi stabilnya.
    Upload file ini lalu ekstrak filenya ke dalam direktori webserver Anda. Setelah itu, Anda bisa memanggil filenya dengan cara mengetikan url “www.domainkamu.com/searchreplacedb2.php” (atau nama lain yang Anda sesuaikan).
  8. Setelah Anda mengakses alamat file tersebut di web browser, Anda akan masuk di halaman awal, yang merupakan konfirmasi untuk memuat konfigurasi database sebelumnya. Script ini dapat mendeteksi secara otomatis konfigurasi WordPress Anda berdasarkan file wp-config.php yang Anda miliki.panggil-fungsi
  9. Secara default, detail database Anda meliputi server, nama database, username, password, dan tipe character sudah otomatis terisi. Anda bisa mengubahnya bila tidak sesuai.searchreplaced2-p2
  10. Di bagian selanjutnya, Anda akan menentukan tabel yang akan diubah. Penulis menganjurkan untuk mengubah semua tabel karena tabel di WordPress terhubung satu sama lain, kecuali Anda memang sudah benar benar memahami susunannya.Search-and-replace-DB-p3
  11. Masukkan kata yang akan Anda ubah. Dalam hal ini, Anda harus mengubah domain “localhost/wp” menjadi domain webserver Anda, misalkan: www.domainkamu.com.search-and-replacedb-p5
  12. Jika tidak ada masalah, maka Anda akan menerima pemberitahuan “completed”, beserta detail berapa banyak baris yang diubah oleh script ini. Selamat! Website berbasis WordPress milik Anda telah berhasil jalan pada webserver online!Search-and-replace-DB2

Penutup

Dapat Anda perhatikan bahwa fungsi utama dari script Search and Replace DB adalah mengkonfigurasi ulang data-data yang berhubungan langsung dengan database, mulai dari koneksi hingga keseluruhan teks untuk menghubungkan antar file. Misalkan data dari sebuah gambar Anda:

Ketika url masih lokal
localhost/[nama folder wp]/wp-includes/images/[file gambar]

Ketika url online harusnya menjadi
[domain anda]/wp-includes/images/[file gambar]

Sangat mudah dan praktis bukan? Script ini akan sangat membantu bagi anda yang belum terlalu paham hierarki tabel WordPress.

Tag: , , , , , ,

11 Comments

Leave Comment
  1. budi says:

    karya anda cukup berkwalitas terima kasih

  2. Aprilia says:

    Ms udah ikutin caranya tapi kok ga bisa masuk ke wp admin yaa

  3. agus says:

    gan ada tulisan :

    The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

    Please contact the server administrator, webmaster@kobaina.esy.es and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

    More information about this error may be available in the server error log.

    itu mesti di apaind?

  4. ujang says:

    setelah selesai semua, apakah script tadi bisa dibuang?

  5. agunk says:

    gan, saya sudah coba langkahnya, tapi kok website saya cuma keliatan textnya saja ya? tema dan gambar ga bisa ditampilkan trus link juga tidak berfungsi

  6. terimakasih sangat bermanfaat artikelnya

  7. adies says:

    terima kasih kebetulan saya mau pindah blog ke hosting, artikel ini cukup membantu saya gan

  8. Blog Kopinet says:

    oke gan, kita coba dulu moga gak error ne, sering error makanya bolak balik baca sana sini. By Blog Kopinet

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.