LinkedIn: Berjejaring secara Profesional

LinkedIn: Berjejaring secara Profesional

Linkedin adalah jejaring sosial yang lahir di New York pada tahun 2002. Jejaring sosial ini tidak bersifat personal, melainkan profesional, sehingga fungsi dan penggunaannya…

Linkedin adalah jejaring sosial yang lahir di New York pada tahun 2002. Jejaring sosial ini tidak bersifat personal, melainkan profesional, sehingga fungsi dan penggunaannya berbeda dari jejaring sosial kebanyakan. Untuk membuat akun di linkedin Anda diwajibkan berusia di atas 18 tahun dan hanya diperbolehkan memiliki satu akun.

Linked-in

Linkedin sendiri dewasa ini dimanfaatkan untuk berbagi ide, konsep, peluang bisnis, pekerjaan, ataupun karyawan lewat jaringan group yang terhubung satu sama lain. Disni Anda tidak akan menemukan hal bersifat personal seperti di Facebook, Twitter, maupun Foursquare, karena disini sifatnya profesional, Anda akan difasilitasi untuk ‘mempromosikan’ siapa diri Anda sebenarnya, dari lulusan universitas mana, dan akan mencari pekerjaan di perusahaan mana.

Selain adanya pengguna yang saling terhubung, adanya akun perusahaan dan group juga penting adanya di Linkedin. Mereka biasanya menyebarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan, berita terbaru mengenai perusahaan maupun pengumuman gathering. Setiap post di Linkedin memiliki fitur Like, Comment, Follow, dan lain-lain yang memudahkan pengguna berinteraksi secara personal maupun di group. Dalam hal group ini, pada dasarnya setiap pengguna diperbolehkan untuk membuat group, namun kedepannya jika konten dan hal-hal lain dari group tersebut dianggap membahayakan dapat sewaktu-waktu dihapus oleh Linkedin.

Linkedin sendiri dapat Anda integrasikan dengan Facebook dan Twitter, segala informasi yang kita post disini akan ter-posting di dua jejaring sosial tersebut. Bahkan Anda diperbolehkan untuk membuat akun di Linkedin menggunakan akun Facebook, bahkan hingga tahun 2012 ini ditemukan banyak pengguna Linkedin yang membuat akunnya melalui akun Facebook.

Sign Up Linkedin

Sign Up Linkedin

 

Hal menarik dari Linkedin yang tidak dapat Anda temukan di jejaring sosial lain adalah tersedianya fitur jobs yang memungkinkan Anda mencari pekerjaan yang diinginkan. Cukup ketikkan perkerjaan apa yang Anda inginkan maka Linkedin akan memberikan beberapa rekomendasi atau jika Anda ingin bekerja di suatu perusahaan ternama, cukup bergabung ke perusahaan tersebut dan tunggu kabar vacancy-nya disana.

 

Profile

Contoh Tampilan Profile pada Linkedin

Dengan adanya linkedin ini sebenarnya Anda diajarkan untuk berelasi secara profesional, dimana tidak akan ada foto atau tulisan nyeleneh yang mengotori home Anda. Kalau sudah begini Anda dapat benar-benar mempromosikan siapa sebenarnya diri Anda, apa saja keahlian yang Anda kuasai, dan jenis pekerjaan atau minat apa yang Anda inginkan.

Tag: , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Mas han says:

    Bisa gak mas di isi postingan blog apakah akan membahayakan blog tersebut.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.