Makin Mudah Membuat Pattern dengan Adobe Ilustrator

Makin Mudah Membuat Pattern dengan Adobe Ilustrator

Tutorial Information

ProgramAdobe Illustrator
VersionCS3
DifficultyPemula
Estimated Time10 menit

Anda ingin membuat pola gambar yang diulang-ulang? Adobe Illustrator telah memberi solusi tepat dan cepat yaitu Pattern. Pattern merupakan salah satu tool pada Adobe…

Anda ingin membuat pola gambar yang diulang-ulang? Adobe Illustrator telah memberi solusi tepat dan cepat yaitu Pattern. Pattern merupakan salah satu tool pada Adobe Illustrator yang menawarkan kemudahan dalam membuat pola gambar yang diulang-ulang untuk para Designer. Penggunaan Pattern sama seperti warna pada Swatches.

Pada kesempatan ini, Penulis akan mecontohkan cara-cara Membuat Pattern dengan motif Polcadot menggunakan Adobe Illustrator.

Mari buka program Adobe Illustrator yang telah Anda install di perangkat komputer atau laptop. Buat file baru dengan cara FileNew (Ctrl-N). Untuk ukuran Artboard pada Artikel kali ini adalah 100 X 100px, pilih RGB pada Color Mode (jika memang dibutuhkan untuk media cetak pilih CMYK pada color mode ).

BisaKomputer -1.new file

Sebelum membuat pola polcadot, diperlukan garis bantu atau Grid yang akan mempermudah pembuatan pola polcadot. Atur Gridline every pada EditPreferencesGuides & Grid menjadi 10 px. Lalu tampilkan Grid dengan cara ViewShow Grid (Ctrl + “) dan cetak Snap to Grid (Shift + Ctrl + “).

BisaKomputer - 2.grid

Setelah membuat Artboard baru, buatlah Persegi dengan ukuran 100 x 100 px dengan menggunakan Rectangle Tool sebagai background pattern polcadot yang akan dibuat. Dan tidak lupa juga memberi warna kepada persegi tersebut dengan cara double klik pada icon Fill lalu masukan kode warna ‘2bb673’ pada kolom # sehingga warna persegi tersebut menjadi hijau muda.

BisaKomputer - 3.shape

Untuk langkah keempat membuat lingkaran, dimana lingkaran tersebut merupakan item yang akan menjadi pattern polcadot. Lingkaran memiliki ukuran 40 x 40 px dengan warna putih bisa juga dengan cara mengisi kolom # seperti pada langkah ke dua dengan mengisikan kode ‘fffffff’ maka warna lingkaran tersebut akan berwarna putih. Lalu lingakaran tersebut drag hingga ke bagian tengah persegi.

BisaKomputer 4.shape ellipse

Setelah itu, copy lingkaran putih tersebut 4 kali tiap satu lingkaran drag ke setiap sudut persegi.

BisaKomputer - 5.copy

Tetap fokus pada 4 lingkaran pada tiap sudut persegi, pilih (select) semua objek kecuali lingkaran yang terletak ditengah persegi. Lalu buka menu Pathfinder dengan cara WindowPathfinder lalu pilih Divide untuk memotong bagian lingkaran diluar persegi.

BisaKomputer - 6divide

Setelah dipotong, saatnya menghapus bagian- bagian yang tidak diperlukan yaitu bagian lingkaran diluar persegi dengan cara select objek yang telah dipotong lalu klik kanan pilih Ungroup atau dengan cara ObjectUngroup (Ctrl + G) untuk memisahkan tiap bagian potongan sehingga mudah dalam menghapus bagian lingkaran diluar persegi.

BisaKomputer -7.ungroup

Setelah pola polcadot selesai, kini waktunya untuk membuat pattern. Pertama- tama pilih (select) semua gambar lalu ObjectPatternMake untuk menampilkan halaman pengaturan pattern. Selanjutnya beri nama pattern, tile type : Grid, beri tanda centang pada pilihan “Move Tile with Art”. Ubah ukuran Copies menjadi : 5 x 5, Setelah itu pada Swatches akan muncul pattern yang yang telah dibuat dan siap dipakai kapanpun.

BisaKomputer - 8.pattern

Ide lain ?

Tidak hanya pola polcadot yang bisa dibuat sebagai pola untuk pattern, tetapi berbagai macam pola maupun yang anda buat dengan kreativitas anda sendiri bisa menjadi pattern pada Adobe Illustrator. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya.

Tag: , , , , , ,

2 Comments

Leave Comment

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.