Manajemen Proses Windows 7 Menggunakan Process Hacker

Manajemen Proses Windows 7 Menggunakan Process Hacker

Task Manager pada Windows merupakan suatu fitur yang menunjukkan service dan aplikasi yang berjalan pada user. Selain itu juga menampilkan resource yang digunakan oleh…

Task Manager pada Windows merupakan suatu fitur yang menunjukkan service dan aplikasi yang berjalan pada user. Selain itu juga menampilkan resource yang digunakan oleh setiap service sehingga bisa Anda jadikan analisa jika ada suatu proses yang tidak berjalan dengan baik. Task Manager pada Windows bisa dijalankan melalui kombinasi Ctrl + Alt + Delete > Task Manager.

Tampilan Task Manager

Bisa dikatakan bahwa Task Manager berguna jika komputer sedang hang dan Anda ingin mematikan suatu proses atau aplikasi yang diduga menyebabkan hang tersebut. Tapi mungkin Task Manager tidak banyak menampilkan detail proses yang ada sehingga bisa menyulitkan menganalisis hubungan antara proses yang satu dengan yang lain. Untuk mengatasinya, ada sebuah aplikasi Process Hacker sebagai Task Manager yang komplit. Process Hacker menampilkan banyak detail proses yang berguna untuk analisa, serta banyak fitur pengelolaan proses dengan desain interface yang sederhana.

Fitur pada Process Hacker

Process Hacker merupakan aplikasi yang cukup kecil tapi memiliki fungsionalitas yang tinggi. Untuk mencobanya, Process Hacker bisa diunduh di http://sourceforge.net/projects/processhacker/ secara gratis. Pada Process Hacker terdapat beberapa tab yang terdiri dari Process, Services, dan Network. Tab tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengelola sebuah task berdasarkan kategori yang ada.

Tampilan Process Hacker

Apa saja kelebihan Process Hakcer dibandingkan Task Manager Windows biasa?

  1. Menampilkan proses dalam bentuk struktur tree sehingga Anda bisa mengetahui proses-proses yang saling berhubungan.
  2. Memberikan kontrol bagi user untuk mengelola seluruh service dan proses baik yang tersembunyi maupun tidak.
  3. Memberikan informasi jaringan secara lengkap melalui tab network.
  4. Memberikan fasilitas untuk injeksi DLL dan unloading.

Selain beberapa fitur di atas, Process Hacker juga bisa menampilkan statistik dari suatu program atau process. Caranya, klik kanan dari suatu proses lalu pilih Properties atau bisa juga dengan menekan tombol Enter.

Menampilkan Statistik dari Suatu Program

Akan muncul suatu window yang menampilkan detail informasi dari proses atau aplikasi terkait. Informasi tersebut tentang statistik, resource, modul, token, threads, dan performance. Dari sana Anda bisa mengetahui bagaimana aplikasi atau proses berjalan pada Windows, serta sebagai dasar untuk pengelolaan task atau proses terkait.

Tampilan Statistic

Process Hacker memiliki sebuah fasilitas bagi user untuk membuat sebuah service sendiri. Ini bisa berperan bagi user yang ingin melakukan modifikasi sistem itu sendiri. Untuk membuatnya bisa melalui menu Tools > Create Service. Karena memodifikasi sistem rentan dengan kerusakan jika terjadi kesalahan, maka untuk pengguna biasa tidak disarankan untuk melakukannya.

Manfaatkan Process hacker jika suatu saat Task Manager Windows mengalami masalah atau tidak bisa dibuka. Masih banyak fitur lainnya yang ada pada process hacker, silahkan untuk pembaca agar bisa bereksplorasi lebih jauh lagi. Semoga bermanfaat.

Referensi: http://www.theWindowsclub.com/process-hacker-task-management-tool-Windows

Tag: , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Aqli Syahbana says:

    Hampir serupa dengan freeware Process Explorer buatan Windows Sysinternals. Tautan: http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb896653

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.