Manfaatkan TeamViewer untuk Akses File Milik Anda Lewat Jaringan

Manfaatkan TeamViewer untuk Akses File Milik Anda Lewat Jaringan

Pernahkah Anda lupa untuk membawa sebuah file dari komputer Anda? Atau hari ini sedang tidak fit untuk pergi ke kantor untuk bekerja? Salah satu…

Pernahkah Anda lupa untuk membawa sebuah file dari komputer Anda? Atau hari ini sedang tidak fit untuk pergi ke kantor untuk bekerja? Salah satu solusi dari masalah-masalah tersebut adalah aplikasi yang bernama TeamViewer ini. Melalui tutorial ini, Penulis akan menuntun Anda untuk melakukan setup aplikasi TeamViewer hingga dapat digunakan untuk melakukan remote pada komputer lain.

Sebelum memulai tutorial penggunaan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut secara gratis pada situs resmi TeamViewer. Untuk mengunduhnya, klik tautan Download yang ada pada bagian kanan atas situs tersebut, dimana nantinya Anda akan dibawa menuju halaman yang berisi tautan unduhan.
BisaKomputer - Unduh TeamViewerSetelah proses pengunduhan selesai, jalankan executable file yang sudah selesai diunduh, maka akan muncul window baru seperti berikut:

BisaKomputer - Pasang TeamViewer

Pada gambar di atas, jika Anda ingin mengubah direktori instalasi program, harap centang kotak yang bertuliskan Show Advanced Setting. Beberapa pilihan metode instalasi dalam Advanced Setting disediakan, baik itu hanya menggunakan komputer Anda untuk instalasi biasa, unattended access (akan dijelaskan nanti), ataupun hanya untuk sekali pakai. Setelah Anda melakukan klik pada tombol acceptfinish, maka Anda hanya perlu menunggu hingga proses instalasi selesai.
BisaKomputer - Proses Pemasangan Team ViewerBegitu proses instalasi selesai, Anda bisa langsung melakukan klik dua kali pada shortcut untuk aplikasi TeamViewer, maka akan muncul tampilan awal dari aplikasi TeamViewer tersebut.
BisaKomputer - Tampilan TeamViewerHal yang pertama akan kita lakukan adalah melakukan pengaturan Unattended Access. Unattended Access adalah sebuah fitur dimana kita tidak perlu mencatat sandi yang terletak di bawah ID kita pada halaman awal dari aplikasi ini, karena dengan setup Unattended Access kita akan memberikan sandi khusus untuk komputer kita. Untuk melakukan hal ini, pertama kita gerakkan kursor ke arah connection, dan dari menu tersebut akan muncul sub menu bertuliskan setup Unattended Access.
BisaKomputer - Setting Unattended AccessSetelah Anda klik sub-menu untuk Setup Unattended Access, Anda akan diminta untuk menamai komputer Anda dan memberikan sandi pribadi seperti pada gambar di bawah ini:

BisaKomputer - Berikan Sandi

Saat Anda selesai memberikan sandi dan menekan tombol untuk melanjutkan, Anda akan diberikan beberapa pilihan seperti berikut:

BisaKomputer - Buat akun TeamViewerPenulis akan menyarankan Anda untuk membuat akun TeamViewer. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah Anda jika ada komputer lain yang ingin diakses secara remote, dimana komputer lain itu nanti bisa diakses melalui bagian computer & contacts yang terletak di samping window utama dari aplikasi TeamViewer. Meski begitu, Anda tidak harus membuat akun TeamViewer dan Anda hanya perlu mencatat ID komputer Anda dan mengingat password yang Anda telah berikan seperti pada gambar di bawah ini.
BisaKomputer - Tanpa akun Team ViewerJika Anda membuat akun, maka Anda bisa masuk ke akun Anda lewat window yang ada di samping halaman utama TeamViewer, dan setelahnya akan muncul daftar perangkat maupun komputer Anda di sana, dan klik 2 kali jika ingin melakukan akses pada salah satu ikon.
BisaKomputer - Sesudah masuk ke akunSebelum Anda memulai koneksi, jangan lupa pasangkan juga TeamViewer pada tempat Anda akan mengakses komputer Anda secara remote. Atau jika Anda terlalu malas untuk melakukan instalasi dari awal, Anda bisa juga menemukan TeamViewer Portable pada laman download di situs TeamViewer sendiri.
BisaKomputer - Team Viewer PortableSetelah Anda memulai koneksi, tampilan yang muncul adalah layar komputer Anda yang diakses secara remote. Saat Anda menekan salah satu tombol pada papan ketik Anda, biasanya akan muncul gambar seperti ini:
BisaKomputer - Send Key CombinationWindow pemberitahuan tersebut muncul untuk menanyakan Anda, apakah Anda ingin langsung mengirimkan ketikan Anda pada papan ketik langsung menuju komputer Anda. Ini berarti Anda bisa langsung mengerjakan apapun dari tempat Anda berada. Salah satu fitur dari TeamViewer adalah file transfer, yang sesuai namanya berguna untuk memindahkan atau menyalin berkas dari komputer yang diremote ke komputer Anda, dan sebaliknya. Untuk melakukan ini, cukup tekan menu yang ada bada bar di atas TeamViewer saat koneksi sedang berlangsung.
BisaKomputer - File TransferJika Anda memiliki perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS, Anda juga bisa melakukan akses secara remote dengan menggunakan gawai Anda. Untuk pengguna iOS, TeamViewer bisa diunduh melalui AppStore sementara pengguna Android bisa mengunduhnya melalui Google Play. Untuk cara penggunaannya sendiri, tidak jauh berbeda dengan tutorial yang telah Penulis tulis di atas. TeamViewer merupakan sebuah aplikasi yang gratis, selama hal tersebut tidak digunakan untuk kepentingan komersil seperti sudah dijelaskan pada saat awal instalasi. Karena itulah, penggunaan yang fair amat sangat disarankan.

 

Featured image diambil dari : http://tj-badar.deviantart.com/
Tag: , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. akhirnya nemu juga nih tentang aplikasi teamviewer…dari dulu pngn nyoba nih aplikasi tapi masih ragu karena blm berani utek2 sendiri..
    makasih bnyk gan..langsung tak coba dah teamviewernya :D

  2. Hmmm kalau aku lebih suka menggunakan Chrome Remote Desktop daripada Teamviewer, soalnya antarmuka penggunanya lebih sederhana dan lebih mudah dioperasikan, hasil gambar remotenya juga lebih jernih.

  3. frutab says:

    Ide yang sangat bagus nee…

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.