Manfaatkan Webmail atau Email Client untuk Mengakses Email Anda

Manfaatkan Webmail atau Email Client untuk Mengakses Email Anda

Hanya untuk sekedar menggunakan layanan email, Anda terkadang diharuskan untuk melakukan pilihan tepat. Salah satunya adalah adanya software pihak ketiga untuk email, yaitu email…

Hanya untuk sekedar menggunakan layanan email, Anda terkadang diharuskan untuk melakukan pilihan tepat. Salah satunya adalah adanya software pihak ketiga untuk email, yaitu email clients. Ada banyak varian dari email client, baik berbasis mobile atau hanya pada desktop komputer. Beberapa mungkin tidak mengharuskan Anda melakukan konfigurasi, misalnya saja Gmail Apps pada Android. Anda hanya tinggal memasukan username dan password, maka seluruh email Anda akan ditampilkan tanpa harus melakukan konfigurasi apapun. Sedangkan, Jika Anda menggunakan thunderbird pada desktop, tentu saja Anda akan direpotkan dengan sedikit konfigurasi.

Email Clients dan Webmail

Sebelum membicarakan masalah perbedaan protocol yang digunakan untuk aktifitas berkirim surat elektronik(e-mail), ada baiknya Anda mengetahui perbedaan dari webmail dan email clients. Secara mudah, Jika Anda membuka browser lalu mengakses gmail, hotmail atau penyedia layanan email lainnya, maka Anda sedang menggunakan webmail. Namun Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terinstall pada perangkat komputer Anda misalkan saja seperti microsoft outlook ataupun thunderbird maka Anda menggunakan email client.

Persamaan dari kedua perangkat tersebut adalah fungsi  utamanya, yaitu digunakan untuk saling berkirim ataupun menerima pesan. sedangkan perbedaan utama ada pada alur penggunaan. Ketika menggunakan webmail merupakan aplikasi yang dijalankan pada browser tanpa harus melakukan download aplikasi ataupun pihak ketiga penyedia layanan. Segala perkerjaan pada webmail dikerjakan di server, Anda hanya tinggal melakukan remote melalui internet pada email milik Anda. Sedangkan email clients merupakan aplikasi yang terinstall pada perangkat komputer Anda, bukan browser namun juga membutuhkan internet untuk melakukan interaksi dengan server layanan email, berupa download, mengirim email dan lain sebagainya.

Mencoba Email Client

Dari email client yang Ada, Penulis menggunakan thunderbird sebagai email client yang biasa digunakan dan gmail sebagai layanan email. menurut penulis,email client ini cukup powerfull. Selain memiliki fitur lintas platform, Mozilla thunderbird juga bisa digunakan sebagai email client untuk beberapa akun email yang Anda miliki.

untuk memulai mengaturnya Anda harus Masuk pada akun Google mail milik Anda, Pada setting pilih menu “Forwarding and POP/IMAP“. Pada bagian Menu “Akses IMAP“, centang pilihan “Aktifkan IMAP“. Lakukan “simpan perubahan

IMAP

Siapkan Mozilla thunderbird, jika Anda belum memilikinya Anda bisa men-downloadnya lewat situs resminya. Jika sudah terinstall, akses “Open Menu > preferences > Account settings“.

 

accountsettings

Pada Window ini Anda akan diminta untuk melakukan pengisian Nama, email Adress serta password, selanjutnya klik “continue”. Langkah selanjutnya kemudian akan Anda lalui dengan mudah. Ketika tampilan Anda berubah, maka Anda sudah berhasil

 

ThunderbirdBerhasil

Catatan: jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi pihak ketiga, Biasanya tidak bisa melakukan koneksi pada gmail. Hal ini karena Aplikasi terebut dianggap tidak aman, Anda bisa memperbaikinya dengan link yang dikirimkan oleh google pada Anda lewat email

Lalu Anda sebaiknya menggunakan yang mana? Penulis mencoba memberikan beberapa saran penggunaanya. Anda bisa saja menyesuaikan atau melakukan pilihan lain.
Kalaupun Anda menggunakan banyak perangkat ataupun beberapa perangkat lain untuk melakukan pengecekan email, ada baiknya Anda menggunakan protocol IMAP.
Protocol POP3 dapat Anda manfaatkan ketika kapasitas yang diberikan layanan email akan habis dan Anda membutuhkan dokumentasi dari semua email yang ada.
Protokol yang digunakan email sebenarnya tidak hanya ada 2 saja, beberapa lain dapat Anda temukan secara mudah di wikipedia. POP3 dan IMAP merupakan protokol yang populer serta sering digunakan. Kalaupun Anda memiliki pengalaman menggunakan protokol email lain, jangan ragu untuk berbagi lewat kolom komentar.

 

referensi

https://support.google.com/mail/answer/78754

https://support.google.com/mail/troubleshooter/1668960?rd=1

http://www.guidingtech.com/2219/set-up-gmail-in-thunderbird/

http://en.wikipedia.org/wiki/Category:Internet_mail_protocols

Tag: , , , , , , , , , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. saiful says:

    Hy. Nma saya saiful saya brasal dr aceh

  2. Promo spesial bulan suci ramadhan discount 20-50% untuk semua produk,& pembelian di atas 2 unit gratis satu unit samsung galaxy V, buruan stok terbatas
    Tersedia : Blackberry,Samsung,Sony xperia,iPhone,LG,Oppo,Asus,Apple iPad,Camera Nikon/Canon,Laptop,dll
    jika minat silahkan hubungi Pin BB kami : 2A492856
    Promo hanya khusus Berlaku selama bulan suci ramadhan…!!!
    Ayoo Buruuaaannnn Orrdeerrr..!!!

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.