MarkDown: Temukan Setiap Editor Pada Device Anda

MarkDown: Temukan Setiap Editor Pada Device Anda

Jika Anda pengguna git, mungkin Anda sudah tahu lewat mana memulai menulis menggunakan MarkDown. Dimana sebagian besar berbasis web dan online, Tetapi ternyata Anda…

Jika Anda pengguna git, mungkin Anda sudah tahu lewat mana memulai menulis menggunakan MarkDown. Dimana sebagian besar berbasis web dan online, Tetapi ternyata Anda bisa menggunakan aplikasi yang berbasis desktop maupun ekstensi web. Jika anda pengguna mobile, Anda pun bisa menggunakan Markdown sebagai pilihan untuk menunjang produktifitas blogging Anda.

Ekstensi browser

  • Textdown
    MinimalistJika terlalu sulit untuk meninggalkan browser, mungkin Anda perlu menggunakan Textdown. Dimana Anda bisa menulis di dalam tab browser Google Chrome. Instalasi yang cukup mudah, serta mampu digunakan dalam keadaan offline maupun online merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
    Aplikasi ini pun memiliki banyak keyboard shortcut untuk membantu mempercepat proses kerja menulis Anda. Jika Anda pengguna Windows atau Linux, gunakan CTRL + D untuk melihat keseluruhan shortcut keyboard.
  • Minimalist Markdown Editor
    MinimalisTools ini pun berkerja pada browser Chrome yang Anda gunakan. Hal yang berbeda adalah, belum ada shortcut keyboard yang bisa digunakan kecuali select all, sehingga tentunya anda harus menghafal cara penulisan dari syntax MarkDown. Selain itu, tools ini pun akan membuka window baru pada sistem operasi Anda. Tidak lagi menggunakan tab browser seperti Textdown.
    Namun, kelebihan Minimalist Text Editor adalah menggunakan tampilan yang bisa Anda atur. Anda bisa saja menulis dan melihat preview hasil tulisan Anda seketika.
  • MarkDown
    MArkdownTools yang ada pada Chrome ini juga menuntut Anda untuk memiliki pengetahuan sebelumnya tentang syntax MarkDown, karena tidak disediakan shortcut untuk menulis syntax. Sementara disisi lain, Anda disediakan fasilitas untuk melakukan upload langsung ke akun cloud storage yang Anda miliki. Fitur yang didukung untuk upload antara lain adalah Dropbox dan Google Drive.
    Tools ini tidak memiliki tombol close ataupun minimize, jadi jika Anda menginginkan untuk keluar dari aplikasi ini Anda harus menggunakan shortcut keyboard yaitu ALT+F4

Aplikasi windows

  • MarkdownPad2
    MP2Jika menginginkan editor MarkDown pada desktop, mungkin aplikasi ini bisa menjadi pilihan Anda. tersedia dalam pilihan free dan pro yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pada aplikasi ini diperuntukan juga beberapa shortcut keyboard yang membantu Anda meng-efisiensi waktu, sehingga penulisan yang Anda lakukan lebih cepat.
    Namun, jika Anda menggunakan low-hardware siap – siap saja ketika program crash atau pemrosesan ketika membuka lebih lama dari biasanya. Fitur sharing pun belum ada dalam aplikasi ini. Aplikasi ini bisa diinstall pada windows 7 dan windows 8
  • DownWrite
    MDownSalah satu dari aplikasi editor MarkDown pada Windows, sayangnya aplikasi ini hanya tersedia pada Windows 8. Anda harus melakukan upgrade dulu tentunya ketika ingin menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini menggunakan text dengan ukuran besar, tentunya akan memberikan kemudahan bagi Anda yang juga pemakai tablet ataupun layar sentuh.
    Fitur berbagi pun disediakan pada aplikasi ini, Sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan editing ataupun berbagi hasil yang telah Anda tulis.
    Fitur preview html tidak disediakan pada aplikasi ini, sehingga Anda harus melakukan konversi terlebih dahulu jika ingin melakukan post pada website Anda.
  • MDown
    MPDAnda bingung bagaimana template menulis content web, catatan, atau Readme? Mungkin tools ini adalah solusi bagi Anda. Beberapa dari template yang akan Anda gunakan disediakan pada aplikasi ini. Selain itu, shortcut keyboard seperti bold, italic, ataupun list juga disediakan pada aplikasi ini. Sayangnya, anda tidak akan bisa melihat preview HTML karena memang pada aplikasi ini, fitur tersebut tidak disediakan.

Aplikasi Android

  • LightPaper
    unnamed1Aplikasi yang dibanderol harga $2 atau sekitar Rp. 25.000, merupakan aplikasi yang cukup powerful. Dimana Anda bisa melakukan beberapa penulisan dokumen mulai dari blog content, artikel ataupun readme saja. Namun kekurangan yang ada pada aplikasi ini adalah tanpa menggunakan penyimpanan otomatis. Sehingga jika Anda tidak cermat untuk melakukan save document secara berkala, bisa saja anda kehilangan data. Namun disisi lain aplikasi ini sudah mampu terhubung dengan penyimpanan cloud yaitu Dropbox.
  • Draft
    unnamedLightpaper juga bukan satu satunya aplikasi yang ada di Android. Salah satu editor yang bisa Anda gunakan untuk meng-edit markdown adalah draft. Anda pun bisa melakukan share segala tulisan yang telah ditulis, karena draft menggunakan dropbox sebagai penyimpanan. Sayangnya tulisan yang anda buat tidak disimpan pada penyimpanan device Anda. sehingga Anda dapat melakukan pengubahan ketika hanya dalam keadaan online

Penutup

Penulis tidak memilih aplikasi terbaik, karena setiap aplikasi memiliki nilai lebih dan kurang masing masing. Anda pun bisa memilih aplikasi yang menurut anda cocok dengan kebutuhan. Jika anda menggunakan editor yang lain silahkan berbagi pada kolom komentar, selamat mencoba!

Tag: , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Emory says:

    ini tuh untuk ngedit HTML yah?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.