Markdown: Tingkatkan Produktifitas Blogging Tanpa Pengetahuan HTML

Markdown: Tingkatkan Produktifitas Blogging Tanpa Pengetahuan HTML

Anda seorang penulis content website? Atau seorang blogger? Bagi sebagian orang, menulis sekaligus mengatur tag html juga merupakan hal yang merepotkan. Belum lagi ketika…

Anda seorang penulis content website? Atau seorang blogger? Bagi sebagian orang, menulis sekaligus mengatur tag html juga merupakan hal yang merepotkan. Belum lagi ketika harus menambah gambar ataupun link. Markdown bisa jadi salah satu alternatif Anda untuk meningkatkan efisiensi waktu anda dalam blogging. Markdown sebenarnya merupakan bahasa pemrograman yang mampu memformat tulisan dengan cepat.

Mulai Menulis dengan Markdown

  • Header
    Anda bisa menulis header dengan menggunakan tag # di awal kalimat. Semisal Anda ingin menuliskan h1, maka awali kalimat anda dengan menggunakan # satu kali. Dan berlaku seterusnya untuk header selanjutnya
    Heading
  • Bold dan Italic
    untuk menggunakan bold anda bisa mulai dengan menuliskan karakter ** sebelum kata yang akan Anda cetak tebal, misalkan bold. Sedangkan untuk menggunakan teks miring, gunakan karakter * sebelum kata yang dicetak miring. Seperti contoh italic
    boldanditalic
  • List
    Terdapat dua tipe list : ordered list dan unordered list
    Untuk menggunakan fitur ordered list, Anda bisa dengan mulai mengetikan angka misalnya :
    Dan tekan enter, maka anda akan melihat secara otomatis angka yang sudah terstruktur.
    sedangkan untuk menggunakan unordered list, Anda bisa mulai dengan menuliskan tanda asteriks ataupun garis sebagai awalan.
    List
  • Blockquotes
    Anda bisa menuliskan blockquotes dengan mudah, hanya dengan menambahkan ‘>’ pada awal kalimat yang akan anda jadikan sebagai quote.
    quotes
  • Link
    Penanganan link pun juga cukup sederhana, hanya dengan menambahkan tanda “<>” didepan link yang akan anda gunakan. Baik link berupa email ataupun link berupa alamat website.
    link
  • Gambar
    Semisal penulis mengambil gambar dari salah satu website. Maka yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan copy paste link gambar. Sedang untuk menambahkan tag pada editor, Anda bisa mulai menambahkan syntax pada awal gambar berupa karakter “![]”
    gambar

Menggunakan MultiMarkdown

Setelah membaca bagaimana cara menggunakan markdown, Anda pun juga bisa menggunakan salah satu fitur lain dari markdown. Yaitu MultiMarkdown. Multimarkdown merupakan salah satu fitur yang hannya khusus untuk penulisan blogging atau penulisan akademik.
Beberapa syntax yang bisa anda gunakan antara lain adalah:

  • Strikethrough
    Merupakan penambahan garis pada kata. Untuk menggunakan fungsi markdown Anda bisa mulai dengan menambahkan karakter ~ pada awal kata.
  • Footnotes
    Biasanya footnotes digunakan pada paper akademis, namun terkadang juga menjadi sesuatu penting ketika menulis dokumen. Untuk membuat footnote, Anda bisa mulai dengan menambahkan karakter [^angka] pada akhir paragraf atau akhir kalimat.sedangkan untuk menulis footnote anda tinggal menuliskan rujukan dibawahnya.
  • Tabel
    Meskipun tidak terlalu baik dalam menghandle table, namun tampilan yang didapat sudah cukup untuk dipresentasikan. Mulai lah membuat tabel dengan mengetikan judul dari tabel dan memisahkan tiap kolom dengan menggunakan karakter “|”. Untuk membedakan header tabel dan isi tabel buatlah garis dibawah header tabel Anda, tentunya dengan pemisah mengikuti headernya.

Penutup

Kini Anda dapat menulis content ataupun melakukan blogging dengan lebih mudah tanpa harus repot mengatur tag html. anda pun dapat dengan mudah menggunakan editor markdown yang tersedia pada berbagai platform.

Tag: ,

2 Comments

Leave Comment

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.