Martview E-book Reader Keren buat Pecinta Buku

Martview E-book Reader Keren buat Pecinta Buku

Berkembangnya teknologi kian membawa kita ke era digital. Hampir semua lini teknologi merupakan implementasi dunia digital. Foto-foto sudah banyak beredar dalam bentuk digital. Dokumen-dokumen…

Berkembangnya teknologi kian membawa kita ke era digital. Hampir semua lini teknologi merupakan implementasi dunia digital. Foto-foto sudah banyak beredar dalam bentuk digital. Dokumen-dokumen penting disimpan dalam bentuk file digital. Buku-buku mulai banyak dikonversi menjadi digital dalam bentuk e-book. Bahkan informasi pun beredar dalam bentuk digital melalui internet.

tampilan awal martview
Tampilan Awal Martview

Bagi Anda yang mempunya koleksi e-book, mungkin akan bosan jika membaca melalui aplikasi pembaca dokumen biasa karena kurang interaktif. Nah, saat ini ada sebuah aplikasi e-book reader bernama Martview yang memberikan solusi untuk media membaca e-book yang interaktif dan menarik.

Download dan Instalasi

Homepage Martview bisa dikunjungi di http://www.martview.com/. Di sana Anda bisa menemukan informasi tentang Martview dari pustaka e-book hingga link download. Untuk link download ada di http://download.cnet.com/MartView/3000-20412_4-75011501.html?part=dl-10060526&subj=dl&tag=button. Instalasinya membutuhkan Java Runtime, oleh karena itu agar lebih mudah pastikan komputer terhubung dengan internet karena nanti saat proses instalasi, akan secara otomatis mengunduh Java Runtime itu sendiri. Begitu instalasi selesai, aplikasi Martview akan secara otomatis berjalan.

tampilan martview
Download Martview

Fasilitas yang diberikan Martview

Martview membuat Anda seakan-akan membaca buku. E-book ditampilkan sedemikian rupa agar nampak seperti buku dan Anda bisa membalikkan halaman-halamannya seolah membalikkan halaman buku tapi dalam Martview kita menggunakan mouse. Membalik halaman ini disebut dengan istilah “flip

tampilan flip martview
Tampilan Mode Flip

Tak hanya mode flip, berpindah halaman buku juga bisa menggunakan mode “slide” atau menggeser halaman. Mode slide ini ada dua jenis yaitu vertikal dan horizontal. Adanya mode yang bermacam-macam ini menjaga mood kita agar tidak bosan dengan interaksi membaca e-book yang itu-itu saja sekaligus menambah user experience terhadap aplikasi ini.

tampilan slide
Tampilan Mode Slide

Ingin melompat ke halaman tertentu atau ingin menampilkan seluruh halaman e-book sebagai thumbnail? Fitur itu sudah ada dengan memanfaatkan menu thumbnail pada panel yang tersedia di atas. Dengan begitu akan menghemat waktu untuk mencari halaman yang Anda tuju.

tampilan thumbnail pada Martview
Tampilan Thumbnail pada Martview

Martview menyediakan fitur download e-book dari pustaka yang telah disediakan di http://www.martview.com/list_book.php dan ada juga fitur untuk mengunggah e-book yang telah Anda buat sebelumnya. Memang Martview menyediakan fitur bagi Anda yang ingin membuat e-book  sendiri lalu mengunggahnya ke pustaka agar bisa dibaca oleh seluruh orang di dunia.

Create Ebook
Tampilan Create Ebook Progress

Cara membuka e-book menggunakan Martview

Gunakan fitur Bookshelf yang tersedia di panel atas, lalu pilih menu open untuk membuka e-book yang Anda inginkan. Secara default, Martview memiliki ekstensi .mart sebagai e-book namun file pdf pun bisa dibaca. Bisa juga melakukan konversi dari file pdf  ke file mart untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Cara lain untuk membuka e-book menggunakan Martview adalah klik kanan file > open with > Martview. Nanti secara otomatis akan langsung terbuka menggunakan aplikasi Martview.

open martview
Membuka e-book menggunakan Martview
Tag: , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Wahh, baru tau ada software kayak gini. Biasanya saya kalo mau buat ebook yang interaktiv kayak gini harus pake Action Script. Mau coba, numpang download yah mas. Terima kasih atas infonya.

  2. Printer WiFi says:

    bagus aplikasinya, tapi klo saya masih lebih nyaman baca buku yg fisik aja daripada di gadget :)

  3. Tom Marvolo says:

    Mau tanya, saya sudah download martview, tapi pas dibuka ada tulisan “64-bit operating systems are not supported”. Itu kenapa ya? Mohon bantuannya

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.