Melindungi Buah Hati Dengan Parental Control Pada Windows 7

Melindungi Buah Hati Dengan Parental Control Pada Windows 7

Sebuah PC dalam sebuah keluarga tentu bisa menjadi sarana pendidikan sekaligus hiburan tersendiri. Aspek pendidikan dalam mengenalkan anak terhadap teknologi, dan aspek hiburan karena…

Sebuah PC dalam sebuah keluarga tentu bisa menjadi sarana pendidikan sekaligus hiburan tersendiri. Aspek pendidikan dalam mengenalkan anak terhadap teknologi, dan aspek hiburan karena PC bisa digunakan sebagai pemutar film, musik, dan berinternet. Agar nyaman, ada baiknya jika setiap anggota keluarga diberikan akun tersendiri agar kontrol terhadap PC pun terjaga. Pembagian akun pun belum cukup jika kita tidak memberikan sebuah parental control terhadap anak-anak agar mereka tidak sembarangan dalam menggunakan komputer. Tentu kita tidak ingin anak-anak menggunakan komputer pada jam belajarnya atau bermain game yang tidak sesuai umurnya.

Untuk pengguna Windows 7 ada fitur parental control yang bisa digunakan untuk melindungi anak-anak dari penggunaan komputer yang tidak benar. Pengaturan parental control ini bisa kita temukan di Control Panel > User accounts > Parental Control. Di sana akan muncul daftar akun yang ada pada Windows dan pilihlah akun yang akan kita beri parental control.

setup-parental-control

Misalkan akun kid pada gambar di atas akan kita beri parental control. Akun tersebut harus berjenis standard user dan untuk akun Administrator harus diproteksi dengan password terlebih dahulu. Setelah memilih akun, akan muncul window parental control options sebagai pengaturan parental control terhadap akun. Di sana kita bisa menentukan pembatasan waktu penggunaan, pengaturan game yang diijinkan, dan aplikasi-aplikasi yang diijinkan oleh administrator.

parental-control-options

Penentuan Time Limits

Penggunaan komputer untuk anak bisa kita tentukan jadwalnya agar anak menggunakan komputer pada waktu yang tidak mengganggu jadwal belajar atau beristirahatnya. Klik bagian Time limits pada parental control options untuk memulai mengatur jadwal.

time-limit

Lakukan klik atau drag pada kotak-kotak yang tersedia untuk menentukan jadwal penggunaan komputer. Blok berwarna putih artinya penggunaan komputer diijinkan sedangkan blok berwarna biru tidak. Sesuaikan dengan jadwal anak dan kebijakan keluarga.

Kontrol Game yang Dimainkan

Bagi anak permainan atau game komputer merupakan hal yang menyenangkan, dan bisa jadi aplikasi favorit bagi mereka. Mungkin kita tidak selamanya bisa mengontrol apa yang dimainkan anak karena adanya kesibukan, tapi kita tentu tidak mau jika anak di bawah umur bermain game yang penuh dengan kekerasan, pornografi, dan lainnya. Pengaturannya ada pada bagian Games pada parental control.

game-rating

Game biasanya memiliki rating berdasarkan kelayakan umur terhadap apa yang dimainkan. Kita bisa menentukan batasan rating game berdasarkan umur anak. Misalkan dengan menentukan rating TEEN sebagai batasan game yang diinginkan, berarti seluruh rating di bawah TEEN bisa dimainkan oleh anak. Namun jika kita khawatir game itu belum memiliki rating, kita bisa memilih Block games with no rating di bagian atas.

Selain itu ada juga batasan game berdasarkan konten yang ditampilkan, misalkan unsur tembakau/rokok, dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan di bawah bagian rating game.

Pengaturan Aplikasi yang Diijinkan atau Tidak

Bisa jadi di dalam komputer terdapat program atau aplikasi yang sebaiknya tidak digunakan anak kecil untuk alasan tertentu. Selain untuk keamanan, ditakutkan juga dapat merusak sistem jika tidak digunakan secara hati-hati. Pilih bagian Allows and block spesific programs > kid can only use the programs I allow.

program-control

Beri tanda centang pada program-program yang bisa digunakan oleh sang anak. Sebaiknya program-program yang berhubungan dengan sistem tidak diijinkan demi keamanan.

Proteksi Internet.

Sayangnya di Windows 7 tidak ada bagian proteksi internet pada parental control. Internet sebagai salah satu media pendidikan teknologi tentu baik jika digunakan anak selama dalam taraf yang baik. Agar orang tua tidak khawatir anaknya akan membuka situs-situs yang tidak baik, salah satu caranya adalah menggantikan DNS ke DNS NAWALA. Nawala merupakan layanan internet sehat yang melakukan blocking terhadap situs-situs yang tidak baik. Untuk lebih jelasnya bisa dikunjungi di  HYPERLINK “http://www.nawala.org/”www.nawala.org.

Untuk mengganti DNS, bisa melalui Control panel > Network and sharing center > Change adapter setting. Di sana ada daftar jenis-jenis adapter jaringan baik untuk LAN atau Wireless. Klik kanan adapter yang digunakan untuk koneksi Internet, lalu pilih properties.

adapter-properties

Pilih bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu klik properties. Pada bagian DNS, isilah alamat DNS Nawala yang bisa kita temukan pada website Nawala. Alamatnya adalah:

180.131.144.144 dan 180.131.145.145.

dns-server-control

Klik OK.

Budayakan berteknologi komputer secara sehat kepada buah hati agar anak bisa menggunakan komputer dengan bijak. Dan jangan lupa juga ajarkan anak bagaimana menghemat energi dalam penggunaan komputer sebagai bentuk perduli lingkungan hidup.

Tag: , , ,

7 Comments

Leave Comment
  1. asrul says:

    Artikel2nya menarik dan sangat bermanfaat. saya copy artikelnya mas… terima kasih.

  2. berbol says:

    tipsnya bagus banget :)
    terima kasih ya,,,

  3. bun says:

    artikel yg menarik mas, terima kasih informasinya

  4. saiful says:

    baik..artikel yg bermanfaat

  5. neli says:

    minta ijin copas buat sharing ke yang lain, mas. terima kasih

  6. tommy says:

    bro kok komputer saya ga ada parental control yah?
    bagaiamana caranya agar ada parental control nya thx

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.