Memahami Teknik Shaping pada CorelDraw

Memahami Teknik Shaping pada CorelDraw

Teknik Shaping pada CorelDraw merupakan teknik pembentukan sebuah bangun dengan menggabung,memotong, serta membuat irisan pada 2 bangun atau lebih. Teknik ini merupakan salah satu…

Teknik Shaping pada CorelDraw merupakan teknik pembentukan sebuah bangun dengan menggabung,memotong, serta membuat irisan pada 2 bangun atau lebih. Teknik ini merupakan salah satu teknik dasar yang perlu dipahami di awal sebelum Anda menciptakan sebuah desain.

Ada beberapa operasi objek dari teknik ini, yang sistem kerjanya hampir sama dengan operasi himpunan dan semesta yang ada dalam matematika (gabungan, irisan, dll). Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front, dan Create New Objek inilah operasi objek yang merupakan Teknik Shaping. Masing-masing mempunyai ciri khas dan hasil objek yang berbeda.

Untuk lebih mengenal dan memahami teknik Shaping pada CorelDraw, silahkan lihat tutorial berikut.

  1. Pertama buat 2 objek persegi dengan menggunakan Rectangle tool. Tekan Ctrl lalu klik dan drag objek untuk menciptakan persegi sempurna. Serta jangan lupa beri warna yang berbeda pada 2 persegi tersebut, misalnya merah dan abu-abu.

    Pembuatan objek persegi

  2. Taruh persegi abu-abu di pojok kanan bawah persegi merah. Agar tepat di pojok, klik center persegi abu-abu dan drag pada node di pojok kanan bawah persegi merah.

    Penempatan Persegi

  3. Kemudian seleksi keduanya, dengan menekan tombol Shift dan klik kedua objek tersebut. Lihat perubahan pada property bar, tool untuk melakukan shaping akan keluar dan Anda siap melakukan teknik shaping.

    Tampilan perubahan property

  4. Coba satu persatu untuk tool shaping tersebut. Dan lihat hasilnya.

    Hasil Teknik Shaping

 

Penjelasan :

Weld berfungsi untuk menggabungkan dua objek atau lebih dan warna hasil penggabungannya akan sesuai dengan warna objek yang terpilih. Pada contoh tutorial di sini (langkah 3), persegi merah di pilih terakhir setelah abu-abu.

Trim berfungsi memangkas atau memotong  objek dengan objek lain. Objek yang pertama kali dipilih akan menjadi pemotong.

Intersect merupakan pembuat irisan dari objek yang bertumpuk. Hasil irisan tersebut merupakan bagian dari objek satu dan yang lainnya.

Simplify hampir mirip dengan Trim, namun Simplify dapat digunakan dengan banyak objek.

Front Front Minus Back dari namanya sudah dapat terlihat kegunaannya. Objek yang berada di bawah akan mengurangi objek di atasnya dan objek bawah akan hilang.

Back Minus Front kebalikan dari front minus back dan yang hilang adalah objek atas.

Create new objek… sama akan halnya weld namun di sini dua objek yang digabungkan tidak hilang, hanya akan membentuk objek baru dan tanpa warna.

Tag: , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Ahyar rosidi says:

    Mantap brow, terimakasih….. :)

  2. Mun takoh says:

    thank gan infonya, sangat membantu

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.