Memanfaatkan Foursquare sebagai Media Promosi

Memanfaatkan Foursquare sebagai Media Promosi

Saat ini tidak hanya Facebook, Twitter, ataupun Blog saja yang digunakan masyarakat sebagai media promosi, namun ada satu lagi jejaring sosial yang bisa Anda…

Saat ini tidak hanya Facebook, Twitter, ataupun Blog saja yang digunakan masyarakat sebagai media promosi, namun ada satu lagi jejaring sosial yang bisa Anda gunakan sebagai media promosi yaitu Foursquare. Dengan jejaring sosial berbasis lokasi ini Anda dapat menyebarkan berita gembira tentang restoran atau bengkel baru Anda ke teman-teman. Hal ini pun dipermudah dengan dimunculkannya alamat lengkap dari tempat usaha baru Anda tersebut, sehingga orang lain mudah menemukan venue baru Anda tersebut.

Tips Promosi di Foursquare

Secara sederhana Anda hanya perlu membuat venue baru di Foursquare, mengklaimnya sebagai milik Anda, lalu ajak teman-teman untuk datang berkunjung dan pinta mereka melakukan Check-in di venue Anda tersebut. Semakin banyak teman yang datang dan melakukan Check-in maka informasi mengenai venue baru Anda akan semakin tersebar. Belum lagi jika ternyata beberapa pengguna tersebut melakukan pengaturan autotweet ke Twitter dan autopost ke Facebook.

Setelahnya minta teman Anda mengunggah beberapa foto menarik tentang venue Anda dari beberapa sisi. Jika Anda pemilik restoran, silahkan unggah foto menu makanan dan minuman yang Anda sediakan, kenyamanan tempat, kerapian pegawai, maupun fasilitas menarik lainnya.  Selain itu pinta teman-teman Anda untuk menuliskan review singkat tentang restoran Anda tersebut. Dengan begitu pembaca akan merasa penasaran dan berkunjung ke venue Anda.

Salah satu contoh promosi lewat Foursquare ini dapat dilihat dari venue Excelso Café.

Excelso Cafe

Contoh Promosi di Foursquare

Sebuah cabang dari café ini mampu melakukan promosi lewat Foursquare dengan baik, bisa dilihat dari total pengunjung dan Check-in, beberapa foto yang diunggah, dan komentar pengunjung yang tertera. Jika ternyata Anda ingin mencari cabang lain dari café ini, maka Foursquare menyediakan alamat café lain di sebelah kanan halaman. Selain itu Foursquare juga menampilkan beberapa Tempat Serupa yang juga dapat Anda kunjungi di lain waktu.

Bila mengikuti gaya hidup masyarakat sekarang, dengan gencarnya promosi berbasis lokasi, Anda dapat menarik suatu komunitas untuk berkumpul di venue Anda secara rutin. Sebut saja komunitas Foursquare Indonesia yang beberapa waktu lalu menyebarkan kabar perlombaan Excelso Coffee Mayorship. Disini peserta diminta untuk melakukan Check-in dalam jumlah banyak agar menjadi mayorship di salah satu dari empat cabang Excelso Café.

Admin akan menuliskan Excelso Café mana saja yang masuk dalam hitungan sekaligus mencantumkan link venue agar peseta mudah melakukan Check-in. Selain adanya bon pembelian sebagai bukti Check-in, peserta juga diminta meninggalkan Shout dan Tips tentang Excelso Café. Nantinya peserta yang menjadi mayor akan mendapatkan hadiah menarik berupa gadget teranyar.

Menarik bukan? Dengan cara ini secara otomatis venue Anda akan dikunjungi oleh banyak pelanggan karena tersebarnya infomasi secara cepat.

Tag: , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Cukup rasanya 4 tahun negara asing membaca peluang bisnis yang besar di Indonesia, kapan Kopi Indonesia menjadi raja sumber alam yang dapat menopang hidup banyak orang di era persaingan Ekonomi ASEAN ini

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.