Mematikan Building Font Cache VLC

Mematikan Building Font Cache VLC

VLC merupakan salah satu aplikasi media player favorit. Desain yang minimalis, serta sudah didukung banyak codec multimedia, tentunya akan membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya….

VLC merupakan salah satu aplikasi media player favorit. Desain yang minimalis, serta sudah didukung banyak codec multimedia, tentunya akan membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Namun, ketika menggunakan VLC, terkadang kita merasa terganggu dengan notifikasi “Building font cache” karena diharuskan untuk menunggu beberapa detik, bahkan tidak jarang sampai lebih dari satu menit. Namun, kita bisa mematikan notifikasi ”Building font cache” tersebut dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi VLC dari launchpad.
  2. Klik menu Preferences seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

    preferences-vlc

  3. Klik tombol Show All untuk melihat semua opsi yang akan kita atur

    show-all-vlc

  4. Setelah semua opsi pengaturan muncul, sekarang klik Video > Subtitles/OSD. Pada menu sebelah kanan terdapat menu Text Rendering Module dengan beberapa pilihan, tapi yang kita perlukan hanya ‘Dummy font renderer’  untuk mematikan “Building font cache”.

    vlc-finish

  5. Jangan lupa klik Save untuk menyimpan apa yang telah kita kerjakan tadi.
  6. Untuk memastikan notifikasi tersebut tidak muncul lagi, maka silahkan mainkan sebuah film dengan VLC.

Kesimpulan

Selama menggunakan VLC mulai dari versi 1.0.1 sampai dengan versi yang terbaru saat ini yaitu 2.0.1, notifikasi “building font cache” tersebut tidak pernah hilang. Jadi, untuk mempertahankan kenyamanan saat menggunakan VLC sebagai media player utama kita, langkah-langkah diatas sangat diperlukan. Selamat mencoba :)

Tag: , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. Oh gitu ya gan, thanks ya gan :)

  2. fakhri says:

    ada efek sampingnya ngk gan?

  3. HADI says:

    gan kalau nyari vlc yg di buka dari launchpad ada dmn?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.