Mematikan Notification Update pada Ubuntu

Mematikan Notification Update pada Ubuntu

Pernahkah Anda bosan atau jengkel setiap kali pemberitahuan untuk memperbaharui aplikasi ataupun sistem operasi dari Distribusi GNU Linux Ubuntu Anda! Jika ya maka Anda…

Pernahkah Anda bosan atau jengkel setiap kali pemberitahuan untuk memperbaharui aplikasi ataupun sistem operasi dari Distribusi GNU Linux Ubuntu Anda! Jika ya maka Anda bukanlah orang satu-satunya yang merasakan hal tersebut, karena penulis pun sering jengkel dengan pemberitahuan tersebut.

Seringkali penulis menghapus alamat repository dari Ubuntu agar pemberitahuan itu tidak muncul kembali. Namun penulis menyadari bahwa dengan menghapus alamat repositori tersebut bukanlah langkah yang tepat, karena dari program Update Manager, Ubuntu telah menyediakan pilihan untuk menonaktifkannya. Apa saja pilihan tersebut?

Langkah 1

Untuk mematikan Notification Update terlebih dahulu buka aplikasi Update Manager. Jika Anda kebingungan untuk mencarinya lewat menu, Anda bisa langsung mengetik “update-manager”di kolom search dari dashboard Anda, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

dashboard ubuntu

Langkah 2

Setelah aplikasi Update Manager terbuka maka arahkan kursor Anda ke menu Update kemudian Anda akan melihat beberapa pilihan yang dicentang seperti terlihat pada gambar dibawah ini, hilangkan semua centangan tersebut, kemudian pilih pada menu “Automatically check for update” Never dan selebihnya ikut seperti yang terdapat pada gambar dibawah.

update manager

Langkah 3

Cara lain agar tidak muncul adalah dengan menghapus aplikasi Update-Manager dengan perintah

sudo apt-get autoremove update-manager.

Cara lainnya lagi adalah dengan menghilangkan tanda cawang yang terdapat pada menu Ubuntu Software dan Other Sofware

ubuntu-software

Kesimpulan

Penulis percaya masih banyak cara lain yang lebih ampuh untuk menghilangkang notifikasi tersebut, namun karena keterbatasan wawasan dan waktu untuk mencoba, maka penulis hanya memberikan langkah sederhana diatas dengan tujuan pembaca mudah untuk mempraktekkannya.

Oh ya, perlu diketahui bahwa Notification Update itu terkadang sangat penting jika Anda adalah seseorang yang sangat perduli dengan aplikasi terbaru, maka sebaiknya notifikasi tersebut dibiarkan menyala.

Tag: , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.