Membaca Alqur’an Sambil Berkomputer

Membaca Alqur’an Sambil Berkomputer

Dibulan Ramadhan yang penuh rahmat ini tentunya kita tidak ingin kehilangan moment untuk beribadah kepada Allah Subhannahuwataala. Namun, disatu sisi kita repot untuk bekerja…

Dibulan Ramadhan yang penuh rahmat ini tentunya kita tidak ingin kehilangan moment untuk beribadah kepada Allah Subhannahuwataala. Namun, disatu sisi kita repot untuk bekerja didepan komputer sehingga kita kehilangan waktu untuk menyentuh kemudian membaca Al Qur’an.

Zekr adalah aplikasi untuk mempelajari dan memahami Al Qur’an. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source dan multi platform, Anda dapat menggunakan dan mengubah aplikasi ini tanpa harus membayar royalti kepada pengembangnya. Selain itu, Zekr dilengkapi dengan audio yang di isi oleh para qori’ ternama yang Insya Allah bersuara merdu hingga menyejukkan hati untuk didengar.

tampilan-zekr

Fitur lain yang ada pada Zekr sebagai berikut :
• Pencarian terhadap isi dari aplikasi termasuk ayat, surat bahkan terjemahan begitu cepat.
• Pencarian bisa menggunakan huruf abjad maupun arab.
• Bisa menambah terjemahan maupun recitation(Audio)/(murottal)secara offline dan online. Jika komputer Anda dalam kondisi online maka Anda bisa memilih salah satu lebih dari 6 imam Qari masyhur yang melantunkan ayat-ayat Al- Qur’an tersebut dari server yang telah disediakan.

Download Zekr For Mac

Download Zekr For Windows

Download Zekr For Linux

Petunjuk instalasi:

  1. Pastikan Anda telah menginstall Java runtime sebelumnya. Jika belum silahkan download disini
  2. Unduh  installer dari link di atas.
  3. Set-up installer tersebut ke direktori di komputer anda.
  4. Setelah aplikasi berjalan, tambahkan translation dari berbagai bahasa yang sudah anda pilih dan download (dalam format zip) dengan cara: buka Tools > pilih Add > pilih translation > pilih semua bahasa yang diinginkan > Enter.  Tunggu beberapa saat. Selesai dan siap digunakan. Link translasi bahasa Indonesia disini
Tag: , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. Mustofa says:

    Pas sekali nih!!, aku coba untuk linux gan…

  2. nar says:

    waaaah, tuk langkah no.3 (set-up) bingung ni mas,, tolong dibantu dooooonk,,makaciiii

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.