Membangun Fanpage di Tumblr

Membangun Fanpage di Tumblr

Jika dulu seniman menyebarluaskan karyanya hanya lewat radio maupun televisi,  sekarang sudah berkembang ke ranah media sosial di internet. Baik itu lewat fanpage di…

Jika dulu seniman menyebarluaskan karyanya hanya lewat radio maupun televisi,  sekarang sudah berkembang ke ranah media sosial di internet. Baik itu lewat fanpage di Facebook, Twitter, maupun Tumblr. Ya, Tumblr juga dapat menjadi tempat berbagi karya, tempat berinteraksi sesama fans maupun idola, dan tempat mengumumkan suatu event yang mencakup sang idola dan para fans.

Tumblelog-Beyonce

Tumblelog Beyonce

Fenomena ini tidak hanya terjadi di belahan dunia barat, tetapi juga di Indonesia. Sebut saja tumblelog milik Coldplay, Beyonce, dan The Script yang tersebar banyak di seluruh dunia, baik yang dikelola oleh manajemen sendiri ataupun inisiatif dari fans. Mereka umumnya berbagi gambar terbaru dari sang idola, kutipan berita yang diambil dari media cetak tertentu, link video clip idola terbaru, atau pengumuman mengenai gigs dalam waktu dekat.

Tumblelog Coldplay

Tumblelog Coldplay

Mengapa harus Tumblr? Apalagi kalau bukan karena kemudahan dalam berbaginya. Jika kita ingin foto sang idola yang sedang sibuk menggarap album baru di studio juga muncul di halaman blog kita, cukup klik reblog saja. Mudahnya, hanya perlu satu akun mengunggah suatu informasi lalu semua followers hanya perlu me-reblog-nya. Belum lagi jika followers tersebut menggunakan fitur autotweet di Twitter atau autopost di Facebook, maka informasi tersebut akan semakin menyebar melewati media sosial yang lain.

Umumnya fanpage ini memiliki nama-nama unik yang sekaligus mengenalkan asal negara mereka. Misalnya tumblelog The Script, di Indonesia bernama The Script Indonesia, di UK bernama Script Love UK, di US bernama Script Street Team, dan lain-lain. Maka tak heran jika band yang lahir di tahun 2008 ini menjadi popular di dunia secara pesat.

Tumblelog Thescript Indonesia

Tumblelog Thescript Indonesia

Cara membuat fanpage ini tidak berbeda dari tumblelog seperti yang diterangkan sebelumnya pada artikel Cara Mudah Membuat Akun Tumblr. Anda dapat membuat theme sendiri dengan foto dan logo idola atau bahkan membuat domain sendiri di Tumblr. Tumblelog tersebut selanjutnya dapat diisi oleh fan fiction, fan video, fan pict, link streaming, quote unik dari idola, dan lain-lain. Bukan hanya itu, pembaca atau sesama fans juga dapat saling berinteraksi lewat fitur Q&A. Apabila diinginkan, fans selain admin juga dapat melakukan submition post mengenai idolanya sehingga perputaran informasi semakin cepat.

Tag: , , , ,

2 Comments

Leave Comment

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.