Membuat Background Berpola dengan Instan

Membuat Background Berpola dengan Instan

Background atau latar belakang merupakan komponen yang sangat penting dalam pembuatan website. Untuk menghasilkan latar belakang dengan pola tertentu kadang bisa cukup menyita waktu…

Background atau latar belakang merupakan komponen yang sangat penting dalam pembuatan website. Untuk menghasilkan latar belakang dengan pola tertentu kadang bisa cukup menyita waktu para desainer atau developer website. Berikut ini akan saya ulas beberapa situs yang menawarkan kemudahan dalam membuat background pola dengan cepat.

Pattern Cooler

Website ini menyediakan berbagai macam pola yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang website, blog, maupun twitter. Motif-motif yang disediakan oleh website ini begitu beragam dengan karakteristik yang unik. Mulai dari motif yang elegan, manis, simple, bahkan berani bisa ditemukan di website ini. Anda bahkan bisa memilih sendiri warna dari sebuah motif sesuai dengan selera Anda. Jika Anda telah menemukan motif latar belakang yang Anda inginkan, tekan tombol download untuk mengunduh motif tersebut dalam file berformat .png dengan ukuran 260 x 260 pixel.

Stripe Mania

Jika Anda menyukai atau membutuhkan pola garis-garis, Stripe Mania merupakan tujuan yang sangat tepat untuk mendapatkannya. Anda cukup menentukan arah garis, warna garis, ukuran garis, warna latar belakang, serta ukuran latar belakang. Anda bisa menggunakan hingga 5 warna berbeda yang masing-masingnya bisa berupa gradasi dua warna. Dengan menekan tombol download, Anda akan mendapatkan background anda dalam file berformat .png atau dalam format .gif jika Anda menginginkan latar belakang transparan.

Pixelknete

Anda menyukai latar belakang pola dotted pixel? Pixelknete mungkin merupakan pilihan yang Anda cari. Pixelknete menghasilkan gambar dengan pola bintik-bintik yang cukup manis. Terdapat 2 pilihan warna bintik dan latar belakang yang bisa Anda pilih. Sayangnya, mungkin cukup rumit untuk mengunduh latar belakang yang dihasilkan dari website ini. Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada latar belakang website.
  2. Pilih menu inspect element.
  3. Pada bagian style, klik link background image-nya, kemudian pilih open link in new tab untuk membuka gambar latar belakang yang telah dihasilkan pada tab baru.
  4. Klik kanan pada gambar di tab baru yang terbuka, kemudian pilih save image as untuk menyimpan gambar latar belakang yang dihasilkan.

Tartan Maker

Motif tartan adalah motif kotak-kotak khas masyarakat Skotlandia atau mirip dengan motif sarung di Indonesia. Bagi Anda yang menginginkan motif latar belakang yang unik dan terkesan elegan namun cukup manis, tidak ada salahnya untuk mencoba mengaplikasikan motif ini. Cara mendapatkan gambar latar dengan website ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengatur warna, arah pola (tegak atau miring), serta ukuran pola lalu dilanjutkan dengan memilih tombol download untuk mendapatkan latar belakang dalam file berformat .png.

bgMaker

Ingin yang benar-benar menantang? Anda bisa mengunjungi bgMaker untuk membuat motif latar belakang yang benar-benar sesuka hati dengan metode mewarnai tiap pixel. Pada saat menggunakan website ini, Anda benar-benar harus sabar mewarnai tiap pixelnya karena hanya itu satu-satunya tool yang disediakan, selain menyiram seluruh halaman dengan satu warna. Ukuran background yang bisa Anda buat melalui situs ini maksimal 99 x 99 pixel. Anda juga bisa mengunjungi galeri untuk melihat hasil karya orang lain yang tersimpan pada situs ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa website yang bisa Anda kunjungi saat membutuhkan background bagi website Anda maupun untuk tujuan lain. Saya yakin masih banyak situs keren serupa yang bisa Anda sarankan dengan komentar di tulisan ini. Selamat mencoba dan berkreasi! :)

Tag: , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Akhmad Zaini says:

    Mantap…. ijin bookmark linknya

  2. Kizeh says:

    Bagus sekali , mungkin cocok buat blog pribadi

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.