Membuat Desain Menarik Di Flavors.Me

Membuat Desain Menarik Di Flavors.Me

Pada dasarnya setiap orang memiliki selera desain yang berbeda antara satu dan lainnya, apalagi jika di Flavors.me ini. Namun sebelumnya jika Anda tidak mengerti…

Pada dasarnya setiap orang memiliki selera desain yang berbeda antara satu dan lainnya, apalagi jika di Flavors.me ini. Namun sebelumnya jika Anda tidak mengerti apa itu Flavors.me, Anda dapat membaca tulisan terdahulu tentang Personal Landing Page. Pada Flavors.me pengguna diharapkan membuat desain laman yang bisa mendeskripsikan siapa dirinya sebenarnya. Untuk membuat desain yang menarik, Anda perlu menggabungkan layout, background, warna, bentuk fonts, atau barangkali menambahkan beberapa efek pendukung.

desain

Menu Design

Bentuk layout sangat mempengaruhi tampilan laman Flavors.me Anda, pilih layout yang sesuai kebutuhan tapi juga enak dilihat. Flavors.me menyediakan tujuh bentuk layout untuk pengguna akun gratis, yaitu Highlights, Basic, Sidebar, Header, Squared, Slider, Widescreen.  Berikut beberapa contoh layout yang disediakan.

Contoh layout Highlights

Contoh Layout Highlights

Contoh Layout Squared

Contoh Layout Squared

Selain bentuk layout, Anda juga bisa mengatur tampilan content (link jejaring sosial) di menu Design > Layout > Options. Anda bisa mengatur alignment kolom content di sebelah kiri, tengah, atau kanan. Selain itu Anda juga bisa mengatur tampilan  icon content sesuai ukuran yang diinginkan (kecil, sedang, besar) dan bentuk serta warna icon (rounded / square dan colour / monochrome). Jika Anda ingin menghilangkan icon content, jadi hanya judul content yang ditampilan atau barangkali menghilangkan judul content, jadi hanya icon yang ditampilkan, semua bisa diatur disini.

Mengatur Icon Content

Mengatur Tampilan Content

Setelah layout, yang perlu diatur selanjutnya adalah design. Disini Anda diminta untuk memilih tampilan content (panel / column) serta memilih jumlah column yang diinginkan. Misalnya Anda memilih desain column dengan jumlah 2, maka berarti semua content Anda akan ditampilkan sebagai berikut.

Pengaturan Desain

Pengaturan Column

Bagian penting selanjutnya adalah background. Mengapa penting? Karena hal pertama yang dilihat oleh pengunjung pastilah background. Jika background Anda terlalu mencolok atau tidak sesuai dengan layout yang sudah diatur sebelumnya, bisa saja pengunjung malas melihat laman Flavors.me Anda yang berarti promosi diri Anda kurang berhasil.

Semua gambar background yang pernah Anda unggah akan disimpan oleh Flavors, jadi jika Anda ingin menggunakan background lama, tinggal klik gambar terdahulu dan ia akan terpasang lagi di laman Flavors Anda. Setelahnya atur bentuk background sesuai keinginan (normal / tile / fullscreen).

Upload Background

Upload Background

Bagi Anda yang menggunakan Flavors untuk media mempromosikan sebuah brand, maka cantumkan logo brand tersebut agar pengunjung bisa cepat menghapal brand Anda tersebut. Tapi jika Anda menggunakan Flavors untuk laman pribadi, bagian logo ini bisa diisi dengan selfpotrait Anda (sehingga fungsinya mirip foto profil).

Foto Profil

Cantumkan Foto

Selanjutnya yang juga penting adlaah kombinasi warna antara background, kolom about, dan services. Padukan sesuai selera, layout, dan background yang sudah lebih dahulu di atur. Jika bingung, Flavors sudah menyediakan beberapa kombinasi theme, tapi disarankan untuk mengaturnya secara manual agar tampilannya lebih menarik. Nantinya theme baru yang dibuat juga bisa disimpan, jadi bila sewaktu-waktu Anda berganti warna dan ingin menggunakan yang sebelumnya, tinggal pilih theme terdahulu (tidak perlu mengatur dua kali).

Colors

Mengkombinasikan Warna

Fonts : pick a style for your text. Ada 222 jenis font yang disediakan Flavors, kebanyakan diambil dari website myfont.com yang memang menyediakan beragam font. Pilih font yang sesuai untuk header dan body laman Flavors Anda, setelah itu atur ukuran mereka agar nyaman dilihat.

Fonts

Pengaturan Fonts

Yang terakhir adalah effects. Hanya ada dua pilihan disini, yaitu visual effect corners (round / square) dan shadows.

Effects

Pengaturan Effects

Ada sangat banyak pilihan desain yang disediakan Flavors bagi penggunanya, silahkan Anda padu-padankan sesuai selera sehingga bisa membantu promosi diri Anda kelak.

Tag: , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. veriska says:

    kak cara untuk ngepost cerita kita di flavors gimana ya? dipilihan menunya cuman tertera buat design doang? gimana ya caranya

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.