Membuat Efek Jelly pada Teks

Membuat Efek Jelly pada Teks

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula - Standar
Estimated Time15 Menit
DownloadClick this link

Banyak sekali ragam efek yang dapat diberikan pada teks. Efek tersebut dapat memberikan suatu kesan yang ingin ditampilkan pada teks, sehingga dapat dengan cepat…

Banyak sekali ragam efek yang dapat diberikan pada teks. Efek tersebut dapat memberikan suatu kesan yang ingin ditampilkan pada teks, sehingga dapat dengan cepat untuk dikenali dan dipahami. Tutorial kali ini akan membahas mengenai pembuatan efek yang menimbulkan kesan jelly pada teks. Ok Let’s get started! Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buat Lembar Kerja Baru

efek-jelly1

Langkah awal kita membuat lembar kerja baru dengan klik menu File > New atau Ctrl+N. Atur ukurannya dengan width 800 pixels, height 600 pixels, dan resolution 300 pixels.

Membuat Foreground

foreground

Klik pada Set foreground color dan atur warnanya dengan warna #ff743c. Tekan Alt + Backspace untuk mewarnai layer background. Ganti warna foreground dengan warna #f08821. Buat layer baru dan klik Gradient Tool (G) > Pilih Radial gradient. Tarik dari titik tengah kearah samping untuk memberikan efek gradasi pada background.

Membuat Efek Bokeh

Klik Brush Tool (B). Gunakan brush bulat dengan ukuran Master Diameter 125 px, Hardness : 100%. Kemudian atur Brush Tool seperti gambar berikut.

bokeh

Tambahkan layer baru dan sapukan brush sesuai dengan yang dikehendaki, sehingga sekarang terdapat beragam ukuran lingkaran pada background. Duplikat layer tersebut dengan menekan Ctrl + J dan atur opacity-nya menjadi 20%. Geser sehingga terkesan mengkilat karena adanya bayangan. Kurang lebih hasilnya seperti berikut.

efek-bokeh

Teks Efek Jelly

Buat teks yang ingin dibuat, sebagai contoh saya menggunakan kata “JELLY” dan “EFFECT” dengan menggunakan font BubbleGum Size 42pt warna #7f482f.

teks-efek-jely

Klik kanan pada teks, klik Blending Options. Atur Drop Shadow, Gradient Overlay, dan Strokenya yaitu seperti petunjuk pada gambar dibawah ini.
DropShadow

efek-jeli2

efekjely3

Setelah dilakukan seperti contoh gambar ddiatas maka pengaturan maka hasilnya sebagai berikut.

jellyefek

Memberikan Bevel and Emboss pada Teks

Atur Fill menjadi 0% pada teks. Klik Ctrl+J untuk duplikat layer pada teks. Pada duplikat  layer teks, delete efek sebelumnya dan beri efek kembali dengan melakukan klik kanan pada teks, lalu pilih Blending Options. Atur Bevel and Emboss, serta Contour seperti gambar di bawah ini:

Bevel and Emboss

 Contour

Hasilnya yang didapat adalah seperti ini

Hasil Bevel and Emboss

Finishing

Tekan Ctrl dan klik pada kata“ JELLY”, sambil tetap menekan Ctrl sekarang tekan Shift dan klik pada duplikatnya kata “JELLY” (teks yang diberi efek Bevel and Emboss).Sehinnga terdapat garis putus – putus pada pinggiran teks.

Menyeleksi Teks

Klik Eliptical Marquee Tool. Pilih Intersect with selection lalu buat lingkaran pada teks yang telah terseleksi. Buat layer baru dan berikan warna putih pada bagian yang terseleksi.

Memberikan Warna pada Seleksi

Langkah terakhir atur opacity warna putih tersebut menjadi 20%. Pengaturan yang sama juga dilakukan pada kata “EFFECT”. Hasil akhirnya adalah sebagai berikut.

Hasil Akhir Efek Jelly

Saya tambahkan hasil kreasi efek jelly lainnya agar Anda dapat membuatnya dengan berbagai warna:

Warna 1

Warna 2

Penutup

Banyak faktor untuk mendapatkan kesan jelly pada teks, tetapi kunci utama dari pembuatan efek jelly pada teks ini terletak pada pengaturan Bevel and Emboss, dimana dengan pengaturan pada Bevel and Emboss tersebut kita bisa mendapatkan kesan kenyal jelly pada teks. Yummy selamat mencoba :)

Tag: , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Saatul Ihsan Saatul Ihsan says:

    Wah keren banget efeknya…unyu unyu gitu

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.